Apa Pentingnya Memiliki Asuransi Penyakit Kritis?

Asuransi merupakan sebuah bentuk dari investasi yang dapat membantu Anda dalam upaya pencegahan maupun pengobatan ketika mengidap sebuah penyakit. Dari beberapa jenis asuransi, salah satunya adalah asuransi penyakit kritis atau berat yang mungkin belum semua orang ketahui.

Apa itu asuransi penyakit kritis?

Asuransi penyakit kritis masih berhubungan dengan kesehatan, tapi memiliki perbedaan polis dengan asuransi kesehatan umum. Asuransi ini dapat membantu Anda dalam masalah finansial saat merawat penyakit berat tertentu sesuai dengan yang tertera pada polis.

Perlu diingat, tidak semua kondisi kesehatan tertera pada polis dan terkadang penyedia jasa asuransi pun mencantumkan tingkatan penyakitnya. Oleh sebab itu, Anda perlu cermat dalam memilih asuransi yang sesuai dengan kondisi kesehatan.

Setiap perusahaan asuransi memiliki penawaran yang berbeda. Kali ini, terdapat asuransi yang dapat melindungi Anda dari lebih dari 60 jenis penyakit yang terdiri dari penyakit kritis mayor dan minor.

Siapa yang memerlukan jenis asuransi penyakit kritis?

Menurut dari data dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), 10 penyakit yang menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia pada tahun 2018 adalah:

  • Stroke
  • Penyakit jantung
  • Diabetes
  • Sirosis (gangguan pada organ hati)
  • TBC
  • Penyakit paru obstruktif kronis
  • Kecelakaan darat
  • Penyakit diare
  • Penyakit ginjal kronis
  • Infeksi saluran pernapasan bawah

Dari data tersebut dapat terlihat, penyakit yang menyebabkan kematian sebagian besar merupakan penyakit kritis. Asuransi dapat memberikan tanggungan atau bantuan biaya pengobatan dan perawatan beberapa penyakit yang menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia tersebut.

Apa keuntungan dari asuransi penyakit kritis?

Asuransi ini dapat memberikan keuntungan atau manfaat yang kurang lebih sama seperti asuransi kesehatan. Namun, penyakit berat biasanya membutuhkan biaya yang lebih tinggi sehingga asuransi satu ini memiliki kelebihan dalam jumlah tanggungan.

Selain itu, asuransi ini dapat memberikan keuntungan lain seperti:

1. Memberikan ketenangan

Tidak ada yang bisa menebak apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, Anda mungkin hanya bisa berencana saja. Untuk itu, asuransi berguna untuk membantu Anda lebih tenang menjalani kehidupan dengan menyediakan jasa untuk membantu ketika terjadi masalah, khususnya saat Anda mengidap penyakit berat atau kritis.

2. Sebagai investasi dan tabungan

Pada umumnya, jumlah uang yang telah dibayarkan akan dikembalikan pada akhir kontrak jika Anda tidak terdiagnosis atau mengidap penyakit kritis selama masa asuransi. Dengan kata lain, Anda mendapatkan reward atau ganjaran atas hidup sehat yang telah dijalani. Namun, jumlah uang yang dikembalikan tergantung pada perjanjian yang telah tertera pada polis.

3. Membantu mengatur keuangan

Pada dasarnya, asuransi merupakan jasa untuk membantu Anda mempersiapkan biaya dan sekaligus mengantisipasi kejadian tak terduga. Jadi Anda tidak perlu lagi menyisihkan pendapatan untuk biaya tak terduga karena telah membayarkan premi asuransi. Asuransi akan membantu menanggung segala biaya (tergantung polis).

4. Jaminan mendapatkan bantuan medis

Sebuah penelitian yang dilakukan di Cina menunjukan, asuransi penyakit kritis meningkatkan tingkat jaminan masyarakat dalam mendapat bantuan medis sampai batas tertentu. Batas yang dimaksud kemungkinan besar bergantung pada polis setiap perusahaan penyedia jasa asuransi.

Intinya, asuransi ini dapat membantu Anda mendapat tenaga dan bantuan medis yang baik sehingga meningkatkan kesempatan untuk pulih.

5. Mendapat santunan ketika meninggal dunia

Keuntungan yang terakhir ini mungkin cukup sulit untuk dibahas karena tidak ada orang yang ingin meninggal dunia. Namun, usia tidak ada yang dapat menebak dan suatu saat semua orang pasti mengalami hal ini. Meninggal dunia merupakan bagian dari kejadian yang ditanggung oleh beberapa penyedia asuransi.

Setiap orang memiliki kondisi dan situasi kehidupan yang berbeda. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk menggunakan asuransi penyakit kritis jika Anda memiliki risiko atau rentan mengidap penyakit tertentu atau ingin mendapatkan semua keuntungan dari asuransi jenis ini.

The post Apa Pentingnya Memiliki Asuransi Penyakit Kritis? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2Syxnwe


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar