Pentingnya Membersihkan Ruangan untuk Penderita Sakit Paru Kronis

Membersihkan ruangan mungkin bukan persoalan besar untuk sebagian orang. Namun, tingkat kebersihan di sekitar menjadi masalah yang krusial untuk penderita PPOK (penyakit paru obstruktif kronis) karena dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan.

Udara di dalam ruangan dapat memicu kambuhnya PPOK

Anda mungkin berpikir risiko PPOK tidak akan mengintai selama ruangan di rumah Anda bebas dari asap rokok.

Hal ini tidak sepenuhnya salah, mengingat asap rokok dikenal sangat berbahaya karena mengandung lebih dari 4.000 senyawa kimia termasuk 43 di antaranya yang dapat menyebabkan kanker.

Selain itu, asap rokok juga menghasilkan partikel polusi yang ketika dihirup dapat mengakibatkan iritasi pada paru-paru.

Namun, benda-benda yang ada di dalam rumah ternyata juga berisiko untuk kesehatan penderita PPOK.

Jika membersihkan ruangan tidak dilakukan secara rutin, lapisan debu yang penuh dengan kuman dan bakteri akan mulai menempel di permukaan perabotan Anda.

Hal ini dapat memperburuk gejala PPOK seperti batuk, nafas tersengal, dan dada yang terasa kaku. Risiko ini akan meningkat terutama jika penderita PPOK juga memiliki alergi.

Karena itulah kebersihan rumah adalah salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi kebersihan udara dalam ruangan. Menjaga kualitasnya harus dilakukan agar tidak memperparah kondisi pasien dengan PPOK.

Bagaimana cara membersihkan ruangan bagi pasien PPOK?

membersihkan ruangan untuk PPOK
Sumber : Maly Cleaning

Bersih-bersih ruangan mungkin akan menjadi sedikit sulit untuk pasien PPOK, tapi tidak mustahil untuk dilakukan. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika membersihkan ruangan.

Hindari menggunakan pembersih dengan bahan berbahaya

Walau membersihkan ruangan perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan, terkadang produk pembersih dapat menyebabkan iritasi mata dan tenggorokan, sakit kepala, serta memperburuk gejala penyakit paru-paru.

Hal ini disebabkan oleh senyawa volatile organic compounds (VOC) yang dihasilkan dari produk pembersih. Beberapa produk juga mengandung bahan berbahaya seperti ammonia dan pemutih. Bahan wewangian yang diklaim natural juga dapat bereaksi dan menyebabkan polusi dalam ruangan.

Sebaiknya, baca label yang tertera pada produk pembersih sebelum membelinya. Pilih produk yang tidak mengandung VOC, pewangi, dan bahan-bahan yang mudah terbakar.

Membuat cairan pembersih sendiri

Produk berlabel alami belum tentu sudah dipastikan keamanannya. Jika Anda kurang yakin dengan produk pembersih di pasaran, Anda dapat membuat cairan pembersih serbaguna sendiri.

Contohnya, campuran air, cuka putih, dan sari lemon bisa digunakan untuk membersihkan lantai ruangan sekaligus berfungsi sebagai degreaser untuk kotoran membandel. Lalu, campuran air dan cuka putih juga dapat membersihkan kaca, jendela, serta permukaan perabotan di rumah.

Penggunaan air soda juga dapat dimanfaatkan untujk membersihkan karpet dan perabotan yang menggunakan kain. Cuka putih pun dipercaya dapat menghilangkan bau tak sedap.

Gunakan masker saat bersih-bersih

membersihkan ruangan untuk PPOK
Sumber : Alibaba.com

Hal yang harus diingat saat membersihkan ruangan adalah pemakaian masker untuk melindungi Anda dari paparan partikel debu. Salah satu yang direkomendasikan adalah jenis masker N95 yang dapat menyaring partikel di udara hingga 95%.

Namun, penggunaan masker N95 juga harus dikonsultasikan kembali karena dapat berisiko menghambat pernapasan.

Gunakan pembersih udara

Jika Anda tinggal di daerah dengan tingkat polusi udara yang tinggi, menggunakan air purifier bisa menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

Pilih jenis air purifier yang menggunakan high-efficiency particle (HEPA) filters agar lebih efektif dalam menyaring udara serta partikel-partikel yang dapat memicu iritasi.

Meminta bantuan orang lain

Terkadang penderita PPOK memiliki keterbatasan dalam melakukan aktivitas yang cukup berat, salah satunya saat membersihkan ruangan. Beberapa pasien juga menunjukkan reaksi sensitif terhadap wewangian yang dihasilkan produk tertentu.

Tanyakan bantuan dari orang terdekat. Anda juga dapat meminta jasa pembersih rumah untuk membersihkan ruangan dengan menggunakan produk yang aman.

Jangan lupa membuka jendela untuk ventilasi udara yang baik.

The post Pentingnya Membersihkan Ruangan untuk Penderita Sakit Paru Kronis appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/3aWvmRJ


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar