Bolehkah Pria Pakai Pelembap Wanita?

Salah satu produk perawatan kulit wajah yang wajib dimiliki adalah pelembap, alias moisturizer. Selain membantu menghidrasi kulit, pelembap juga efektif untuk menyegarkan wajah dan membuatnya tampak sehat. Ada banyak sekali produk pelembap wajah yang berjejer rapi di etalase toko. Namun pertanyaannya, bolehkan pelembap wajah wanita digunakan oleh pria? Adakah efek samping yang mungkin terjadi? Nah, ketimbang berasumsi sendiri, yuk intip jawabannya dalam ulasan berikut!

Kenapa pria butuh pakai pelembap wajah?

Kulit adalah organ terbesar dalam tubuh manusia dan merupakan garis pertahanan pertama terhadap penyakit serta infeksi. Itu kenapa tidak hanya wanita, pria pun perlu merawat kesehatan kulitnya dengan baik.

Nah, salah satu produk perawatan kulit pria yang tak boleh dilewatkan adalah pelembap. Dengan rutin pakai pelembap wajah, pria akan terhindar dari masalah kulit kering.

Produk ini pun membantu melindungi kulit dari risiko penuaan dini akibat paparan sinar UV. Bagi pemilik kulit sensitif, rutin menggunakan pelembap juga dapat mencegah iritasi kulit.

Lantas, bolehkah pria pakai produk pelembap wanita?

Produk perawatan kulit seperti pelembap di pasaran biasanya dikemas dalam dua versi, yaitu pelembap khusus pria dan yang khusus wanita.

Meski mengandung bahan aktif yang sama, produk pelembap wajah pria dan wanita mengandung konsentrasi yang berbeda. Misalnya, bila dalam produk pelembap wajah wanita kandungan bahan aktifnya sekitar 2 persen, maka pada produk pelembap wajah pria bisa lebih tinggi dari itu.

Hal itu dibuat bukan tanpa sebab. Harold Lancer, dokter kulit asal Bevery Hills Amerika Serikat dalam laman Howsturffworks yang mengutip Washington Post menjelaskan bahwa jika dilihat dari karakteristik fisiologis, kulit pria cenderung lebih tebal daripada wanita.

Epidermis (bagian luar kulit) pria 20 persen lebih tebal ketimbang wanita. Berhubung lebih tebal, kulit pria mampu mengikat kelembapan dan menghasilkan kolagen lebih banyak di segala usia.

Di sisi lain, kadar hormon testosteron pria yang tinggi juga memengaruhi pertumbuhan rambut (terutama di area wajah) serta memicu produksi sebum atau kelenjar minyak mereka. Kondisi ini menyebabkan pria cenderung memiliki pori-pori kulit yang lebih besar.

Berhubung memiliki konsentrasi yang berbeda, sebaiknya gunakanlah produk pelembap yang memang didesain khusus untuk pria. Tujuannya tentu agar mendapatkan manfaat yang optimal dari produk perawatan kulit tersebut.

Cara pakai pelembap wajah yang benar

Kebanyakan orang mungkin mengira bahwa pakai pelembap sesederhana mengoleskannya dan meratakkan di seluruh wajah. Faktanya, tidak begitu. Ada langkah-langkah yang perlu dilakukan supaya produk pelembap wajah yang digunakan menghasilkan manfaat yang maksimal.

Berikut panduan cara pakai pelembap wajah yang perlu diketahui para pria dan wanita:

  • American Academy of Dermatology menyarankan mengoleskan pelembap ke wajah dan tubuh segera setelah mandi, cuci muka, atau bercukur, karena pada saat itu kulit masih dalam keadaan lembap.
  • Tepuk-tepuk lembut sebentar wajah Anda dengan handuk bersih untuk menghilangkan sisa air yang masih menetes.
  • Ambil pelembap pakai jari telunjuk secukupnya lalu totol-totolkan di seluruh wajah.
  • Ratakan dari sisi terluar wajah menuju bagian tengah dengan gerakan memutar ke atas dan sambil di pijat-pijat perlahan.
  • Setelah itu, ambil lagi pelembap secukupnya untuk dikenakan di bagian leher.

The post Bolehkah Pria Pakai Pelembap Wanita? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/37itGzO


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar