Pentingnya Menjaga Kebersihan Vagina Saat Mendaki Gunung

Bagi para wanita yang suka mendaki gunung, mungkin kesulitan ketika harus buang air kecil karena ketersediaan air yang kurang. Akibatnya, tidak jarang menahan pipis karena takut airnya tidak bersih. Supaya kondisi ini tidak berdampak besar, ada beberapa cara untuk menjaga kebersihan vagina di gunung.

Tips menjaga kebersihan vagina di gunung

naik gunung

Seperti yang dilansir dari laman National Park Service U.S Department of Interior, menjaga kebersihan vagina di gunung adalah hal yang penting dilakukan. Apalagi ketika kebersihan tersebut menyangkut daerah sensitif, seperti area kewanitaan Anda. 

Hal ini dikarenakan ketika Anda berada di alam bebas dan jauh dari rumah, risiko tertularnya penyakit jauh lebih besar karena lingkungan yang tidak dikenali. Mulai dari infeksi bakteri, infeksi saluran kemih, hingga reaksi alergi rentan terjadi ketika Anda mendaki gunung. 

Supaya risiko dari ketiga masalah tersebut tidak besar, ada beberapa barang yang perlu Anda bawa untuk menjaga kebersihan vagina di gunung seperti:

1. Tisu basah untuk menjaga kebersihan vagina di gunung

Sumber: Tree Hugger

Salah satu barang yang penting Anda bawa untuk menjaga kebersihan vagina di gunung adalah tisu basah

Mengingat Anda akan mendaki dalam waktu yang lama dan tidak tahu apakah ada air yang bersih atau tidak, tisu basah akan membantu Anda mengatasi masalah tersebut. 

Usahakan untuk memilih tisu basah yang lembut dan bebas pewangi untuk mengurangi potensi iritasi pada vagina Anda. 

Jika Anda ragu, untuk amannya Anda bisa memilih tisu basah bayi. Menurut sebuah penelitian dari Global Pediatric Health, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih tisu basah, terutama bahan-bahannya. 

  • Bebas alkohol biasanya mencegah iritasi pada kulit. 
  • Mengandung sedikit asam pH membantu menetralisir iritan pada BAB.
  • Emolien atau lebih lembut karena mengurangi gesekan antara kulit dan senyawa pada tisu.

Walaupun didesain khusus untuk bayi, wanita dewasa masih bisa memperoleh kelebihan dari tisu basah bayi. Oleh karena itu, ketika Anda mendaki gunung biasakan untuk selalu membawa tisu basah jika di tempat Anda berkemah tidak ada air yang bersih. 

2. Pembalut hingga menstrual cup untuk menjaga kebersihan vagina di gunung

cara memakai menstrual cup

Selain tisu basah, barang lainnya yang diperlukan untuk menjaga kebersihan vagina di gunung adalah pembalut atau barang sejenis, seperti tampon dan menstrual cup

Barang ini diwajibkan untuk selalu ada, terlebih lagi ketika tanggal menstruasi Anda sudah dekat ketika mendaki gunung. 

Jika Anda membawa pembalut atau tampon, jangan lupa untuk mengikutsertakan pembungkusnya, seperti kantong plastik atau kantong sampah. Hal ini bertujuan agar Anda bisa membawa bekas pembalut tersebut dan tidak menambah sampah di gunung. 

Apabila tidak ingin bekas pembalut terbawa oleh Anda, mungkin pilihan yang bisa Anda gunakan adalah menstrual cup

Menstrual cup biasanya didesain ramah lingkungan dan bisa dipakai kembali. Selain itu, alat menstruasi yang satu ini juga tidak terlalu mengeluarkan bau yang tidak enak seperti pembalut atau tampon. 

Bahkan, seperti yang dilansir dari Cleveland Clinic, pH dan bakteri baik pada vagina tetap seimbang. Maka itu, penggunaan menstrual cups saat mendaki gunung direkomendasikan agar risiko infeksi bakteri pada vagina tidak begitu besar. 

3. Celana dalam berbahan katun untuk menjaga kebersihan vagina di gunung

mengganti celana dalam

Cara menjaga kebersihan vagina saat mendaki gunung yang perlu Anda perhatikan adalah membawa celana dalam berbahan katun. 

Celana dalam berbahan katun dibuat sedemikian rupa untuk para wanita yang ingin melindungi vaginanya dan mendapatkan kenyamanan saat beraktivitas.

Hal ini dikarenakan celana dalam katun memiliki berbagai manfaat untuk para wanita yang sring merasa gatal di sekitar daerah kewanitaannya, seperti:

  • Membantu mencegah iritasi karena mengurangi kelembapan pada sekitar vagina. 
  • Lebih mudah menyerap dan sangat berguna saat haid tiba. 
  • Lebih lembut di kulit dan mengurangi gesekan antar kulit dan bahan celana. 

Maka itu, usahakan untuk menggunakan celana dalam berbahan katun saat mendaki gunung untuk vagina yang lebih bersih dan terbebas dari iritasi. 

Ketiga barang di atas memang tidak menjamin vagina Anda akan terbebas dari iritasi dan gatal. Namun, setidaknya barang tersebut bisa membantu menjaga kebersihan daerah kewanitaan Anda saat mendaki gunung. Ingat untuk selalu menjaga vagina tetap kering dan bersih, ya.

The post Pentingnya Menjaga Kebersihan Vagina Saat Mendaki Gunung appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2F0WdgZ


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar