5 Cara Cepat Menghilangkan Stres Saat Liburan, Agar Waktu Santai Tidak Terganggu

Liburan artinya bersenang-senang untuk sejenak melupakan tumpukan pekerjaan dan menciptakan kenangan manis bersama teman dan keluarga, bukan? Namun, tidak sedikit pula yang justru merasa stres ketika liburan tiba. Supaya tidak malah menghancurkan suasana liburan, jajal beberapa cara berikut untuk menghilangkan stres dengan cepat. 

Tips menghilangkan stres saat liburan

Stres tidak dapat dihindari. Namun, setidaknya stres bisa dikelola agar tidak terlalu memengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda, terutama saat liburan.

Stres saat liburan bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari kebersamaan yang berlebihan sehingga tidak memiliki waktu sendiri, sampai terlalu banyak minum alkohol saat pesta. 

Namun, tidak perlu khawatir karena seperti yang dilansir dari Cleveland Clinic, Anda bisa menghilangkan stres saat liburan agar perjalanan Anda tidak terganggu. 

1. Mengatur prioritas

Merencanakan liburan bersama pasangan

Salah satu cara untuk mengelola stres saat liburan adalah bisa mengatur prioritas, entah itu apa dan siapa yang harus didahulukan ketika liburan. 

Mengatur prioritas adalah kebiasaan yang penting, bahkan ketika Anda sedang berlibur. Menentukan kegiatan apa yang paling positif setidaknya mengurangi kewalahan Anda karena kesibukan dari aktivitas yang sebenarnya tidak perlu. 

Misalnya, ketika sibuk berkunjung ke rumah saudara atau memasak setiap liburan di rumah berlangsung, mungkin dengan mengurangi kegiatan tersebut bisa meringankan beban Anda. 

Mungkin Anda merasa harus melakukan semua tugas rumah tangga karena liburan kali ini Anda dan keluarga yang menjamu saudara Anda. Namun, tidak perlu melakukan semua pekerjaan tersebut sendirian dan katakan pada diri sendiri bahwa segalanya tidak perlu sempurna. 

Dengan begitu, setidaknya ekspektasi Anda tidak terlalu tinggi dan ketika ada beberapa hal yang tidak sesuai, Anda tidak terlalu kecewa. 

2. Makan dan tidur tetap teratur

makanan untuk penderita radang usus

Bagi beberapa orang mungkin merasa ketika liburan adalah waktunya untuk makan sepuasnya dan tidur larut malam. Tidak ada tugas dan pekerjaan yang menanti di pagi hari, sehingga Anda merasa leluasa untuk bangun lebih siang dan makan tidak teratur. 

Padahal, mendapatkan tidur yang cukup dan makan yang teratur adalah salah satu kunci agar hormon stres Anda tidak melonjak saat liburan. 

Hal ini dikarenakan tubuh Anda butuh nutrisi dan istirahat agar tidak mengganggu kesehatan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengelola stres dengan baik saat liburan dan rencana perjalan Anda tidak terganggu. 

3. Tetap rutin berolahraga

lari tanpa alas kaki

Selain pola makan dan tidur yang baik, cara lainnya untuk mengelola stres saat liburan dapat dilakukan dengan rutin berolahraga. 

Misalnya, ketika Anda bepergian ke pantai dan menginap di sebuah hotel, usahakan meluangkan waktu untuk berolahraga selama 30 menit pada pagi hari. Jika tempat menginap menyediakan fasilitas gym, mengapa tidak digunakan agar liburan Anda terbebas dari stres?

Menurut sebuah penelitian dari Frontiers in Psychiatry, rutin berolahraga, bisa meningkatkan hormon endorfin di tubuh. Endorfin merupakan hormon yang menstimulasi perasaan senang di otak manusia. 

Maka itu, dengan rutin berolahraga meskipun sedang berlibur setidaknya membantu Anda untuk meredakan stres yang dialami. 

4. Awali dan akhiri hari dengan hal menyenangkan

istirahat santai

Memulai dan mengawali hari dengan kegiatan yang Anda sukai ternyata menjadi cara yang cukup efektif dalam mengelola stres saat liburan. 

Hal ini mungkin dikarenakan pada saat berlibur, Anda cenderung kewalahan karena harus mengurusi pekerjaan rumah sampai sore hari. Akibatnya, sebelum Anda menyelesaikan pekerjaan tersebut justru Anda sendiri sudah stres dan merasa terbebani. 

Namun, jika Anda melakukan sesuatu yang menyenangkan dan menutup hari dengan kegiatan yang Anda sukai, mungkin rasa beban tersebut bisa berkurang. 

Misalnya, Anda suka berenang karena bisa meningkatkan mood. Cobalah untuk berenang atau berolahraga sebelum mengerjakan apa yang harus Anda lakukan. 

Setelah itu, barulah Anda bisa menuntaskan pekerjaan Anda. Setelah pekerjaan tersebut selesai, Anda bisa kembali menekuni aktivitas yang disukai, seperti menonton film atau sekadar bersantai dengan keluarga. 

5. Mencari bantuan

seberapa sering harus membersihkan rumah

Jika Anda sudah merasa kelelahan dan kewalahan menghadapi kegiatan liburan yang datang bertubi-tubi, mintalah bantuan kepada orang terdekat. 

Mungkin Anda merasa dalam satu hari terlalu banyak kegiatan yang harus diselesaikan dan energi yang dimiliki pun terbatas. Jangan segan-segan untuk meminta bantuan

Dengan begitu, Anda bisa membuat kegiatan, seperti memasak atau membersihkan rumah menjelang tamu datang, menjadi menyenangkan.

Selain itu, pekerjaan yang dilakukan bersama-sama tidak akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan melakukannya sendiri. Dengan demikian, Anda bisa mengelola stres saat liburan dengan baik melalui bantuan dari orang lain.

The post 5 Cara Cepat Menghilangkan Stres Saat Liburan, Agar Waktu Santai Tidak Terganggu appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2EVEBCU


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar