4 Kiat Sehat Menaikkan Berat Badan Selama Liburan Panjang

Liburan adalah momen yang tepat jika Anda ingin menggemukkan badan. Pasalnya, Anda punya lebih banyak waktu untuk lebih sering dan lebih banyak makan. Meski begitu, caranya tetap tidak boleh asal-asalan. Supaya usaha menaikkan berat badan saat liburan sukses tanpa merugikan kesehatan, berikut tips jitunya.

Liburan bisa bikin gemuk

Sebelum liburan, Anda pasti terus disibukkan oleh berbagai aktivitas harian, seperti bekerja dan sekolah, yang menghabiskan begitu banyak energi. Semua kegiatan tersebut membutuhkan banyak energi sehingga kalori dari makanan akan digunakan dengan optimal.

Nah sementara saat liburan, pembakaran kalori jadi lebih sedikit karena aktivitas fisik Anda cenderung berkurang sehingga berat badan bisa naik lebih cepat dan mudah.

Namun jika tujuan liburan Anda adalah untuk menggemukkan badan dengan cara yang sehat, jangan tergoda untuk hanya makan banyak dan berleha-leha berbaring di kasur. Kebiasaan makan banyak yang dibarengi dengan tendensi malas gerak memang bisa menaikkan berat badan, tapi cara ini harus dihindari.

Berat badan yang naik secara tidak sehat dapat menimbulkan masalah di kemudian hari, seperti obesitas, diabetes, kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan penyakit lainnya.

Tips sehat menaikkan berat badan saat liburan

Bila Anda berencana untuk menaikkan berat badan saat liburan, cara yang ditempuh harus sehat. Ikuti beberapa tipsnya berikut ini supaya Anda bisa menaikkan berat badan sesuai dengan target tanpa menimbulkan masalah.

1. Pilih makanan yang sehat bernutrisi

Family Doctor menyebut kunci menaikkan berat badan adalah meningkatkan asupan kalori. Namun, banyak yang salah mengartikan hal ini dengan memilih makanan bergula tinggi, seperti permen, donat, cokelat, dan kue manis. Makanan tersebut memang tinggi kalori, namun tidak dilengkapi dengan nutrisi yang menyehatkan.

Selain itu, makanan manis juga memiliki angka indeks glikemik yang tinggi. Itu artinya, semakin besar angkanya, semakin cepat membuat kadar gula darah naik. Ini tidak menyehatkan tubuh karena membuat insulin bekerja lebih keras untuk menstabilkan kadar gula darah.

Agar bisa tetap sehat selama menaikkan berat badan naik saat liburan, Anda perlu membatasi makanan tersebut. Ini juga termasuk makanan cepat saji.

Pilih makanan yang mengandung kalori dengan indeks glikemik rendah, seperti kentang, ubi, buah, buah, biji-bijian utuh, dan sayur.

Jangan lupa penuhi protein dan lemak sehat, dengan mengonsumsi daging, alpukat, telur, dan kacang-kacangan. Akan lebih baik jika makanan Anda masak sendiri, supaya kandungan nutrisinya bisa Anda

2. Makan sedikit-sedikit tapi sering

makanan untuk memperbanyak asi

Selain pilihan makanan, porsi makanan juga perlu diperhatikan jika ingin berat badan naik saat liburan. Anda tidak perlu makan dalam jumlah besar karena hal ini bisa membuat perut kekenyangan dan sakit.

Meningkatkan asupan kalori bisa Anda tempuh dengan berbagai cara. Bisa membuat porsi makan lebih sedikit dari biasanya tapi sering, atau porsi makan seperti biasa tapi ditambah camilan.

Namun, camilan yang dimakan juga harus sehat, seperti potongan buah atau yogurt dengan topping almond, bukannya minuman bersoda dan kue atau keik manis.

3. Tetap harus olahraga

Meningkatkan asupan kalori memang bisa menaikkan berat badan. Namun, Anda tidak perlu sampai mengurangi olahraga, atau malah tidak melakukannya sama sekali.

Kalori yang berlebih ini nantinya akan diubah menjadi sel lemak di dalam tubuh jika tidak dibakar. Sebaliknya bila Anda tetap berolahraga, sel lemak dari kelebihan kalori tersebut akan diubah disimpan menjadi energi cadangan dan sebagiannya lagi digunakan untuk meningkatkan massa otot.

Massa otot inilah yang membantu menaikkan berat badan Anda saat liburan namun tetap menyehatkan tubuh.

4. Konsultasi ke dokter atau ahli gizi

pergi ke dokter kandungan

Untuk mencapai berat badan yang naik dengan angka yang ideal dan sehat, mungkin tidak mudah pada semua orang. Jika Anda mengalami kesulitan, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter maupun ahli gizi.

Ahli kesehatan tersebut akan membantu Anda untuk menentukan pilihan asupan makanan yang sesuai dan aktivitas fisik yang tepat. Selain itu, memantau kenaikan berat badan Anda agar tidak berlebihan.

Selama berusaha menaikkan berat badan, Anda perlu bersabar. Pasalnya, berat badan tidak boleh naik dalam jumlah besar dalam waktu cepat. Kemungkinan, dokter atau ahli gizi akan memperpanjang program ini meskipun liburan telah berakhir.

The post 4 Kiat Sehat Menaikkan Berat Badan Selama Liburan Panjang appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/373B6X9


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar