3 Tips Menjaga Kebersihan Wajah Pria Saat Naik Gunung

Mungkin ada sebagian orang yang memanfaatkan waktu liburan panjang untuk naik gunung. Berbagai kebutuhan untuk mendaki gunung pasti sudah disiapkan, seperti makanan, pakaian ganti, hingga kotak P3K. Namun, tunggu dulu. Coba cek, apakah Anda sudah membawa skincare? Ingat, meskipun sedang naik gunung, kebersihan wajah tetap perlu dijaga, terutama bagi pria. Agar wajah bebas dari masalah selama dan setelah Anda naik gunung, simak tipsnya berikut ini.

Tips menjaga kebersihan wajah pria saat naik gunung

Naik gunung menjadi salah satu cara bagi beberapa orang untuk melepaskan stres. Selain itu, naik gunung juga menjadi bagian dari olahraga ekstrem yang dapat memperkuat otot-otot tubuh.

Di sisi lain, kegiatan ini memungkinkan Anda lebih banyak berkeringat sementara juga terpapar lebih banyak debu dan sinar matahari. Maka dari itu, Anda tetap perlu menjaga kebersihan wajah agar terhindar dari risiko kulit berjerawat atau melepuh karena terbakar matahari.

Tidak usah khawatir. Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu pria menjaga kebersihan wajah saat naik gunung:

1. Bawa produk yang penting saja

cara memakai tas ransel yang benar

Produk perawatan wajah untuk pria tidak cuma sabun muka, tapi tentu tidak semuanya bisa Anda bawa sekaligus di ransel. Cobalah buat daftar produk yang perlu Anda bawa.

Umumnya, produk perawatan kulit yang paling penting dan wajib dibawa saat naik gunung adalah pelembap, sun screen (tabir surya), tisu, dan sabun muka. Namun, Anda boleh saja membawa produk tambahan yang sesuai dengan masalah kulit Anda. Misalnya toner atau krim jerawat.

Dengan begitu, Anda tetap bisa menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah selama naik gunung.

2. Pindahkan isi ke wadah travel size

skin care
Sumber: Curltalk

Setelah tahu apa saja produk yang harus dibawa, kini saatnya menyiasati cara packing-nya supaya tidak memberatkan beban selama mendaki. Anda tentu tidak mau, ‘kan, membawa botol pelembap yang sebesar botol air minum?

Nah agar mudah dibawa, coba pindahkan isinya ke dalam wadah yang berukuran lebih kecil (travel-sized bottle). Pindahkan isi produk sesuai dengan berapa banyak kebutuhan Anda selama naik gunung.

Setelah semua produk siap, simpanlah di bagian ransel yang mudah dijangkau. Kenapa harus? Selama melakukan perjalanan, ada banyak barang yang perlu Anda bawa. Jika Anda meletakkan produk perawatan kulit di bagian terdalam tas, Anda akan kewalahan untuk mengambil maupun merapikannya kembali.

Akibatnya, rasa enggan ini bisa membuat Anda malas memakai produk tersebut. Jadi, pikirkan baik-baik letak Anda menyimpan produk perawatan kulit dan barang lainnya.

3. Patuhi aturan perawatan kulit seperti biasanya

mitos sunscreen

Selama naik gunung, Anda tetap perlu melanjutkan rutinitas perawatan wajah seperti sewaktu di daratan. American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk mencuci muka dengan sabun setiap hari, terutama bila kulit Anda terasa kotor dan lengket.

Jadi, setelah menemukan sumber mata air, luangkan waktu sebentar untuk membersihkan wajah Anda. Bersihkan seperti biasanya, yakni mengusap dan memijat pelan sabun ke kulit secara merata lalu membilasnya dengan air.

Jika perjalanan membuat wajah berkeringat dan Anda tidak menemukan sumber mata air, gunakan tisu basah bebas pewangi untuk membersihkan kotoran yang menempel di kulit.

Jangan lupa untuk menggunakan pelembap setelah mencuci muka agar kulit tidak mengering. Lanjutkan dengan mengoleskan tabir surya pada wajah dan area kulit yang terbuka untuk mencegah kerusakan akibat sengatan sinar matahari.

Pilih tabir surya yang tahan air dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan oleskan ke kulit setiap 2 jam sekali.

The post 3 Tips Menjaga Kebersihan Wajah Pria Saat Naik Gunung appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/371BJ3B


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar