Di Balik Rasanya yang Lezat, Ini Manfaat Cream Cheese untuk Kesehatan

Nikmatnya krim keju saat disantap, ternyata menuai beragam manfaat kesehatan. Keju krim biasanya disertakan dalam beragam makanan bertepung, seperti roti, bagel, atau bahkan kue sponge.

Rasa lembutnya krim keju menjadi makanan favorit para pecinta dessert. Tidak hanya lezat, ada banyak nutrisi dan manfaat kesehatan yang bisa diraup. Namun, terlalu banyak makan krim keju juga berdampak buruk bagi kesehatan.

Kandungan nutrisi dan manfaat makan krim keju

keju kambing
Sumber: Daring Gourmet

Krim keju terbuat dari kombinasi krim dan susu. Keduanya diproses melalui pasteurisasi untuk membunuh mikroorganisme berbahaya. Kemudian, bakteri asam laktat dimasukkan, membuat keju bertekstur lebih lembut dan asam.

Melansir laman Healthline, dalam 28 gram krim keju, mengandung beberapa nutrisi berikut.

  • kalori 99 gram
  • protein 2 gram
  • lemak 10 gram
  • karbohidat 2 gram
  • serat 0 gram
  • vitamin A 10% (dalam asupan harian)
  • Riboflavin (vitamin B2) 5% (dalam asupan harian)

Tak terlepas dari ragam nutrisinya, ketahui juga kandungan manfaat krim keju.

1. Sumber vitamin A yang baik

Kabar baik bagi Anda pencinta dunia keju. Krim keju memberi manfaat untuk meningkatkan sistem imunitas Anda melalui kandungan vitamin A.

Vitamin A dalam 28 gram krim keju juga memberikan perlindungan pada jaringan tubuh, seperti untuk kulit, paru-paru, dan usus. Vitamin A merupakan vitamin yang larut dalam lemak yang juga baik untuk kesehatan mata Anda.

2. Memberikan antioksidan

Krim keju mengandung beberapa antioksidan, yang memberi manfaat untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkaan kerusakan sel. Antioksidan berperan untuk mencegah kerusakan sel.

Antioksidan yang terdapat di dalam krim keju antara lain karoten, lutein, dan zeaxanthin. Ketiganya bekerja untuk mendukung kesehatan mata.

3. Probiotik

Probiotik dalam krim keju mendatangkan manfaat untuk kesehatan Anda. Misalnya saja, bakteri spesies Lactobacillus. Bakteri baik ini menstimulasi sistem pertahanan tubuh dengan melawan infeksi.

Probiotik mendukung tubuh memproduksi asam lemak rantai pendek. Komponen tersebut mendukung kesehatan usus Anda dan meminimalkan peradangan pada tubuh.

Keju krim dan intoleransi laktosa

intoleransi laktosa adalah

Menurut penelitian Lactose Intolerance in Adults seperti yang dikutip di Healthline, orang dengan intoleransi laktosa dapat mengonsumsi sejumlah kecil makanan mengandung laktosa. 

Penelitian tersebut mengatakan, setidaknya mereka masih bisa merasakan manfaat keju dalam konsumsi 12 gram laktosa. 

Meskipun 28 gram keju krim terdapat kurang dari 2 gram laktosa, Anda perlu mempertimbangkan hal ini. Orang dengan intoleransi laktosa memiliki reaksi yang berbeda.

Very Well Fit merekomendasikan orang dengan intoleransi laktosa untuk tidak mengonsumsi krim keju. Konsumsi keju krim dapat memicu reaksi laktosa seperti mual, kram perut, gas, kembung, dan diare.

Jangan terlalu banyak makan krim keju

Sumber: myfoodmixer.com

Pada fakta yang dipaparkan, krim keju mengandung rendah protein dalam porsi 28 gram. Protein merupakan komponen penting untuk meningkatkan massa otot dan energi tubuh.

Bukan berarti Anda menambah asupan keju untuk mencapai asupan protein harian. Pasalnya, keju mengandung tinggi lemak dan kalori. Jika dikonsumsi berlebih dapat menimbulkan efek samping kesehatan. 

Terlalu banyak makan keju tidak mendatangkan manfaat untuk kesehatan. Justru konsumsi keju yang berlimpah dapat meningkatkan risiko diabetes, obesitas, dan gangguan kardiovaskular. Oleh karena itu, krim keju tidak dikonsumsi sebagai makanan utama. Melainkan sebagai bahan tambahan saja pada makanan Anda.

Bila Anda mencari asupan protein, pilihlah makanan yang tinggi protein seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan, atau lentil.

The post Di Balik Rasanya yang Lezat, Ini Manfaat Cream Cheese untuk Kesehatan appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2Ooqs73


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar