Cara Mengukur Lingkar Perut yang Benar

Kesehatan Anda bisa dideteksi lewat seberapa lebar lingkar perut Anda, lho! Orang yang punya lingkar perut perut besar lebih berisiko terkena berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung ketimbang yang lingkar perutnya kecil. Nah, apakah Anda termasuk orang yang punya lingkar perut besar atau kecil? Guna memudahkan Anda, simak cara mengukur lingkar perut dalam ulasan berikut.

Pentingnya mengukur lingkar perut

Kebanyakan orang selama ini hanya mengukur risiko obesitas atau kegemukan dari angka di timbangan saja. Padahal, obesitas dan overweight bisa juga diukur melalui lingkar perut.

Ukuran lingkar perut Anda dapat menggambarkan seberapa banyak kadar lemak viseral yang menumpuk di sekitar perut. Nah, penumpukan lemak di perut inilah yang bisa jadi tanda bahwa Anda berisiko lebih tinggi untuk terkena penyakit diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung.

Para ahli setuju bahwa lingkar perut lebih akurat untuk memperlihatkan obesitas sentral pada orang dewasa dibanding dengan indeks massa tubuh. Obesitas sentral sendiri merupakan kelebihan lemak yang ada pada perut. Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa obesitas sentral atau lebih dikenal dengan perut buncit berkali-kali lipat lebih berbahaya daripada obesitas pada umumnya.

Itu sebabnya, penting untuk sering-sering mengecek lingkar perut Anda sendiri. Tak perlu khawatir, cara mengukur lingkar perut tak sesulit yang Anda bayangkan, ‘kok.

Cara mengukur lingkar perut

Mengukur lingkar perut tak boleh asal. Tanpa teknik yang tepat, hasilnya tentu tidak akan akurat. Supaya hasilnya optimal, sebaiknya Anda menanggalkan pakaian seperti kaus, rok, maupun celana panjang. Dengan begitu, bagian perut dapat terekspos dengan baik.

Jangan lupa, siapkan dulu pita ukur atau meteran yang biasa digunakan untuk membuat baju. Pita ukur ini bisa Anda beli di toko yang menjual peralatan jahit.

Jika alat yang dibutuhkan sudah tersedia, Anda bisa memulai mengukur lingkar perut. Berikut cara mengukur lingkar perut yang perlu Anda perhatikan baik-baik.

  • Berdiri di depan cermin dengan posisi tegak dan rileks. 
  • Tekan jari-jari pada kulit untuk menemukan tulang rusuk yang paling bawah dan tulang pinggang paling atas. 
  • Tentukan bagian tengah di antara kedua tulang tersebut. Spot ini sejajar dengan pusar Anda.
  • Kemudian tempatkan ujung meteran angka 0 di spot yang sejajar dengan pusar dan sisanya dilingkarkan ke perut dan seluruh batang tubuh. Pastikan pita meteran melintang dalam posisi horizontal (datar) dan tidak terlalu menekan kulit perut. 
  • Periksa nomor pada pita meteran di mana angka 0 bertemu dengan angka terakhir yang melingkari pinggang Anda. Angka terakhir itulah ukuran pinggang Anda. 

Ketika mengukur lingkar perut, usahakan Anda tidak mencoba untuk menahan napas atau mengecilkan perut. Sebab, hal ini justru dapat membuat hasil pengukuran jadi tidak akurat. Intinya, berdirilah dengan posisi yang tegak sambil melemaskan tubuh dan buang napas secara perlahan. 

Mengutip dalam laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, batas aman lingkar perut pria adalah 90 cm, sedangkan wanita 80 cm.

Bila hasil pengukuran Anda melebihi batas tersebut, mulailah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan mengatur pola makan dan perbanyak aktivitas fisik. Selain membantu menghilangkan lemak perut, cara ini juga sebagai upaya menurunkan risiko terkena berbagai penyakit kronis di kemudian.

Jangan ragu periksa ke dokter untuk meminta bantuannya dalam menentukan perawatan terbaik yang sesuai dengan kondisi Anda.

 

The post Cara Mengukur Lingkar Perut yang Benar appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2KL8F7B


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar