Benarkah Menghirup Aromaterapi Membuat Tidur Lebih Nyenyak?

Tidur nyenyak membantu Anda beraktivitas dengan baik keesokan harinya. Ada banyak cara yang bisa anda coba agar tidur setiap malam bisa lebih nyenyak. Misalnya dengan menggunakan aromaterapi. Namun, apakah manjur menggunakan aromaterapi untuk membantu tidur lebih nyenyak? Yuk, cari tahu kebenarannya pada ulasan berikut ini.

Aromaterapi ampuh untuk tidur lebih nyenyak?

Aromaterapi adalah perawatan untuk memulihkan kembali kesehatan fisik maupun psikis dengan mengandalkan ekstrak dari tumbuhan alami. Teknik ini disebut juga dengan terapi minyak esensial karena bahan utama yang digunakan adalah minyak esensial.

Nah, cara menggunakan minyak esensial untuk aromaterapi ada berbagai cara, yakni dihirup langsung dari botol atau diubah menjadi uap dengan bantuan diffuser. Selain itu, bisa juga dioleskan dan dipijatkan ke kulit atau dicampur dengan untuk berendam.

Salah satu potensi aromaterapi adalah membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak. Melansir dari laman Sleep, aroma dari minyak esensial dapat membantu meringankan pikiran dan merelaksasi otot tubuh yang tegang sehingga bisa mengurangi stres, kecemasan, dan rasa sakit yang sering mengganggu tidur.

Sebuah studi dalam Iranian Red Crescent Medical Journal melaporkan manfaat aromaterapi untuk meningkatkan kualitas tidur pada ibu yang baru saja bersalin.

Sebanyak 158 ibu dibagi menjadi 2 kelompok: satu kelompok diminta untuk menggunakan minyak lavender di malam hari dan satunya tidak menggunakan wewangian. Selama delapan minggu, ibu yang menggunakan minyak lavender untuk aromaterapi dapat tidur lebih nyenyak.

Deretan aromaterapi yang membantu tidur jadi lebih baik

manfaat minyak lavender

Di pasaran ada banyak minyak esensial yang dijual. Namun, untuk meningkatkan kualitas tidur ada beberapa minyak esensial yang direkomendasikan untuk aromaterapi, di antaranya:

  • Minyak lavender. Minyak yang berasal dari tanaman Lavandula angustifolia yang beraroma harum ini bisa menyegarkan udara sehingga membuat Anda dapat tidur dengan nyenyak.
  • Minyak cedarwood. Minyak ini berasal dari kayu pohon cedar, yakni Cedrus atlantica dapat membantu Anda tidur lebih lama.
  • Minyak bergamot. Minyak yang berasal dari buah yang mirip jeruk dengan nama latin Citrus bergamia. Minyak ini membantu menenangkan pikiran sehingga membuat Anda lebih mudah terlelap.

Tidak semua minyak esensial cocok digunakan sebagai aromaterapi untuk membantu tidur jadi lebih nyenyak. Beberapa minyak diketahui dapat meningkatkan kewaspadaan sehingga dapat mengganggu tidur, seperti minyak esensial sage, vetiver, dan petitgrain.

Kemungkinan efek samping yang terjadi

Meski penelitian telah menunjukkan potensi aromaterapi untuk membantu tidur lebih nyenyak, tidak semua orang akan merasakan manfaatnya. Malah menyebabkan masalah setelah digunakan.

Hal ini kemungkinan terjadi jika orang yang menggunakan metode ini memiliki alergi pada kandungan tertentu yang ada pada minyak esensial. Mungkin juga disebabkan oleh penggunaan minyak esensial yang tidak benar sebagai aromaterapi.

Perlu Anda ketahui bahwa minyak esensial sangat kuat sehingga tidak boleh digunakan secara berlebihan. Saat Anda ingin memijat tubuh dengan minyak esensial, campurkan minyak pembawa seperti jojoba oil atau almond oil.

Bila merasa cara ini tidak membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak, konsultasikan pada dokter mengenai kondisi Anda. Dokter akan membantu mencari penyebab sekaligus menentukan perawatan yang cocok.

The post Benarkah Menghirup Aromaterapi Membuat Tidur Lebih Nyenyak? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2qNmfAR


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar