3 Cara Mudah Mengatasi Vagina yang Terasa Panas Seperti Terbakar

Sensasi terbakar atau panas yang dirasakan pada vagina merupakan masalah umum yang sering terjadi di kalangan wanita. Penyebab vagina terasa panas pun beragam, seperti iritasi, infeksi menular seksual, dan berbagai masalah lainnya.  Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasi masalah vagina yang terasa panas dan terbakar.

Tips mengatasi vagina yang terasa panas dan terbakar

Mengatasi vagina yang terasa panas dan terbakar sebaiknya disesuaikan dengan penyebabnya. Oleh karena itu, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Akan tetapi, mengingat sensasi tersebut tidak jarang hadir di tengah aktivitas, ada beberapa cara yang mungkin bisa Anda lakukan untuk meredakan rasa tersebut. 

1. Menggunakan kompres dingin

kompres es dingin
Sumber: Health Ambition

Salah satu cara untuk mengatasi sensasi panas yang dirasakan pada vagina Anda adalah mengompres area tersebut dengan kompres dingin

Vagina yang terasa panas dan sakit kemungkinan besar akan mereda dengan kompres dingin. Akan tetapi, usahakan untuk tidak menempelkannya pada kulit dalam waktu yang lama. 

Untuk melakukan kompres dingin, Anda bisa menggunakan es batu atau air dingin. Saat menggunakan es batu, jangan langsung menempelkannya ke kulit vagina.

Balut es batu terlebih dahulu dengan handuk bersih. Kemudian, baru tempelkan ke area yang terasa sakit. Namun jika Anda menggunakan air dingin, cukup rendam handuk bersih dan peras baru kemudian tempelkan ke vagina.

Anda bisa mengompres area vagina yang terasa panas dan terbakar 2 sampai 3 jam sekali. Namun, usahakan untuk tidak menempelkannya lebih dari 20 menit dalam sekali kompres.

2. Mengoleskan petroleum jelly

Manfaat Petroleum Jelly Vaseline

Sensasi panas yang dirasakan di vagina Anda biasanya dimulai dari keringnya daerah tersebut sehingga lebih rentan menimbulkan iritasi dan jamur. 

Untuk membuat vagina Anda lebih lembab dan mengatasi rasa panas tersebut, Anda bisa mengoleskan petroleum jelly. Ingat, penggunaannya dikhususkan untuk daerah luar vagina saja, bukan di bagian dalam.

Petroleum jelly merupakan minyak mineral yang dapat difungsikan sebagai pelembap karena menciptakan perlindungan dari bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

Bahkan, minyak mineral ini juga direkomendasikan oleh American Academy of Dermatology untuk mengobati iritasi. 

Walaupun demikian, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum menggunakan petroleum jelly untuk mengatasi vagina yang terasa panas. 

3. Menjaga kebersihan daerah vagina

kebersihan vagina

Selain menggunakan petroleum jelly dan kompres dingin, Anda pun perlu menjaga kebersihan untuk mengatasi vagina yang terasa panas. 

Misalnya, menggunakan celana dalam berbahan katun yang tidak terlalu ketat. Selain itu, ada beberapa tips lain agar vagina Anda tetap bersih dan mengurangi sensasi terbakar, seperti:

  • Hindari penggunaan pembalut, tisu toilet, krim, dan sabun kewanitaan yang mengandung pewangi. 
  • Setelah BAB, bersihkan daerah anus dengan arah dari depan ke belakang. 
  • Membersihkan daerah luar vagina dengan air dan sabun tanpa pewangi maksimal satu kali sehari. 
  • Jika muncul rasa gatal, usahakan untuk tidak menggaruknya karena akan memperparah rasa panas tersebut. 
  • Menggunakan alat kontrasepsi, seperti kondom, untuk mengurangi risiko infeksi menular seksual ketika berhubungan seks. 

Kapan saya harus ke dokter?

cara memilih dokter internis terbaik

Biasanya, sensasi terbakar pada vagina akan hilang seiring dengan berjalannya waktu.

Akan tetapi, jika vagina Anda masih terasa panas dan semakin parah, sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan dokter. 

Hal ini bertujuan agar Anda mengetahui bagaimana mengatasi masalah ini sesuai dengan penyebabnya.

Setelah mengetahui cara mengatasi vagina yang terasa panas, sudah saatnya untuk lebih memperhatikan kebersihan daerah kewanitaan Anda untuk mencegah masalah ini timbul kembali.

Sumber Foto: Medical News Today

The post 3 Cara Mudah Mengatasi Vagina yang Terasa Panas Seperti Terbakar appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2s7vXyc


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar