Tips Mengatasi Rasa Tidak Nyaman saat Pakai Lensa Kontak

Apakah Anda pernah merasa tidak nyaman saat pakai lensa kontak? Padahal ada rencana menghadiri meeting penting atau bahkan akan berada di atas panggung membawakan acara. Jangan sampai rasa ketidaknyamanan saat pakai lensa kontak itu merusak rencana Anda.

Penyebab rasa tidak nyaman saat pakai lensa kontak

Biasanya rasa tidak nyaman saat pakai lensa kontak timbul pada beberapa titik, sehingga menimbulkan rasa sakit, mata memerah, mata perih, iritasi, maupun terasa mengganjal. 

Ada ragam faktor yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat pakai lensa kontak. Beberapa kasus rasa tidak nyaman timbul akibat ukuran diameter lensa terlalu besar atau kecil. Sehingga saat dikenakan, rasanya kurang pas.

Masalah selanjutnya yang kerap dialami adalah mata kering. Meski hal ini wajar terjadi, tetapi Anda tetap perlu mengatasinya segera. Saat mengenakan lensa kontak dan dikenakan, pasti bola mata akan banyak melakukan pergerakan. Bola mata yang terlalu banyak bergerak saat menggunakan lensa kontak menyebabkan mata mudah kering. 

Selain itu, rasa tidak nyaman saat menggunakan lensa kontak juga bisa terjadi ketika Anda terlalu lama mengenakannya. Selama penggunaan mungkin Anda tidak membersihkannya dan ada banyak kotoran yang hinggap pada lensa kontak. Oleh karenanya, Anda perlu melakukan beberapa cara mengatasi rasa tidak nyaman saat pakai lensa kontak.

Tips mudah mengatasi rasa tidak nyaman saat pakai lensa kontak

Segera atasi masalah tidak nyaman saat menggunakan lensa kontak. Membiarkannya hanya dapat meningkatkan risiko mata iritasi. Maka dari itu, redakan rasa tidak nyaman pakai lensa kontak dengan cara berikut ini.

1. Gunakan obat tetes mata

Gunakan produk obat tetes air mata buatan yang diformulasikan untuk melumasi mata. Ini salah satu cara mudah mengatasi rasa tidak nyaman saat pakai lensa kontak dan menghindari peradangan akibat iritasi mata kering. Cukup teteskan 1-2 kali ketika mata sudah mulai mengering.

Namun, Anda perlu berkonsultasi ke dokter mata mengenai produk obat tetes mata yang akan ada pakai. Sebab beberapa obat tetes mata tidak cocok untuk jenis lensa yang Anda pakai dan menyebabkan perubahan warna lensa kontak.

2. Kurangi waktu pakai

Mengenakan kontak lensa sepanjang hari otomatis menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata. Tips untuk mengatasi rasa tidak nyaman saat menggunakan lensa kontak adalah mengurangi waktu pakai.

Meski lensa kontak diformulasikan “ramah” saat bersentuhan langsung dengan mata, mata juga perlu jeda rehat. Anda juga perlu menghindari beberapa kebiasaan, seperti memakai lensa kontak saat tidur, mandi, atau berenang agar mata bisa terhindar dari iritasi.

Sesekali Anda perlu mengisitrahatkan mata dan beralih sejenak ke kacamata. Saat mengenakan kacamata, rendam lensa di casing-nya dengan cairan khusus untuk kontak lensa agar menjaganya tetap terhidrasi. Jangan lupa untuk mencatat waktu kedaluwarsa lensa kontak, ya.

3. Hindari make-up berlebih pada area mata

Mengenakan make up “berat” di area mata juga membuat mata Anda tidak nyaman saat menggunakan lensa kontak. Menghindari make-up berlebih di sekitar mata menjadi cara mengatasi rasa tidak nyaman saat pakai lensa kontak. Residu make up dapat mengiritasi mata dan membuatnya tidak nyaman saat menggunakan kontak lensa.

Jadi, pastikan Anda tidak memoleskan terlalu banyak make up pada mata, sehingga Anda bisa nyaman senantiasa dalam beraktivitas menggunakan lensa kontak.

4. Membersihkan lensa kontak

Satu hal penting yang tidak bisa dilewatkan untuk mengatasi rasa tidak nyaman saat pakai lensa kontak adalah menjaga kebersihannya. Selalu ingat untuk membersihkan lensa kontak dengan tangan yang bersih. Pastikan Anda sudah mencuci tangan sebelum menyentuhnya.

Membersihkan lensa kontak secara teratur perlu dilakukan untuk mengusir kotoran dan residu selama pemakaian. Gosok secara lembut dengan jari Anda dengan cairan pembersih. Hati-hati saat membersihkan agar tidak merobek lensa kontak.

The post Tips Mengatasi Rasa Tidak Nyaman saat Pakai Lensa Kontak appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/33Y4dd0


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar