Selain Perubahan Hormonal, Ini 4 Penyebab Payudara Terasa Gatal Saat Hamil

Memasuki masa kehamilan, tubuh mengalami perubahan, salah satunya pada payudara. Selain ukurannya yang menjadi lebih besar, sebagian calon ibu mungkin merasakan gatal di payudara. Apakah kondisi ini bagian dari perubahan selama kehamilan? Apa saja penyebab gatal di payudara saat hamil?

Payudara gatal saat hamil umum terjadi

Menurut laman American Association of Pregnancy, kehamilan bisa mengubah payudara Anda. Mulai dari ukuran yang membesar, warnanya yang jadi lebih gelap atau kekuningan, dan lebih sensitif. Tidak hanya itu sebagian ibu hamil juga akan merasakan gatal pada payudara.

Saat hamil, hormon di dalam tubuh mengalami perubahan. Hormon yang berubah ini memicu munculnya rasa gatal di payudara.

Selain itu, seiring dengan pertumbuhan janin dan naiknya berat badan saat hamil, kulit tubuh Anda mengalami peregangan. Peregangan kulit kemudian memunculkan stretch mark yang bisa menyebabkan gatal. Kedua perubahan ini bisa jadi penyebab munculnya gatal di payudara saat hamil.

Namun, bisa juga disebabkan masalah medis tertentu

perubahan puting payudara

Meski payudara gatal pada ibu hamil adalah hal yang umum terjadi, Anda tidak boleh memandang kondisi ini sebelah mata. Pasalnya, rasa gatal bisa menjadi gejala adanya masalah kesehatan lain. Berikut ada beberapa kondisi yang bisa menimbulkan rasa gatal di payudara saat hamil.

1. Eksim

Eksim merupakan peradangan kulit yang bisa terjadi kapan saja, termasuk saat hamil. Kondisi ini menyebabkan kulit gatal disertai munculnya ruam, mengelupas, atau adanya benjolan kecil. Gejalanya dapat terjadi di bagian kulit mana pun, termasuk di payudara.

Munculnya eksim lebih mungkin terjadi pada wanita yang pernah mengalami eksim sebelumnya. Jika sudah memiliki eksim, kondisi tersebut akan terus ada. Itu artinya eksim tidak bisa disembuhkan dan sang ibu perlu menjaga kondisi kulitnya tetap sehat dan menjauhi segala pemicunya.

2. Pruritic urticarial papules and plaques of pregnancy (PUPP)

PUPP adalah penyebab gatal saat hamil yang juga bisa terjadi di payudara. Kondisi ini menimbulkan adanya benjolan kecil di kulit yang gatal. Awalnya benjolan kecil muncul di sekitar perut, kemudian menyebar ke sekitar payudara, paha, dan bokong.

Meski penyebab PUPP tidak diketahui secara pasti, ahli kesehatan sepakat kemungkinan ini terjadi akibat perubahan hormon selama masa kehamilan.

3. Prurigo

Penyebab payudara gatal saat hamil selanjutnya adalah prurigo. Penyakit kulit ini sangat umum menyerang ibu hamil dan terjadi akibat sistem kekebalan tubuh merespons perubahan hormon di dalam tubuh yang berubah selama masa kehamilan.

Prurigo menyebabkan adanya benjolan kecil seperti gigitan serangga yang menimbulkan rasa gatal. Selain di area dada, benjolan kecil dapat juga muncul di area tubuh lain. Pada masa awal kehamilan, jumlah benjolan hanya sedikit.

Seiring waktu benjolan bisa menyebar dan semakin banyak. Pada beberapa kasus, prurigo tetap muncul setelah bayi dilahirkan.

4. Intertrigo

Selain prurigo, intertrigo juga bisa jadi penyebab payudara gatal saat hamil. Kondisi ini biasanya terjadi karena kulit lembap, berkeringat, dan menerima banyak gesekan.

Kemungkinan besar terjadi pada ibu hamil yang tinggal di area yang panas. Selain gatal, intertrigo juga menimbulkan ruam kulit yang kemerahan atau kecokelatan.

Apa yang harus dilakukan?

cara memilih dokter internis terbaik

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan gejalanya dan mencurigai gatal di payudara disebabkan oleh masalah kesehatan, segera konsultasi ke dokter.

Jangan gunakan obat tanpa lampu hijau dari dokter untuk mencegah terjadinya efek samping yang membahayakan kehamilan.

Dokter mungkin akan memberikan tips perawatan agar gejalanya tidak memburuk, seperti:

  • Memilih bra yang longgar dan nyaman supaya tidak memperbanyak gesekan atau melukai kulit payudara.
  • Memilih sabun yang ringan tanpa pewangi, pewarna, dan pengawet untuk mencegah terjadinya iritasi.
  • Mengoleskan gel lidah buaya untuk memberikan sensasi dingin dan mengurangi rasa gatal dan perih.
  • Rutin menggunakan pelembap agar kulit tidak kering.

The post Selain Perubahan Hormonal, Ini 4 Penyebab Payudara Terasa Gatal Saat Hamil appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/34aTCvi


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar