Rekomendasi Masker Komersil dan Masker Alami untuk Mengatasi Jerawat

Merawat wajah yang berjerawat mungkin tidak cukup hanya dengan menggunakan obat jerawat yang diminum atau dioles. Memakai masker wajah mungkin juga bisa Anda jadikan senjata tambahan untuk mempercepat prosesnya sembari bersantai di waktu senggang. Namun, masker wajah seperti apa yang bagus untuk mengobati jerawat?

Pilihan masker jerawat yang bisa dibeli di toko

manfaat bentonite clay

Masker wajah komersil di pasaran tersedia dalam berbagai bentuk. Ada masker yang berbentuk krim, peel-off (masker cair yang akan mengering seperti lembaran elastis dan harus dikelupas), sheet mask (terbuat dari kain yang mengandung essence), dan lain sebagainya. Setiap jenis masker juga dapat diformulasikan dengan kandungan andalan yang berbeda-beda, tergantung jenis kulit dan tujuannya.

Nah untuk kulit rentan jerawat, masker wajah yang bagus adalah yang mengandung salah satu atau kombinasi dari:

Bentonite clay

Bentonite clay adalah tanah liat alami dengan tekstur yang halus dan lembut.

Masker wajah yang terbuat dari atau mengandung bentonite clay cocok untuk jenis kulit berminyak yang mudah berjerawat. Sebab, tanah liat ini dapat membantu menghilangkan sebum (minyak) berlebih di kulit dan meredakan jerawat yang meradang.

Masker bentonite clay juga dapat membantu menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori untuk mengurangi risiko munculnya jerawat dan infeksi kulit.

Saat ini sudah banyak masker bentonite clay yang tersedia di pasaran dengan berbagai merek dan bentuk. Namun, masker ini biasanya dijual dalam bentuk bubuk. Anda perlu meraciknya dulu setiap kali hendak digunakan.

Campur bubuk masker dengan takaran sesuai kebutuhan bersama air bersih sampai menjadi pasta kental. Setelahnya oleskan masker pada permukaan wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit dan bilas sampai bersih, kemudian lanjutkan dengan perawatan kulit Anda biasanya.

Ulangi pemakaian dua sampai tiga kali per minggu atau sesuai petunjuk penggunaan di kemasan.

Alpha hydroxy acid (AHA)

AHA merupakan senyawa asam sintetis (buatan) yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati, mengecilkan pori, mengurangi peradangan yang diakibatkan jerawat, dan merangsang pertumbuhan kulit baru yang lebih sehat.

Selain itu, AHA juga membantu meningkatkan jumlah kolagen agar kulit lebih kenyal dan elastis serta meratakan warna kulit dengan menyamarkan bekas jerawat.

Belerang

Masker yang mengandung belerang atau sulfur bagus untuk jerawat karena ampuh mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori, serta menghilangkan minyak berlebih.

Selain itu, dalam penelitian yang diterbitkan di  The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology belerang memiliki sifat antimikroba yang ampuh melawan bakteri penyebab jerawat.

Belerang juga sering dikombinasikan dengan bahan lain seperti asam salisilat, benzoil peroksida, atau resorsinol agar kerjanya lebih efektif.

Namun, jangan lupa untuk selalu mengoleskan pelembap setelah membilas maskernya karena kandungan sulfur biasanya membuat kulit kering.

Asam salisilat

Asam salisilat termasuk dalam golongan beta hydroxy acid (BHA) yang mampu mengelupas kulit mati secara efektif. Asam salisilat juga bersifat antiradang yang mampu mengempiskan bengkak akibat jerawat di wajah Anda.

Di waktu bersamaan, asam salisilat bekerja menghilangkan kotoran yang menyumbat pori dan menjaganya tetap bersih.

Masker untuk jerawat yang mengandung asam salisilat sering dikombinasikan dengan bahan lain seperti tea tree oil atau AHA.

Tea tree oil

Tea tree oil memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang bisa membantu mengatasi jerawat. Tea tree oil juga bersifat antiradang untuk meredakan peradangan pada jerawat.

Oleh karena itu, minyak satu ini sangat umum digunakan sebagai bahan dasar masker untuk jerawat. Kandungan tea tree oil di dalam masker cenderung aman karena porsinya telah disesuaikan. Anda hanya perlu menggunakannya sesuai aturan yang tertera di kemasan.

Racikan masker alami untuk kulit berjerawat

kunyit dan madu masker wajah untuk jerawat

Selain produk yang dijual di pasaran, Anda juga bisa membuat sendiri masker untuk jerawat di rumah. Bahan-bahannya mudah didapat karena kebanyakan mungkin sudah ada di dapur Anda. Berikut pilihan masker alami untuk mengatasi jerawat:

Masker kunyit dan madu

Campuran kunyit dan madu cocok untuk bantu meredakan jerawat.

Kunyit adalah antiradang alami yang bisa membantu mengurangi kemerahan atau peradangan pada kulit. Sementara madu adalah bahan yang kaya akan antioksidan, antibakteri, dan antimikroba. Oleh karena itu, madu membantu menenangkan kulit yang meradang dan mencegah timbulnya jerawat di kemudian hari.

Untuk membuat masker jerawat dari kedua bahan ini Anda hanya perlu mencampurkan 1/2 sendok teh kunyit bubuk dan 1 sendok makan madu. Aduk hingga keduanya tercampur rata, kemudian oleskan ke seluruh wajah yang telah dibersihkan.

Diamkan masker selama 10 sampai 15 menit untuk hasil yang maksimal. Anda bisa mengulangi pemakaian 2 sampai 3 kali seminggu.

Masker lidah buaya dan kunyit atau teh hijau

Lidah buaya adalah zat alami yang bisa meredakan masalah kulit. Oleh karenanya, lidah buaya dapat menenangkan kulit dan jerawat yang sedang meradang serta iritasi.

Tumbuhan yang satu ini juga memiliki kandungan asam salisilat alami dan sulfur yang bisa membantu melawan jerawat.

Untuk memaksimalkan efeknya, campurkan lidah buaya dengan bahan lain seperti kunyit atau teh hijau. Baik kunyit maupun teh hijau membantu mengendalikan produksi minyak dan kulit yang sensitif.

Blender daging lidah buaya secukupnya kemudian campurkan dengan bubuk kunyit atau bubuk teh hijau. Aduk hingga campuran ini merata kemudian oleskan di seluruh wajah yang telah dibersihkan. Biarkan selama 15 sampai 20 menit agar bahan aktifnya dapat menyerap secara maksimal.

Masker oatmeal

Oatmeal murni tanpa gula dan tambahan apa pun merupakan produk yang tepat digunakan untuk membuat masker. Oatmeal ternyata tak hanya mengenyangkan perut tetapi juga mengandung antioksidan dan antiradang yang baik untuk kulit.

Selain itu, oat bran atau bagian kulit terluar gandum merupakan sumber vitamin B kompleks, vitamin E, protein, lemak, dan mineral.

Untuk membuat masker oatmeal, rebuslah bahan yang satu ini dengan air. Setelah itu, biarkan campuran ini dingin terlebih dahulu sebelum nantinya dioleskan ke kulit wajah.

Agar lebih maksimal, Anda bisa menambahkan tea tree oil atau kunyit ke dalam campuran masker untuk jerawat ini. Aduk rata masker kemudian oleskan ke wajah dan biarkan selama 20 sampai 30 menit. Ulangi pemakaiannya 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Masker lemon, yoghurt, dan madu

Seperti yang telah disebutkan di awal, AHA termasuk pilihan yang baik untuk kulit berjerawat. Selain pada produk yang sudah jadi, AHA terdapat secara alami di dalam lemon dan yoghurt.

Kandungan AHA di dalam lemon membantu memecah sel kulit mati yang menutupi pori. Selain itu, lemon juga membantu mengurangi peradangan dan minyak di kulit.

Lemon juga memiliki efek antimikroba yang bisa membantu mematikan bakteri P.Acnes si penyebab jerawat yang meradang. Sementara itu, madu mengandung antiradang dan antiseptik sehingga bisa menenangkan kulit saat melawan bakteri penyebab jerawat.

Untuk membuat masker jerawat ini, campurkan air perasan buah lemon bersama 2 sendok makan yoghurt dan 1 sendok teh madu. Anda bisa menambahkan 1 sendok makan tepung beras agar masker merekat sempurna di wajah. Setelah diaduk rata, oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Bilas wajah sampai bersih.

Mau coba masker yang mana untuk mengobati jerawat hari ini?

The post Rekomendasi Masker Komersil dan Masker Alami untuk Mengatasi Jerawat appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/366p8wc


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar