Efektif Menghentikan Batuk, Coba 13 Ragam Obat Batuk Alami Ini

Dalam mengobati penyakit batuk, Anda tak selalu harus berobat ke dokter. Jika gejala batuk yang dialami tidak terlalu parah, pemulihan bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat apotek atau obat batuk alami.

Kedua jenis obat ini memiliki cara kerja yang berbeda dalam menyembuhkan batuk. Namun apabila diolah dengan tepat, obat batuk alami lebih aman untuk dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak.

13 obat batuk alami yang mudah didapat

Obat batuk alami untuk dewasa

Sebelum mencoba obat batuk bebas yang bisa dibeli di apotek atau supermarket, Anda sebenarnya bisa mencoba beragam bahan alami yang bisa mengatasi batuk.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa beberapa obat batuk alami memiliki efek penyembuhan yang sama efektifnya dengan obat batuk apotek. Oleh karena berasal dari bahan alami, obat batuk  ini memiliki efek samping seperti obat-obat generik yang dijual bebas di apotek.

Jika tertarik melakukan menyembuhkan batuk Anda secara alami, berikut ini adalah beberapa bahan yang bisa diolah dengan mudah menjadi obat batuk alami.

1. Air Garam Hangat

Air garam hangat untuk obat batuk alami

Garam bisa menjadi obat batuk alami yang mudah didapatkan di rumah. Garam yang dilarutkan ke dalam air hangat dapat mencegah penumbuhan bakteri yang menginfeksi tenggorokan.

Masukan seperempat sampai setengah sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat, lalu aduk hingga larut. Kemudian berkumurlah menggunakan larutan ini setiap tiga jam sekali.

Jika ingin menggunakan bahan ini untuk atasi batuk pada anak, pastikan Anda mengajari dan memberitahu si kecil bagaimana cara berkumur yang benar sehingga larutan tersebut tidak tertelan.

Rutin berkumur menggunakan air garam juga dapat membantu menjaga kesehatan tenggorokan, pembekakan di area mulut, dan menjaga napas tetap segar.

2. Madu

Madu untuk obat batuk alami

Madu memang sejak dari dulu telah dimanfaatkan untuk sebagai obat untuk berbagai penyakit,  termasuk sebagai obat batuk alami.

Berbagai penelitian pun membuktikan betapa manjurnya kandungan yang dimiliki madu dalam menyembuhkan penyakit batuk. Zat analgesik yang terdapat pada madu mampu menghentikan infeksi yang terjadi pada penyakit batuk kering maupun batuk berdahak.

Untuk mengoptimalkan efek penyembuhan dari, satu sendok teh madu bisa dikonsumsi secara langsung dalam keadaan perut sedang kosong.

Selain dapat dikonsumsi secara langsung, madu juga dapat dicampur  ke dalam susu atau dilarutkan dengan teh herbal dan perasaan lemon. Campuran ini memberikan efek penyembuhan yang lebih baik karena lemon membantu melancarkan pergerakan udara di saluran pernapasan.

3. Jahe

Jahe sebagai obat batuk alami

Meminum campuran jahe yang telah dilarutkan ke dalam air hangat atau teh dapat membantu meredakan gejala dari penyakit batuk yang Anda alami.

Kandungan bahan alami pada jahe memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang kuat sehingga bisa melawan infeksi dalam saluran pernapasan, sekaligus mencegah perkembangan virus dan bakteri baru.

Jahe yang termasuk ke dalam analgesik alami dapat memberi efek menghangatkan tubuh. Sensasi hangat ini membantu mengencerkan lendir di saluran pernapasan sehingga amat cocok dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan batuk berdahak.

Namun jahe juga dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan yang disebabkan oleh penyakit batuk kering karena rasa hangatnya mampu melemaskan otot-otot tenggorokan yang menegang.

Manfaat dari obat batuk alami ini dapat diperoleh secara maksimal dengan mengonsumsinya secara langsung. Jika tak suka dengan rasanya yang pahit, Anda dapat mencoba mencampurnya air perasan lemon, teh, madu, ataupun susu. Konsumsi obat batuk alami ini sebanyak dua kali sehari selama mengalami gejala batuk.

4. Lemon

Lemon-dan-madu-untuk-obat-batuk-alami

Buah-buahan juga dapat dijadikan obat batuk alami yang ampuh, salah satunya adalah lemon. Lemon mampu mengurangi radang yang terjadi di bagian tenggorokan, sekaligus memberi asupan vitamin C yang cukup untuk tubuh.

Ramuan obat batuk sederhana dapat dibuat dengan cara mengombinasikan satu sendok teh jus lemon dengan satu sendok teh madu. Minumlah obat batuk ini beberapa kali dalam sehari. Cara lain mengonsumsi lemon sebagai obat batuk adalah dengan mencampurkan lada dan madu ke dalam air perasan lemon.

5. Kunyit

Kunyit untuk obat batuk alami

Kunyit dapat mengurangi gejala yang disebabkan oleh penyakit batuk, terutama batuk kering. Dalam kunyit, terdapat curcumin bersifat antiradang, sehingga  mampu melawan partikel asing yang mengakibatkan infeksi di saluran pernapasan.

Curcumin memiliki kemampuan yang sama kuatnya dengan beberapa obat yang juga mengandung zat antiradang.

Cara memanfaatkan kunyit sebagai obat batuk alami adalah dengan menghancurkannya menjadi bubuk halus, lalu mencampurkan ke dalam satu gelas susu panas.

Selain itu, Anda bisa mencampur kunyit dengan garam dalam teh yand dilarutkan dalam 4 gelas air untuk meredakan rasa gatal pada tenggorokkan. Usahakan untuk tak langsung minum air putih setelah mengonsumsi ramuan kunyit ini. Air putih dapat menghambat kerja dari senyawa anti-inflamasi yang terkandung pada kunyit.

6. Bawang Putih

khasiat bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu obat batuk alami yang paling mudah diperoleh. Aroma menyengat yang dihasilkan saat mengunyah bawang putih secara langsung dapat menghentikan batuk.

Bawang putih juga mengandung senyawa allicin yang dapat membasmi bakteri dan virus di dalam tenggorokan. Sifat antimikrobanya juga ampuh menghentikan infeksi ataupun iritasi yang menimbulkan lendir berlebih, sehingga bisa menjadi obat batuk berdahak.

Selain dimakan, Anda juga bisa mengatasi batuk dengan cara menghirup aroma menyengat dari bawang putih. Atau, Anda dapat membuat ramuan obat batuk alami dengan campuran bawang putih halus, madu, serta teh.  Minumlah larutan ini paling tidak dua kali sehari untuk meredakan batuk dan rasa sakit di tenggorokan.

7. Cuka Sari Apel

Cuka sari asam untuk obat batuk alami

Cuka apel mengandung asam asetik yang bersifat antibakteri. Oleh karena sifatnya ini, cuka apel dapat dijadikan obat batuk alami. Pasalnya, zat antibakteri tersebut mampu memecah gumpalan lendir dan mematikan bakteri yang menyerang saluran pernapasan.

Untuk mengolah cari suka apel menjadi obat batuk berdahak, Anda dapat mencairkan 1 sampai 2 sendok cuka sari apel ke dalam satu gelas air. Kemudian, berkumurlah dengan larutan ini kemudian minum, lalu ulangi cara ini secara berturut-turut selama satu sampai dua kali dalam satu jam. Di antara dua sesi yang berbeda, minumlah air putih sebanyak-banyaknya.

9. Makanan Probiotik

Makanan probiotik untuk obat batuk alami

Probiotik adalah mikroorganisme yang dapat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Probiotik memang tidak bekerja secara langsung dalam menyembuhkan batuk, namun membantu menyeimbangkan kandungan gastrointestinal yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh saat terserang penyakit batuk.

Probiotik seperti Lactobacillus yang terkandung dalam susu, kefir, dan cuka sari apel dapat mengurangi gejala pada batuk yang disebabkan oleh alergen tertentu. Kandungan probiotik terbaik terdapat pada susu, namun konsumsinya tetap perlu diwaspasdai karena dapat membuat dahak menebal.

10. Nanas

Nanas untuk obat batuk alami

Buah selain lemon yang bisa digunakan sebagai obat batuk alami adalah nanas. Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat membantu meredakan gejala yang timbul saat mengalami batuk berdahak. Kandungan bormelain yang tersusun dari enzim proteolytic dan protease ini memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat memecah dahak yang menggumpal di bagian tenggorokan dan paru-paru.

Untuk memanfaatkan khasiat nanas sebagai obat batuk alami, konsumsilah 60 gram potong nanas dalam sehari, atau nanas juga dapat dijadikan jus dan diminum sebanyak 3 kali dalam sehari sampai gejala-gejala dari penyakit batuk berdahak yang Anda alami berangsur membaik.

Namun, nanas juga berpotensi menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Jika enzim bromelain dikonsumsi secara bersamaan dengan antibiotik seperti amoksisilin, maka dapat meningkatkan penyerapan antibiotik di dalam tubuh. Maka dari itu, ada baiknya berkonsultasi dengan tenaga medis untuk mengetahui kombinasi nutrisi yang terbaik saat sedang menjalani pengobatan batuk.

11. Kaldu Tulang

Sup kaldu tulang untuk obat batuk alami

Mengonsusmsi kaldu tulang dapat memberikan banyak efek positif bagi kesehatan, mulai dari membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengencerkan dahak di saluran pernapasan, sampai meningkatkan kemampuan detofisifikasi pada tubuh.

Sebagai obat batuk alami, kaldu tulang memang tidak dapat menyembuhkan batuk secara langsung. Namun mengonsumsi kaldu tulang dapat meminimalisir gejala dari penyakit batuk yang disebabkan oleh infeksi oleh partikel berbahaya, seperti paparan polusi, zat kimia, bakteri, dan zat beracun lainnya.

Ketika Anda mengalami batuk berkepanjangan, kadar cairan tubuh cenderung menurun sehingga Anda pun rentan mengalami dehidrasi. Kaldu tulang memiliki kandungan elektrolit dalam bentuk sodium yang sehingga tubuh dapat lebih mudah menyerap cairan yang masuk. Anda dapat mengonsumsi kaldu tulang yang telah dipanaskan sehingga dapat memberikan efek relaksasi yang maksimal pada bagian saluran pernapasan yang terasa sesak.

12. Akar Licorice

Akar licorice sebagai obat batuk alami

Telah lama digunakan sebagai obat untuk meredakan radang tenggorokan, akar licorice juga dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk alami, khususnya yang mengatasi batuk berdahak dan batuk yang disebabkan alergi.

Kandungan glycyrrhizin dari akar licorice memiliki sifat antialergen sehingga dapat mengencerkan lendir yang mengakibatkan rasa sesak saat bernapas. Obat batuk alami ini 30-50 kali lebih manis dibandinglan sukrosa sehingga dapat meningkatkan perubahan  kortisol menjadi kortison. Peningkatan kortisol ini diiringi dengan berkurangnya inflamasi.

13. Humidifier

Humidifier sebagai obat batuk alami

Udara yang kering dapat memperburuk gejala batuk Anda. Penggunaan humidifier di dalam ruangan dapat melembabkan udara di sekitar. Alat ini dapat meningkatkan kelembaban ruangan hingga tingkat kelembapan ideal menurut Environmental Protection Agency (EPA) yaitu sekitar 30 sampai 50 persen.

Uap yang disemprotkan humidifier membersihkan sirkulasi udara di dalam ruangan dari debu, polusi, mikroorganisme, dan bakteri. Maka, alat ini juga cocok ditempatkan di kamar  sehingga bisa membantu meredakan penyakit batuk saat tidur. 

Untuk menentukan mana obat batuk alami mana yang paling mujarab, sebaiknya Anda menyesuaikan dengan gejala, penyebab, dan jenis batuk yang Anda alami.

Pun demikian, dokter dan farmasis klinis, Valerie Sung dan Noel Cranswick, dari Royal Childern’s Hospital Melbourne dalam Cough and Cold Remedies for Children menjelaskan masih sedikitnya penelitian yang dilakukan untuk membuktikan bahwa obat batuk alami benar-benar dapat mengobati penyakit batuk. Namun, bukan berarti tidak dapat memberikan pengaruh positif sama sekali terhadap kondisi tubuh.

Pengobatan batuk secara alami yang aman untuk anak

Obat batuk alami untuk anak

Penanganan penyakit batuk untuk anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Fungsi fisiologis tubuh anak yang masih berkembang dan sistem imun yang belum kuat membuat anak-anak lebih sensitif terkena efek samping yang ditimbulkan oleh obat OTC.

Menurut American Academy of Pediatrics, terdapat lebih dari satu kandungan dalam obat batuk OTC yang memungkinkan meningkatnya risiko overdosis pada anak di bawah 4 tahun saat dikombinasikan penggunaannya dengan obat lain. FDA juga tak merekomendasikan penggunaan obat OTC pada anak di bawah 2 tahun.

Maka dari itu, pengobatan batuk secara alami dapat dijadikan alternatif yang tepat agar tidak membahayakan si kecil. Apabila Anda melihat munculnya gejala-gejala penyakit batuk pada anak Anda, lakukan langkah-langkah seperti di bawah ini agar kondisinya tak semakin parah.

1. Memberikan madu di malam hari

Madu dapat menjadi pilihan obat batuk alami yang tepat untuk anak-anak. Selain kandungannya yang memang ampuh menyembuhkan batuk, madu juga lebih disukai oleh anak-anak karena rasanya yang manis. Berikan 2-5 ml madu pada anak setiap malamnya, sebelum mereka tidur.

Namun jangan memberikan madu pada anak yang berusia dibawah satu tahun, karena dapat menyebabkan botulisme, yaitu kondisi keracunan serius yang dialami oleh bayi.

2. Oleskan balsam mentol di permukaan tubuh

Apabila si kecil merasa sesak napas atau sakit pada tenggorokan, Anda dapat mengoleskan balsam mentol pada permukaan kulit dada dan leher.

Efek hangat dari kandungan mentol membantu memberikan sensasi lega dan meredakan rasa nyeri pada bagian tubuh tersebut. Cara ini bisa dilakukan pada anak-anak yang berusia 2 tahun atau lebih.

3. Memberi air putih yang cukup

Saat anak terserang batuk, kadar cairan tubuhnya dapat berkurang. Kondisi ini dapat memungkinkan anak terkena dehidrasi saat mengalami batuk kering. Oleh karena itu, pastikan Anda memberikan asupan cairan yang cukup selama proses pengobatan sehingga obat batuk alami dapat bekerja dengan lebih optimal.

Apabila batuk yang di alami si kecil semakin parah sekalipun sudah mencoba pengobatan alami, jangan ragu untuk segera menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih pasti dan efektif.

The post Efektif Menghentikan Batuk, Coba 13 Ragam Obat Batuk Alami Ini appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/31J5xir


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar