4 Tips Menghadapi Ketakutan Saat Anda Mau Disuntik

Saat Anda sakit atau hendak menerima vaksin, biasanya obat akan diberikan melalui suntikan. Sayangnya, melihat jarum suntik yang tajam di depan mata, membuat nyali kebanyakan orang menciut. Bila Anda memang termasuk orang yang takut disuntik, coba simak ulasan di bawah ini untuk mengatasi rasa takut tersebut.

Perawatan untuk mengatasi rasa takut disuntik

Takut dengan jarum suntik dikenal dengan istilah medis tripanofobia. Kondisi ini menyebabkan seseorang yang mengalami kenaikan tekanan darah, detak jantung, bahkan pingsan setelah melihat jarum. Kebanyakan yang memilikinya biasanya pernah mengalami trauma dengan penggunaan jarum.

Saat sakit, pengobatan orang dengan tripanofobia biasanya akan diusahakan tanpa melalui suntikan. Sayangnya, tak semua pengobatan bisa diberikan lewat oral (mulut) maupun topikal (dioleskan ke kulit).

Akibatnya, mau tidak mau, beberapa obat yang hanya bisa diberikan secara intravena, harus disuntikan langsung ke pembuluh vena.

Untuk mengantisipasinya, pasien harus mampu mengatasi rasa takut disuntik melalui perawatan terapi kognitif dan perilaku (CBT).

Terapi ini akan membantu pasien secara bertahap mengurangi rasa takutnya dengan berbagai teknik, seperti melihat suntik lewat gambar atau video, melihat jarum suntik asli tanpa jarum, dan melihat jarum suntik utuh,

Teknik ini akan dilakukan secara berulang dan bertahap hingga pasien mampu mengendalikan diri dari rasa takut sampai gejalanya semakin hari kian membaik.

Tips mengatasi rasa takut saat ingin disuntik

Meski takut disuntik, kemungkinan memperoleh pengobatan melalui jarum suntik tetap ada. Bila Anda berada pada situasi ini, National Health Service memberikan langkah-langkah untuk menghadapinya, seperti:

1. Beri tahu kondisi Anda

anemia ke dokter apa

Bila Anda berniat menjalani perawatan yang melibatkan jarum suntik, beri tahu fobia yang Anda miliki pada tim medis. Beri tahu pula sejauh mana perawatan yang Anda lakukan untuk mengatasi rasa takut disuntik tersebut.

Dengan begitu, tim medis mampu memberikan perawatan dengan cara yang paling tepat dan hati-hati tanpa memicu munculnya gejala fobia.

2. Lakukan applied tension

gerakan peregangan untuk nyeri leher

Saat Anda tahu harus berhadapan dengan jarum, gejala fobia dapat muncul. Biasanya, Anda akan merasa tegang dan cemas sehingga membuat tekanan darah tidak stabil. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk melakukan applied tension.

Applied tension adalah cara mengatasi takut disuntik yang sederhana, yaitu untuk mengembalikan tekanan darah ke tingkat normal agar Anda tidak pingsan. Carilah tempat yang nyaman untuk Anda duduk. Kemudian, lemaskan otot-otot di tangan, leher, dan kaki  selama 10 hingga 15 detik.

Kemudian, perbaiki posisi duduk Anda jadi lebih tegak selama 20 detik dan ulangi gerakan untuk melemaskan otot-otot. Lakukan hal ini secara berulang hingga Anda merasa lebih baik.

Agar efeknya lebih optimal, lakukan teknik ini secara rutin tiga kali sehari selama satu minggu sebelum penyuntikan dilakukan.

3. Latihan pernapasan

latihan pernapasan

Selain teknik applied tension, Anda juga bisa melakukan latihan pernapasan untuk mengatasi rasa takut disuntik. Duduklah dengan nyaman, dengan posisi punggung tegak namun tidak kaku. Letakkan satu tangan Anda di depan perut.

Ambil napas panjang dan dalam dari hidung, keluarkan secara perlahan lewat mulut. Lakukan hal ini sebanyak lima kali hingga Anda merasa nyaman.

4. Hadapi ketakutan Anda

takut jarum suntik

Setelah Anda melakukan berbagai cara mengatasi rasa takut disuntik di atas, selanjutnya adalah hadapi ketakutan tersebut. Anda bisa meminta bantuan suster atau orang terdekat Anda untuk menemani.

Sugesti pikiran Anda bahwa jarum yang menusuk rasanya tidak sesakit yang Anda duga, contohnya seringan gigitan semut atau cubitan tangan. Cara ini memang tidak mudah, namun bila dilakukan secara konsisten, rasa takut bisa Anda kendalikan lebih baik.

Sekalipun Anda tidak didiagnosis mengidap tripanofobia, jika Anda memang merasa merasa takut untuk disuntik, cobalah untuk mengikuti tips di atas untuk mengatasinya.

The post 4 Tips Menghadapi Ketakutan Saat Anda Mau Disuntik appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2NobiwD


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar