Sampai Berapa Lama Hasil Laser Hair Removal Bisa Bertahan?

Menghilangkan bulu halus di kaki, ketiak, atas bibir, atau bahkan area genital dengan metode laser hair removal dinilai lebih efektif ketimbang cukuran biasa atau waxing. Usut punya usut, perawatan ini juga diklaim lebih tahan lama dibanding metode menghilangkan bulu lainnya, lho! Memangnya seberapa lama efek laser hair removal bisa bertahan? Yuk, simak ulasan berikut untuk tahu jawabannya.

Sekilas info tentang laser hair removal

Laser hair removal efektif untuk menghilangkan bulu di badan langsung sampai ke akarnya (folikel).

Metode ini menggunakan tembakan sinar laser yang dipancarkan langsung menuju pigmen (sel pewarna) rambut dan kemudian diubah menjadi energi panas untuk diteruskan ke folikel rambut. Folikel rambut yang terkena panas akan rusak atau hancur, sehingga rambut Anda akan perlahan berhenti tumbuh.

Cara menghilangkan rambut ini bisa dilakukan untuk bagian tubuh mana pun, selagi rambut tersebut tidak pirang atau berwarna terang.

Penting untuk dipahami bahwa laser hair removal tidak memberikan hasil yang instan. Anda mungkin membutuhkan lebih dari satu kali sesi perawatan supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Sejumlah klinik kecantikan bahkan menyarankan melakukan laser hair removal paling tidak 6-12 kali agar Anda bisa mendapatkan hasil terbaiknya. Jeda antara satu sesi dengan sesi selanjutnya biasanya berkisar dari 4-6 minggu.

Berapa lama hasil perawatan laser hair removal bisa awet?

Sebenarnya, seberapa lama efek laser hair removal berbeda-beda pada setiap orang. Bila folikel rambut hancur sepenuhnya, maka pertumbuhan rambut Anda akan terhenti secara permanen. Namun, bila folikel rambut yang terkena sinar laser hanya sekadar rusak, maka rambut Anda dapat tumbuh kembali.

Biasanya rambut yang dihilangkan dengan metode ini akan tumbuh lebih halus dengan warna yang lebih pudar. Meski begitu, pertumbuhan rambut ini juga dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari hormon, jenis rambut, warna kulit, hingga siklus pertumbuhan rambut.

Beberapa orang mengalami pertumbuhan rambut yang lebih cepat setelah perawatan. Sementara, beberapa lainnya mengalami fase pertumbuhan rambut yang lebih lambat dalam beberapa bulan.

Lakukan perawatan ini di tempat yang tepat

Saat ini, perawatan laser hair removal sudah banyak menjamur di berbagai tempat. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari yang paling mahal hingga di bawah kisaran rata-rata.

Satu hal yang perlu digarisbawahi. Pastikan Anda hanya melakukan perawatan ini di dokter spesialis kulit (dermatolog) atau terapis kecantikan yang sudah mengantongi sertifikat.

Dokter spesialis kulit yang tersertifikat pasti sudah terlatih dan terampil dalam melakukan perawatan laser hair removal. Dengan begitu, risiko efek samping yang parah seperti kulit melepuh, terbakar, atau muncul jaringan parut di bagian yang dilaser dapat dihindari.

Ingat,  jangan pernah mengambil risiko melakukan tawar-menawar dalam menjalani setiap perawatan kulit Anda. Jadi, Anda disarankan hanya menjalani perawatan ini di klinik-klinik yang sudah terpercaya dan punya reputasi baik, ya!

The post Sampai Berapa Lama Hasil Laser Hair Removal Bisa Bertahan? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2m0KWqB


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar