Punya Dua Penyakit Kronis Sekaligus, Mana yang Pengobatannya Harus Didahulukan?

Suatu penyakit dikatakan kronis bila berkembang perlahan dalam waktu yang lama. Beberapa contoh penyakit kronis yang paling banyak dialami orang adalah diabetes, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan stroke. Namun, seseorang dapat menderita lebih dari satu penyakit kronis secara bersamaan. Sebagai contoh, Anda bisa terkena diabetes dan stroke sekaligus. Nah, kalau sudah begini, manakah pengobatan yang harus lebih dulu diprioritaskan? Terlebih karena keduanya sama-sama membutuhkan pengobatan yang cepat dan tepat.

Kenapa bisa punya lebih dari satu penyakit kronis?

Faktanya, ada banyak sekali faktor yang bisa membuat Anda terkena lebih dari satu penyakit kronis. Namun, dua faktor utama sebagai penyumbang terbesar adalah riwayat keluarga dan gaya hidup.

Riwayat keluarga

Penyakit kronis umumnya dipengaruhi oleh genetik turunan dalam keluarga. Bila orangtua dan saudara kandung terkena penyakit kronis, maka Anda berisiko tinggi mengalaminya juga.

Semakin banyak anggota keluarga yang terkena penyakit kronis, maka semakin besar faktor keturunan yang ada pada keluarga Anda. Artinya, penyakit kronis yang terdapat di keluarga Anda kemungkinan besar adalah penyakit yang disebabkan oleh faktor keturunan gen tunggal yang sudah mengalami perubahan.

Gaya hidup

Semakin maraknya pola gaya hidup tidak sehat, risiko terkena penyakit kronis pun juga semakin meningkat. Contoh gaya hidup tidak sehat yang bisa memicu penyakit kronis di antaranya merokok, pola makan buruk, dan malas gerak.

Semua elemen dari gaya hidup tak sehat tersebut tanpa disadari dapat memicu penumpukan plak dalam pembuluh darah dan memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Akibatnya, Anda akan lebih rentan untuk mengalami penyakit jantung, diabetes, hipertensi, dan bahkan stroke.

Biasanya, kalau sudah terkena satu penyakit kronis, maka Anda cenderung lebih mudah untuk mengalami berbagai penyakit kronis lainnya. Taruh kata, Anda divonis sakit diabetes. Kadar gula darah yang dibiarkan tidak terkendali dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah kapiler.

Kerusakan kapiler bisa mengganggu kerja ginjal untuk mengatur tekanan darah, yang akan meningkatkan risiko seseorang terkena hipertensi.

Lalu, bagaimana kalau saya kena penyakit kronis bersamaan?

Tidak dipungkiri, orang yang didiagnosis dengan beberapa penyakit kronis membutuhkan pengobatan yang sangat rumit dan intensif. Namun, tidak ada jawaban saklek mengenai penyakit mana yang harus lebih dulu diobati dan mana yang belakangan.

Pertimbangan dan keputusan pengobatan penyakit kronis membutuhkan rencana yang dibuat matang serta ekstra hati-hati. Misalnya saja dengan mempertimbangkan kondisi tubuh dengan risiko efek samping atau reaksi terhadap banyak obat. Salah-salah, kombinasi obat yang keliru dapat menurunkan kualitas hidup pasien.

Itu sebabnya, dokter dituntut untuk ekstra hati-hati dalam merencanakan pengobatan seperti apa yang tepat. Bila dokter salah ambil keputusan medis, maka nyawa pasienlah yang jadi taruhannya. Alasan ini jugalah yang membuat prioritas pengobatan untuk penyakit kronis membutuhkan pertimbangan dan kerja sama banyak pihak.

Dalam mengobati pasien dengan lebih dari satu penyakit kronis, biasanya dokter akan membentuk sebuah tim khusus yang melibatkan banyak spesialis. Sekiranya, Anda terkena penyakit diabetes dan stroke secara bersamaan maka dokter yang dapat dilibatkan dalam perawatan adalah dokter internis dan dokter saraf. Jika dibutuhkan prosedur bedah, maka ahli bedah dan anestesi juga dapat dilibatkan.

Semua dokter spesialis ini harus saling berkoordinasi satu sama lain. Tujuannya satu; menentukan perawatan medis dan terapi obat yang terbaik untuk pasien. Selain membuat kualitas hidup pasien meningkat, peluang pasien untuk pulih dari penyakitnya pun besar.

Baik pasien, keluarga, dan tim dokter juga harus membangun komunikasi yang baik. Dengan begitu, pengobatan yang akan dijalani pasien bisa berjalan lebih maksimal. Intinya, komunikasi adalah kunci utama.

The post Punya Dua Penyakit Kronis Sekaligus, Mana yang Pengobatannya Harus Didahulukan? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2OdphYk


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar