Kesusupan Bikin Tak Nyaman, Atasi dengan 4 Cara Aman Ini

Istilah kesusupan mungkin tidak asing di telinga Anda. Ya, kondisi ini menandakan adanya serpihan kayu kecil yang masuk dan terjebak di kulit. Biasanya, kesusupan terjadi pada kulit telapak kaki dan tangan. Walaupun yang terjebak adalah serpihan kecil, kondisi ini menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Lantas, bagaimana cara menghilangkan kesusupan?

Cara menghilangkan kesusupan pada kulit

Anda mungkin pernah merasakan kesusupan saat berjalan di luar rumah tanpa alas kaki. Bisa juga terjadi pada tangan saat Anda menyentuh benda yang memiliki serpihan kayu. Ya, meski umum terjadi, kondisi ini cukup mengganggu.

Pasalnya, kesusupan menimbulkan rasa nyeri ketika tangan menyentuh benda atau kaki menyentuh lantai. Untungnya, kondisi ini bisa diatasi dengan mudah di rumah.

Biasanya saat kesusupan terjadi, kebanyakan orang akan terburu-buru mengeluarkan serpihan kayu yang terjebak dengan memencet atau mencubit kulit. Nyatanya, cara ini bukanlah cara yang aman.

Alih-alih menyembuhkan kesusupan, cara ini malah akan membuat serpihan kayu rapuh dan hancur, sehingga lebih sulit dikeluarkan

Jadi, harus bagaimana? Tenang dan ikuti beberapa cara aman menghilangkan kesusupan berikut ini.

1. Bersihkan area kulit yang kesusupan

Sebelum mengeluarkan serpihan kayu yang terjebak di dalam kulit, American Association of Dermatology menyarankan untuk mencuci area yang terkena lebih dahulu. Tujuannya, untuk mencegah infeksi karena kesusupan bisa menimbulkan luka terbuka.

Jadi, cucilah tangan Anda terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir. Kemudian, lanjutkan dengan membersihkan area kulit di mana terdapat serpihan kayu.

2. Rendam air hangat

Selain cuci tangan, cara aman untuk menghilangkan kesusupan juga bisa Anda lakukan dengan merendam area kulit yang terkena dengan air hangat.

Air hangat ini bisa membantu melembutkan kulit dan memudahkan serpihan kayu untuk dikeluarkan dari dalam kulit. Kemudian, keringkan tangan Anda dan carilah tempat yang lebih terang agar Anda lebih mudah melihat serpihan kayu kecil yang masuk ke kulit.

3. Pilih metode untuk mengeluarkan serpihan kayu

Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk menghilangkan kesusupan. Namun, sebelum memilih metodenya, perhatikan lokasi, ukuran, dan arah serpihan kayu yang terjebak di kulit. Selanjutnya, Anda bisa metode yang paling cocok, di antaranya:

Pakai pinset

Pinset bisa Anda gunakan untuk menjepit serpihan kayu yang masuk ke kulit dan menariknya keluar. Metode ini bisa Anda lakukan, saat serpihan kayu tidak sepenuhnya masuk ke dalam kulit.

Siapkan alkohol dan bersihkan pinset. Kemudian, pegang ujung pinset dan arahkan pada serpihan kayu. Tekan bagian lengan pinset dan tarik serpihan kayu keluar dari kulit.

Pakai lakban

Lakban adalah pita perekat yang kuat. Alat ini bisa membantu Anda untuk menarik serpihan kayu yang lebih dalam dari sebelumnya. Biasanya metode ini tidak menimbulkan rasa sakit.

Cara menghilangkan serpihan kayu alias kesusupan dengan metode, ini antara lain tempelkan lakban pada area kulit yang terkena. Kemudian, tunggu hingga 30 menit. Serpihan kayu akan menempel erat dengan lakban dan tarik lakban. Anda bisa mengulangi cara ini beberapa kali sampai serpihan kayu tercabut keluar.

Pakai cairan khusus

Menggunakan cairan khusus bisa membantu Anda menghilangkan kesusupan. Beberapa cairan yang bisa digunakan, yakni hidrogen peroksida, garam epsom, atau minyak lavender.

Campur bahan tersebut dengan sebaskom air. Kemudian rendam area kulit yang terkena selama beberapa menit. Lalu, keluarkan serpihan kayu dengan pinset pelan-pelan.

Pakai jarum dan pinset

Jika metode pertama, kedua, dan ketiga gagal, Anda bisa beralih menggunakan jarum. Metode ini cukup ampuh jika serpihan kayu masuk sepenuhnya ke dalam kulit.

Cara menggunakan jarum untuk menghilangkan kesusupan dimulai dengan membasahi jarum dan pinset dengan alkohol. Kemudian, tusukkan jarum pada area serpihan kulit, yakni area serpihan kulit dapat dikeluarkan.

Lalu berikan sedikit tekanan untuk mendorong serpihan kulit menuju area kulit terbuka yang Anda buat dengan jarum. Setelah serpihan kulit muncul di atas permukaan kulit, tarik menggunakan pinset.

4. Oleskan petroleum jelly

Langkah terakhir setelah berhasil mengeluarkan serpihan kayu pada kulit adalah mengoles petroleum jelly. Petroleum jelly dapat menjaga kelembapan kulit setelah tangan Anda direndam dalam air atau cairan khusus. Selain itu, membantu mempercepat proses penyembuhan kulit yang terbuka.

Umumnya cara menghilangkan kesusupan yang telah disebutkan cukup efektif. Jika memang terus gagal, jangan ragu untuk pergi ke dokter.

The post Kesusupan Bikin Tak Nyaman, Atasi dengan 4 Cara Aman Ini appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/30f0zOr


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar