Seberapa Efektif Herbal Adas untuk Meningkatkan Gairah Seks Wanita Menopause?

Adas atau adas pedas adalah tanaman rempah asli kawasan Mediterania yang biasa digunakan untuk menyedapkan rasa makanan. Namun katanya, rempah berbentuk bulat dengan batang berwarna hijau pucat ini juga dapat meningkatkan gairah wanita usia lanjut. Benarkah manfaat adas ini untuk wanita menopause?

Manfaat adas untuk wanita menopause

Menopause adalah kondisi yang akan dialami semua wanita menjelang usia lanjut akibat penurunan kadar hormon tubuh secara alami. Menopause dapat menghadirkan sejumlah gejala yang menyebalkan, sehingga okter mungkin akan merekomendasikan terapi hormon untuk mengatasinya. Akan tetapi, efek samping terapi hormon dapat meningkatkan risiko wanita mengalami serangan jantung, stroke, dan kanker payudara.

Nah, sebuah penelitian di Iran pada tahun 2018 melaporkan bahwa adas (Foeniculum vulgare) dapat membantu meringankan gejala-gejala menopause tersebut, tanpa efek samping. 

Penelitian tersebut menguji 90 wanita Iran yang berusia 45-60 tahun dan mengalami menopause lebih cepat dari wanita Amerika. Wanita Iran umumnya menopause di usia 48 tahun, sementara rata-rata wanita di Amerika baru mengalaminya saat usia ke-51.

Setengah dari jumlah partisipan tersebut kemudian diberikan kapsul suplemen berisi 100 mg ekstrak adas untuk diminum 2 kali sehari selama 8 minggu, sementara sisanya diberikan kapsul plasebo (obat kosong).

Hasilnya setelah 2 minggu berhenti minum kapsul (minggu ke-10 setelah studi dimulai), wanita yang minum suplemen adas merasakan efek gejala menopause yang lebih ringan dari sebelumnya. Intensitas gejala yang mereka rasakan pun lebih ringan daripada wanita yang diberikan pil kosong.

Suplemen adas juga bisa meningkatkan gairah seks wanita menopause

Penelitian yang sama juga menemukan bahwa suplemen adas dapat meringankan gejala menopause yang berupa masalah vagina kering dan gatal, yang dapat membuat seks terasa sakit dan menurunkan gairah. 

Penelitian ini meminta 60 wanita menopause yang mengalami masalah seksual tersebut untuk mengoleskan 5 gram krim mengandung ekstrak adas selama 8 minggu tiap malam. Mereka kemudian dibandingkan dengan kelompok wanita yang hanya diberikan krim plasebo (krim kosong).

Di akhir penelitian, terlihat bahwa wanita yang menggunakan krim adas mengalami peningkatan fungsi seksual yang cukup dramatis. Perbedaan yang paling utama adalah vagina mereka yang tidak lagi tampak dan terasa kering. Sementara itu, wanita yang diberikan pil plasebo tidak mengalami perubahan apa pun pada gairah seks dan kondisi vaginanya.

Keberhasilan ini disebabkan karena adas bekerja memengaruhi hormon estrogenik dalam tubuh (estrogenik). Estrogen adalah hormon seks wanita yang meningkatkan fungsi vagina saat berhubungan intim. Peningkatan hormon estrogen selama menopause dapat membantu meningkatkan produksi cairan alami vagina.

Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat jangka panjang dan efek samping adas untuk wanita menopause. 

The post Seberapa Efektif Herbal Adas untuk Meningkatkan Gairah Seks Wanita Menopause? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2Uajunc


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar