Normalnya, Berapa Banyak Darah yang Akan Keluar Selama Nifas?

Pada masa nifas, baik itu setelah melahirkan dengan cara normal atau caesar, darah akan keluar dari vagina. Menurut Queensland Health, perdarahan ini adalah hal normal. Namun, bisa juga menandakan masalah serius bila perdarahan yang keluar sangat banyak. Sebenarnya, seberapa banyak normalnya darah yang keluar selama nifas?

Idealnya, berapa banyak darah yang keluar selama nifas?

Saat Anda hamil, pembuluh darah mengalir di antara rahim dan plasenta. Setelah melahirkan, pembuluh darah tersebut akan terbuka sehingga menyebabkan perdarahan.

Setelahnya, rahim pun akan mengalami proses pemulihan pada masa nifas. Masa nifas terhitung sejak ibu melahirkan, hingga 6 minggu setelahnya.

Pada proses pemulihan, rahim akan menyusut kembali ke ukuran sebelum hamil (proses involusi).  Menyusutnya rahim membuat tubuh perlu mengeluarkan darah dari luka yang ada di dalamnya. Selain keluarnya banyak darah selama nifas, rahim juga akan berkontraksi selama 7 hingga 10 hari.

Nah, darah yang keluar selama nifas disebut dengan lochia (lokia). Jumlah darahnya lebih banyak daripada menstruasi yang biasanya Anda alami. Perdarahan nifas pada hari-hari awal mengharuskan Anda mengganti pembalut setiap satu atau dua jam sekali. Perdarahan yang banyak ini umumnya terjadi dalam 1 atau 2 hari.

Saat Anda berdiri pertama kali setelah melahirkan, darah bisa juga mengalir ke kaki. Namun, tenang, jangan dulu panik. Ini terjadi karena darah sebelumnya terkumpul di vagina ketika duduk dan berbaring. Ketika posisi tubuh Anda berdiri tegak, darah yang terkumpul otomatis akan mengalir ke bawah melewati kaki Anda.

cara pakai pembalut

Jumlah darah yang keluar selama nifas, normalnya akan berkurang setiap harinya. Dalam beberapa minggu, sekitar 4 hingga 6 minggu, darah akan berubah menjadi bercak dan akhirnya berhenti. Pada beberapa wanita, perdarahan bisa berhenti lebih cepat, jadi Anda tidak perlu cemas jika mengalaminya.

Selain banyaknya darah yang keluar selama nifas, warna darah juga akan berubah seiring berjalannya waktu. Dari warna merah terang, menjadi cokelat, kemudian kekuningan, dan akhirnya menjadi keputihan biasa. Itu artinya, rahim Anda sudah selesai dari proses pemulihan setelah melahirkan.

Tak hanya warna, Anda mungkin juga menemukan adanya darah menggumpal yang ikut keluar. Biasanya gumpalan itu akan keluar 24 jam setelah melahirkan dengan ukuran beragam. Ukurannya akan semakin kecil atau bahkan hilang dalam beberapa hari.

Jumlah darah selama nifas yang mulai berkurang, bisa saja meningkat dan warnanya berubah jadi lebih gelap. Ini dapat terjadi ketika Anda melakukan aktivitas yang berat atau terlalu banyak bergerak. Agar darah kembali normal, Anda perlu beristirahat lebih banyak.

Lantas, seperti apa perdarahan selama nifas yang tidak normal?

dokter kandungan

Perdarahan yang tidak normal ditandai dengan jumlah darah yang berlebihan keluar dari vagina. Kondisi ini bisa terjadi 24 jam setelah melahirkan, atau dalam kurun waktu 12 minggu setelah melahirkan. Namun, seberapa banyak darah nifas yang dianggap tidak normal?

Nah, untuk mengetahui banyaknya darah nifas yang tidak normal, perhatikan berapa kali Anda perlu mengganti pembalut. Bila Anda harus mengganti pembalut lebih dari satu setiap jamnya, bisa dikatakan perdarahan nifas yang Anda alami tidak normal.

Selain perdarahan yang berlebihan, gejala lain yang harus diwaspadai, meliputi:

  • Darah nifas semakin hari tidak berkurang, malah semakin banyak
  • Demam dan tubuh merasa kelelahan
  • Darah yang keluar berbau busuk
  • Ukuran darah menggumpal lebih besar dari bola golf, atau tidak mengecil ukurannya dan tidak juga menghilang seiring waktu.

Keluar darah yang berlebihan selama masa nifas adalah kondisi serius. Bila Anda mengalami salah satu dari gejala yang disebutkan, langkah terbaik adalah segera periksa ke dokter.

The post Normalnya, Berapa Banyak Darah yang Akan Keluar Selama Nifas? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2L7oRRo


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar