5 Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat di Sekolah

Hari pertama sekolah adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh anak Anda karena mereka akan kembali bermain dan belajar bersama teman-teman mereka. Anda pun mau tidak mau melepaskan pengawasan anak Anda di sekolah. Nah, agar anak tetap sehat saat di sekolah, yuk ikuti beberapa tips di bawah ini. 

Anak sehat saat sekolah, mengapa tidak?

remaja narsis di sekolah

Pada saat anak memasuki usia sekolah, tidak jarang mereka rentan terhadap penyakit karena sistem kekebalan mereka akan diuji. Berada di sekolah dengan berbagai macam kelompok orang akan lebih mudah menyebarkan virus dan bakteri, apalagi ketika tidak dalam pengawasan Anda.

Misalnya, ketika ada teman sekelas si buah hati terserang batuk dan pilek, teman-teman sekelasnya pun cenderung berisiko terkena penyakit yang sama, termasuk anak Anda. Hal ini dikarenakan mereka berada di dekat anak tersebut berada di kelas dan menghirup udara yang sama sehingga saluran pernapasan mereka dapat terinfeksi oleh mikroorganisme yang sama pula. 

Tips menjaga kesehatan anak saat di sekolah

Seperti yang direkomendasikan oleh American Academy of Pediatrics, usahakan untuk rutin memeriksakan kesehatan anak mulai usia 3 hingga 21 tahun setiap setahun sekali. Tujuannya agar Anda dapat mengetahui bagaimana kesehatan anak ketika memasuki usia sekolah. Mulai dari berat badan, tinggi, ketajaman penglihatan, hingga tekanan darah mereka.

Tak hanya itu, beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar anak tetap sehat di sekolah, antara lain: 

1. Mencuci tangan

cuci tangan

Mencuci tangan adalah hal yang sederhana, tapi suka terlupakan. Padahal, cara ini efektif mencegah penyebaran mikroorganisme yang menempel pada kulit mereka. 

Ingatkan anak Anda agar terbiasa mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan berbagai aktivitas, seperti makan, pergi ke toilet, dan bersin selama 20 detik.

Jika anak merasa waktu itu terlalu lama, cobalah mengajak anak mencuci tangan sambil menyanyikan lagu Ampar-Ampar Pisang. Dengan begitu, anak tidak akan terlalu merasa bahwa waktu itu adalah waktu yang lamaAnda juga bisa membawakan anak hand sanitizer ke sekolah. 

2. Rutin sarapan pagi

sarapan pagi

Seperti yang dilansir dari Healthy Children, sarapan pagi sebelum berangkat sekolah adalah salah satu hal yang dapat membuat anak Anda tetap sehat saat sekolah. Dengan sarapan, anak Anda juga bisa berkonsentrasi lebih baik. 

Banyak anak yang suka melewatkan waktu makan pagi saat hari sekolah karena terburu-buru. Jika tidak ingin anak Anda melewatkan kebaikan dari sarapan pagi, cobalah untuk membuat makanan yang mudah dibawa dan tetap bernutrisi. 

Misalnya, snack bar yang mengandung kacang kedelai dan buah-buahan atau setangkup roti yang sudah ditambah dengan sayuran dan daging. 

3. Mengajak anak berolahraga

agar anak suka olahraga

Pada saat masuk usia sekolah, anak cenderung ingin bersantai di akhir pekan karena sudah lelah beraktivitas di hari-hari sebelumnya. Boleh saja membiarkannya bersantai, tapi jangan lupa untuk mengajak anak berolahraga juga. 

Jika mereka terlihat tak tertarik, coba bangkitkan minat anak dengan mengajaknya melakukan kegiatan fisik yang dia sukai. Misalnya, ketika buah hati Anda senang bermain di air, Anda bisa menggunakan hobi mereka itu untuk mengajaknya rutin berenang. 

4. Memperhatikan penggunaan ransel

anak pergi ke sekolah

Sekarang ini, beberapa sekolah menerapkan agar anak membawa buku paket untuk masing-masing pelajaran. Akibatnya, sang buah hati berisiko mempunyai postur tubuh yang buruk dan rentan terhadap cedera punggung dan bahu karena ransel terlalu berat.  

Agar anak Anda tetap sehat tanpa cedera, berikut tips menggunakan menggunakan ransel saat anak sekolah:

  • Pilihlah ransel dengan tali bahu yang lebar dan empuk agar bahu anak tetap nyaman. 
  • Mengatur ransel anak dengan benar, yaitu meletakkan barang yang paling berat di belakang (di dekat punggung) hingga ke tengah. Ransel tidak boleh memiliki berat lebih dari 10-20 persen dari berat anak Anda. 
  • Ingatkan anak untuk menggunakan kedua tali bahu karena memakai hanya satu strap ransel dapat menyebabkan cedera otot. 
  • Bila memungkinkan, gunakan tas koper agar mereka tidak perlu membawa beban di tubuh mereka. 

Walaupun demikian, kebanyakan sekolah telah menyediakan fasilitas loker agar anak Anda bisa menyimpan beberapa buku yang mungkin tidak diperlukan di rumah. 

5. Tidur cukup

Hampir semua anak kurang suka tidur siang karena mengurangi waktu bermain mereka. Padahal, tidur siang dengan durasi yang tepat membawa manfaat bagi anak Anda. Di sisi lain, tidur siang terlalu lama juga akan memengaruhi jam tidurnya di malam hari.

Cobalah mengatur jam tidur anak Anda dan pertahankan setiap malamnya. Ada beberapa aktivitas sebelum tidur yang mungkin bisa Anda coba agar mereka tenang dan mudah terlelap, seperti:

  • Mandi dengan air hangat
  • Membiasakan mereka untuk mematikan ponsel atau gadget pada malam hari
  • Membacakan dongeng sebelum tidur 

Memiliki waktu tidur yang cukup akan membuat anak Anda dapat mengeluarkan kemampuan terbaik mereka di sekolah tanpa disergap rasa kantuk. 

Anak yang sehat saat sekolah tentu akan membuat Anda sebagai orangtua tidak merasa terlalu cemas. Jangan lupa untuk rutin memeriksa kesehatan buah hati dan jagalah kesehatan diri Anda agar tetap dapat memperhatikan anak Anda. 

Sumber Foto: Road Affair

The post 5 Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat di Sekolah appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2zwxGxs


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar