5 Manfaat Ngemil Kedelai Sebelum Olahraga yang Sayang Dilewatkan

Sebelum berolahraga, Anda memerlukan nutrisi seperti protein, untuk memberikan stamina selama beraktivitas berat. Nah, kalau Anda merasa daging, ikan, atau telur terlalu berat untuk dimakan sebelum olahraga, Anda bisa menggantinya dengan snack kedelai. Apa saja manfaat ngemil kedelai sebelum olahraga? Simak ulasannya di sini!

Manfaat ngemil kacang kedelai sebelum olahraga

1. Membantu membakar lemak lebih banyak

edamame kedelai

Kedelai merupakan makanan yang rendah nilai indeks glikemiknya. Indeks glikemik (IG) sendiri adalah nilai yang mengukur seberapa cepat karbohidrat dari makanan diubah jadi gula dalam tubuh. Menurut penelitian dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition tahun 2013, makan snack dengan nilai IG rendah sebelum olahraga bisa menunjang pembakaran lemak lebih efektif. 

Ini karena saat berolahraga, tubuh mendapatkan energi dari hasil oksidasi karbohidrat serta lemak. Nah, makan camilan rendah IG bisa memaksimalkan oksidasi lemak, sehingga lemak pun banyak diubah jadi energi, tak lagi menumpuk dalam tubuh. Anda juga jadi lebih bertenaga untuk olahraga.

2. Menambah massa otot

cara membentuk otot

Bagi Anda yang ingin membentuk otot melalui olahraga, jangan lupa mengonsumsi makanan berprotein tinggi seperti kedelai sebelum melakukan aktivitas fisik.

Sebuah penelitian yang melibatkan para atlet pria menemukan peningkatan massa tubuh tanpa lemak. Selama 9 minggu, para atlet diberikan 33 gram kacang kedelai saat menjalani training.

Selain kedelai, mereka juga diberikan whey protein sebagai pembandingnya. Walaupun keduanya menunjukkan hasil yang sama, kedelai memiliki manfaat tambahan, yaitu memberikan antioksidan bagi para peserta.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk makan snack kedelai sebelum olahraga. Selain itu, usahakan untuk mengonsumsinya 2-3 jam sebelum melakukan aktivitas fisik. Hal ini supaya Anda tidak sakit perut atau mual karena olahraga sehabis makan.

2. Sumber energi yang tak bikin gemuk

kacang kedelai

Manfaat ngemil kedelai sebelum olahraga lainnya yaitu membantu menurunkan atau menjaga berat badan.

Ini dikarenakan kedelai masuk dalam kategori makanan dengan nilai indeks glikemik yang rendah. Kabar baiknya, makanan dengan kandungan IG yang rendah membantu Anda menurunkan berat badan.

Seperti yang dilansir dari Mayoclinic, sebuah penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan berat badan pada orang-orang yang menjalani diet IG yang rendah yaitu pada rentang 1-55.

Nah, karena kedelai termasuk dalam kategori IG yang rendah (sekitar 16-34), Anda bisa memilihnya sebagai pengisi energi sebelum olahraga yang tidak bikin gemuk. Jika Anda ingin menjaga atau menurunkan berat badan, sangat disarankan untuk mengubah pola makan serta melakukan olahraga agar keduanya seimbang.

3. Meningkatkan performa berolahraga

semangat olahraga

Kandungan isoflavon yang ada pada kedelai ternyata bisa menambah performa Anda saat berolahraga. Zat ini memproduksi antioksidan yang nantinya mempercepat proses pemulihan sel dan mengurangi rasa nyeri serta peradangan otot. Oleh karena itu, mengonsumsi kedelai sebelum berolahraga bisa jadi cara bijak untuk membantu fungsi otot.

Di samping itu, ngemil kedelai sebelum olahraga menyediakan sumber energi yang cukup dari kandungan karbohidrat serta protein. Dengan energi yang cukup, tubuh pun bisa berolahraga lebih maksimal.

4. Membantu melancarkan aliran darah

olahraga kardio bukan lari

Ketika berolahraga, tubuh memerlukan aliran darah yang lancar agar setiap organ bisa berfungsi dengan baik. Kabar baiknya, kedelai adalah salah satu sumber pangan yang mengandung arginine. Arginine adalah asam amino, yaitu pembentuk protein, yang punya khasiat penting dalam melancarkan aliran darah.

Karena itu, ngemil kedelai sebelum berolahraga dapat membantu mendukung sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh, misalnya otak, otot, jantung, dan paru-paru.

Nah, bagaimana? Setelah mengetahui apa saja manfaat ngemil kedelai sebelum olahraga, cobalah untuk mengganti camilan Anda dengan kedelai. Selain sehat, mengganti protein hewani dengan kacang-kacangan bukanlah hal yang buruk. 

The post 5 Manfaat Ngemil Kedelai Sebelum Olahraga yang Sayang Dilewatkan appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2ZrLBUL


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar