4 Cara Sehat Memberi Tahu Pasangan Ketika Anda Sedang Jenuh

Saat jenuh melanda hubungan Anda, cara terbaik untuk mengatasinya tentu saja membicarakannya. Namun, cara berkomunikasi yang tidak tepat justru dapat menimbulkan konflik dalam hubungan. Lantas, bagaimana cara tepat menyampaikan isi hati ketika Anda merasa jenuh dengan pasangan?

Cara menyampaikan ketika kita jenuh dengan pasangan

Rasa jenuh tidak selalu membawa hubungan dalam episode yang buruk. Bila disampaikan dengan tepat, Anda dan pasangan dapat menjadikannya motivasi untuk membuat hubungan terasa lebih berwarna.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menyampaikan rasa jenuh kepada pasangan.

1. Memahami bahwa rasa jenuh adalah normal

Tidak ada satu pun hubungan yang sempurna. Hubungan paling harmonis sekalipun tidak akan terlepas dari rasa jenuh. Inilah yang perlu Anda pahami dengan baik ketika merasa jenuh dengan pasangan.

Setelah itu, barulah Anda bisa menentukan waktu yang tepat untuk menyampaikan perasaan Anda. Kesimpulan yang Anda dapatkan dari komunikasi bersama pasangan akan menentukan apakah Anda dan pasangan memang cocok satu sama lain dan mampu melalui hal ini atau tidak.

2. Mengenali jenis rasa jenuh yang Anda alami

Rasa jenuh tidak hanya muncul begitu saja. Ketika merasa jenuh dengan pasangan, tentu terdapat berbagai faktor yang menjadi pemicunya. Faktor-faktor ini dapat memunculkan perasaan jenuh yang beragam.

Perasaan jenuh terbagi menjadi lima kategori, yakni:

  • Indifferent boredom, yakni rasa jenuh yang menenangkan. Rasa jenuh ini tidak menunjukkan masalah pada hubungan, tapi justru menandakan bahwa Anda perlu mendekatkan diri dengan pasangan.
  • Calibrating boredom, yakni rasa jenuh yang membuat Anda merasa tidak tahu harus melakukan apa karena segalanya terasa sama. Anda dan pasangan perlu melakukan sesuatu yang berbeda yang membuat hubungan kembali berwarna.
  • Searching boredom, atau rasa jenuh yang membuat Anda merasa perlu melakukan aktivitas baru. Ketika mengalami rasa jenuh ini dengan pasangan, cobalah memberi waktu bagi diri sendiri/masing-masing terlebih dulu.
  • Reactant boredom, yaitu rasa jenuh cenderung ekstrem yang membuat Anda ingin meninggalkan suatu situasi. Rasa jenuh ini mungkin membuat Anda sering komplain atau melebih-lebihkan masalah kepada pasangan.
  • Apathetic boredom, atau perasaan jenuh paling tidak menyenangkan yang membuat Anda kehilangan gairah untuk melakukan apa pun. Kondisi ini juga dapat menandakan frustrasi hingga depresi.

3. Memastikan bagaimana perasaan pasangan Anda

Untuk bisa membahas topik sensitif seperti rasa jenuh dalam hubungan, Anda dan pasangan harus berada dalam sudut pandang yang sama. Cara mengetahuinya adalah dengan bertanya kepada pasangan Anda apakah ia merasakan hal serupa.

Terkadang, emosi yang Anda rasakan ketika jenuh dengan pasangan bisa jadi berasal dari diri Anda sendiri. Terlebih lagi jika mood Anda sedang buruk, atau Anda melihat hubungan orang lain tampak lebih menyenangkan.

4. Jujur dan terbuka

Ketika merasa jenuh dengan pasangan, cara terbaik untuk menyampaikannya adalah dengan bersikap jujur dan terbuka. Sampaikan semua yang Anda rasakan, serta segala hal yang menurut Anda menjadi masalah dalam hubungan.

Namun, pastikan Anda menggunakan pilihan kata yang tepat agar pasangan tidak merasa tersinggung. Ada perbedaan jelas antara menyampaikan rasa bosan dan mengatakan bahwa pasangan Anda membosankan. 

Ketika merasa jenuh dengan pasangan, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengenali rasa jenuh tersebut serta pemicunya. Langkah ini akan sangat membantu Anda dalam menyampaikan apa yang Anda rasa.

Apa yang Anda sampaikan dapat menentukan masa depan hubungan Anda. Jadi, cobalah menyampaikannya sebaik mungkin agar Anda dan pasangan bisa menemukan solusinya bersama-sama.

The post 4 Cara Sehat Memberi Tahu Pasangan Ketika Anda Sedang Jenuh appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2TYCg0E


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar