Yoga di Luar vs. di Dalam Ruangan: Sama-Sama Bermanfaat

Pada dasarnya, olahraga merupakan aktivitas fisik yang bisa dilakukan di mana saja, tergantung jenisnya. Salah satu jenis olahraga yang paling diminati orang adalah yoga karena bisa dilakukan di luar ruangan dan dalam rumah. Namun, di manakah yoga yang lebih baik?

Yoga di luar ruangan dapat meningkatkan fokus dan lebih rileks

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2013, olahraga di luar ruangan terbukti memiliki berbagai keuntungan. Mulai dari mengurangi stres, meningkatkan mood, hingga mendukung kesehatan mental yang lebih baik. 

Penelitian tersebut, juga menyebutkan bahwa setelah lima menit berolahraga di luar ruangan, suasana hati jauh lebih baik. Hal ini juga sekaligus dapat meningkatkan kepercayaan diri.  

Lantas, bagaimana dengan yoga? Manfaat apa saja jika yoga di lakukan di alam terbuka? 

1. Mengisi tenaga 

yoga berpasangan

Pada saat Anda menghabiskan waktu di luar ruangan, otak akan mengirimkan sinyal bahwa tubuh sedang berada di lingkungan alaminya. Selain itu, sistem saraf akan mengatur untuk tetap waspada dan terjaga. 

Oleh karena itu, tidak jarang ketika Anda melakukan yoga atau olahraga lainnya di luar ruangan, Anda akan merasa lebih berenergi dan bersemangat. 

2. Membangkitkan kebahagiaan

yoga untuk anak dengan autisme

Pernahkah Anda merasa bahagia ketika melakukan yoga sambil melihat pemandangan yang indah?

Para peneliti dari California mengungkapkan saat Anda sedang mengagumi pemandangan di luar, tubuh melepaskan hormon endorfin. Hormon ini mengurangi efek sakit dan menimbulkan perasaan tenang, senang, serta bahagia.

Selain itu, udara yang segar juga membuat kesehatan paru Anda lebih baik. Anda menghirup udara segar dan merasakan oksigen tersebut mengalir di dalam tubuh Anda. Hal ini dapat membantu Anda berpikir lebih jernih. 

Yoga yang dilakukan di permukaan yang sedikit tidak rata, seperti pasir atau tanah biasa, juga dapat memperkuat otot inti tubuh Anda. Tidak hanya itu, kemampuan sensorik Anda pun meningkat dengan menyentuh hamparan rumput atau pasir. 

3. Membuat Anda lebih percaya diri

Pada awalnya, mungkin akan terasa canggung ketika sendirian melakukan yoga di luar ruangan. Akan tetapi, keluar dari zona nyaman justru dapat membuka hal-hal baru dari latihan yoga Anda. 

Alih-alih berlatih yoga di rumah, Anda juga bisa memanfaatkan vitamin D dari sinar matahari ketika melakukan yoga di alam terbuka. 

4. Memperoleh manfaat meditasi

Seperti yang dilansir dari Yoga Journal, orang yang rutin melakukan meditasi ternyata memiliki amygdala lebih kecil daripada orang biasa. Amygdala adalah salah satu bagian dari otak yang bertanggung jawab dalam menghasilkan emosi. 

Nah, orang yang lebih sering terpapar udara segar dari alam memiliki hormon stres, yaitu kortisol, yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tinggal di lingkungan perkotaan. Ini berlaku juga ketika Anda melakukan yoga di luar ruangan.

Yoga di rumah sama bermanfaatnya dengan luar ruangan

manfaat yoga, meningkatkan kehidupan seks

Walaupun yoga di tengah-tengah alam menawarkan kesehatan yang lebih baik, kadang hal itu juga bisa tidak dilakukan. Entah karena polusi udara atau cuaca buruk.

Oleh karena itu, yoga di dalam ruangan atau rumah Anda menjadi alternatif ketika sedang hujan atau tingkat polusi sedang tinggi. 

Selain itu, karena di dalam ruangan lantainya cenderung lebih rata dibandingkan tanah atau pasir, Anda lebih mudah mempraktikan teknik yoga yang baru dan mungkin lebih ekstrem, tentunya di bawah pengawasan ahli.

Tidak hanya itu, Anda yang memiliki alergi serbuk sari atau debu mungkin lebih memilih aman untuk melakukan yoga di dalam ruangan. Sebab, bukannya sehat, yoga di luar ruangan juga bisa berpotensi buruk bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan tertentu.

The post Yoga di Luar vs. di Dalam Ruangan: Sama-Sama Bermanfaat appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/333lB0n


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar