Mengenal Susu Organik, Sumber Antioksidan yang Kaya Manfaat Bagi Anak

Susu sapi organik adalah salah satu sumber kebutuhan nutrisi yang baik. Ini karena susu organik diproses secara alami tanpa tambahan bahan kimia. Terlebih lagi, kandungan antioksidan pada susu sapi organik dinilai lebih tinggi ketimbang susu sapi biasa. Memangnya apa manfaat yang bisa diperoleh dari antioksidan pada susu sapi organik ini untuk anak? Cari tahu dalam ulasan berikut ini, yuk.

Mengenal antioksidan lebih dalam

anak belajar makan

Penting untuk memahami apa itu antioksidan, sebelum mencari tahu manfaatnya pada susu organik. Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan molekul tidak stabil yang bisa datang dari polusi, pestisida, zat-zat kimia berbahaya, obat-obatan, maupun radiasi.

Sebenarnya tubuh memiliki kemampuan khusus untuk memproduksi antioksidan sendiri. Sayangnya jumlah antioksidan yang bisa dihasilkan tubuh tidak terlalu banyak. Maka itu, kehadiran antioksidan di dalam tubuh dari sumber makanan atau minuman alami mengemban tugas penting untuk menjaga kesehatan anak setiap harinya.

Untuk memenuhi kebutuhan antioksidan anak, orangtua bisa memberikan susu sapi organik. Menurut Journal of the Science of Food and Agriculture, susu sapi organik mengandung lebih banyak antioksidan ketimbang susu sapi biasa.

Apa manfaat antioksidan pada susu organik untuk anak?

cara memilih susu

Tidak kalah dengan karbohidrat, lemak, maupun protein, kandungan antioksidan juga penting untuk dihadirkan dalam sumber makanan. Termasuk di dalam susu sapi organik, yang kini telah menjadi salah satu pilihan alami yang patut dipertimbangkan di antara beragam jenis susu lainnya.

Penasaran untuk mendalami beragam manfaat antioksidan pada susu organik? Berikut penjelasannya:

1. Membantu melawan radikal bebas

Seperti yang telah diulas sebelumnya, antioksidan adalah senyawa yang bertugas untuk menetralkan sekaligus melawan serangan radikal bebas. Pasalnya, memang tidak menutup kemungkinan bahwa terlalu sering terpapar radikal bebas dapat membawa efek yang buruk bagi tubuh anak.

Bahkan nyatanya, tubuh manusia pun juga menghasilkan radikal bebas. Gabungan radikal bebas dari luar dan dalam ini dapat membuat tubuh anak mengalami stres oksidatif, yaitu kondisi di mana jumlah radikal bebas lebih banyak daripada antioksidan. Jika dibiarkan, kondisi tersebut bisa membuat anak lebih rentan terhadap penyakit.

Kabar baiknya, penelitian dalam British Journal of Nutrition tahun 2016 mengungkapkan bahwa susu organik memiliki kandungan alfa-tokoferol yang tinggi.

Alfa-tokoferol adalah salah satu jenis antioksidan yang juga dikenal dengan sebutan vitamin E. Dengan rutin memberikan susu sapi organik pada anak, ia bisa mendapatkan manfaat alfa-tokoferol sebagai antioksidan yang bisa melawan radikal bebas.

2. Mengoptimalkan kesehatan pembuluh darah

Sebuah penelitian tahun 2010 dalam American Journal of Therapeutics menemukan manfaat antioksidan untuk memelihara kesehatan jantung serta pembuluh darah manusia.

Antioksidan terbukti mampu mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah. Pembuluh darah yang sehat dan lancar memungkinkan organ-organ tubuh anak terpelihara dengan baik. Ini karena pembuluh darah yang lancar dapat memaksimalkan distribusi oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh anak.

Karenanya, memperbanyak konsumsi makanan maupun minuman yang kaya antioksidan juga turut berperan dalam menjaga kesehatan organ tubuh anak. Asupan antioksidan alami dan sehat bisa didapatkan dari susu sapi organik.

3. Memelihara sel-sel tubuh

Selain dua manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, kandungan antioksidan pada susu organik untuk anak juga berperan dalam mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

Seperti yang sudah sempat dijelaskan, peningkatan jumlah radikal bebas yang tidak terkontrol dapat menimbulkan stres oksidatif. Hal inilah yang kemudian bisa mengarah pada berbagai kerusakan sel-sel tubuh.

Padahal, dalam masa perkembangannya, anak sangat bergantung pada fungsi sel tubuh yang optimal. Terutama sel-sel pada saraf otak, tulang dan otot, mata, serta darah. Dengan sel-sel tubuh yang sehat dan terawat, tumbuh kembang anak pun terjamin.

Itulah mengapa kandungan antioksidan pada susu organik sangat penting bagi si kecil. Agar manfaat antioksidan jadi maksimal, berikan si kecil susu sapi organik secara rutin tiap hari.

The post Mengenal Susu Organik, Sumber Antioksidan yang Kaya Manfaat Bagi Anak appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/30V1bVe


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar