Langkah Jitu Mengatasi Bau Mulut Dengan Obat Medis dan Cara Rumahan

Bau mulut memang mengganggu. Selain tak nyaman, bau mulut juga bisa bikin nyali ciut untuk sekadar mengobrol dengan orang di sekitar. Namun, jangan biarkan bau mulut mengganggu aktivitas Anda. Sejumlah obat medis dan alami di bawah ini dapat dicoba untuk menghilangkan bau mulut membandel.

Obat alami untuk bau mulut

Setiap orang pasti pernah mengalami bau mulut. Beberapa orang ada yang menyadarinya tanpa perlu diberi tahu. Sementara lainnya mungkin mengalami masalah ini bertahun-tahun tanpa pernah tersadar.

Penyebab kondisi ini pun ada banyak. Mulai dari kebersihan gigi yang buruk hingga tanda dari suatu penyakit. Apa pun itu, bau mulut harus segera diatasi.

Beragam obat alami ala rumahan di bawah ini dapat Anda coba untuk atasi bau mulut yang membandel.

1. Rajin sikat gigi

penyebab bau mulut

Penyebab paling sering dari bau mulut adalah gigi yang kotor. Maka, cara paling sederhana untuk menumpas bau mulut adalah dengan rajin sikat gigi setiap hari.

Pastikan Anda menyikat gigi dua kali sehari pada pagi dan malam sebelum tidur, ditambah setelah makan.

Agar gigi dan mulut benar-benar terjamin bersih, Anda juga butuh flossing. Flossing adalah teknik membersihkan sela-sela gigi dengan benang. Flossing dapat menghilangkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela gigi dan sulit dijangkau bulu sikat.

Selain itu, jangan lupa untuk rutin membersihkan lidah menggunakan alat penggosok lidah. Ingat, lidah Anda juga sumber bakteri, lho! Bila Anda jarang membersihkannya, bakteri akan terus menumpuk hingga menyebabkan mulut berbau tak sedap.

2. Banyak minum air putih

minum air putih menghilangkan batu ginjal

Jarang minum air putih akan membuat mulut Anda kering. Akibatnya, produksi air liur di dalam mulut pun terganggu. Bila produksi air liur di dalam mulut berkurang, sisa makanan akan menumpuk di dalam mulut dan membuat bau.

Air liur justru penting untuk membantu melembapkan mulut dan membilas sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan gigi.

Nah, banyak minum air putih merupakan solusi terbaik untuk mencegah mulut kering. Hal ini secara tidak langsung juga jadi obat alami untuk menghilangkan bau mulut. Aroma napas Anda pun jadi lebih segar alami.

3. Makan buah apel

makan buah

Buah apel juga bisa jadi obat alami untuk membantu menghilangkan bau mulut. Ya, selain kaya serat yang bikin cepat kenyang, apel juga bisa membuat napas jadi lebih segar.

Mengunyah buah apel dapat membuat mulut lebih banyak menghasilkan air liur. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari risiko mulut kering, si penyebab utama bau mulut.

Anda juga bisa makan buah pir supaya produksi air liur Anda melimpah.

4. Yogurt

probiotik makan yogurt

Sejumlah penelitian menunjukkan yogurt dapat dijadikan obat alami untuk membantu meredakan bau mulut. Kandungan probiotik dalam yogurt ampuh untuk membasmi bakteri jahat di dalam mulut.

Lebih jauh, probiotik dalam yogurt juga mampu menurunkan kadar hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh bakteri jahat. Hidrogen sulfida inilah yang menyebabkan keluarnya bau tidak sedap dari mulut Anda.

Pilihlah yogurt yang plain alias tanpa rasa. Yogurt dengan beragam rasa cenderung mengandung gula tambahan, yang dapat mengundang bakteri dalam mulut.

Obat medis untuk menghilangkan bau mulut

Ada pula pilihan obat medis yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bau mulut. Berikut daftarnya:

1. Obat kumur

pakai obat kumur

Selain harus rajin sikat gigi dan flossing setiap hari, Anda juga bisa pakai obat kumur untuk menghilangkan bau mulut.

Anda dapat menggunakan obat kumur yang mengandung cetylpyridinium chloride (Cepacol) dan chlorhexidine (Peridex). Kedua senyawa tersebut dapat membantu mengurangi senyawa penyebab bau tak sedap di mulut.

Ada banyak obat kumur dengan berbagai merek di pasaran. Namun, obat kumur yang mengandung chlorhexidine dan cetylpyridinium chloride umumnya hanya tersedia dengan resep dokter. Sementara hidrogen peroksida biasanya dijual bebas di apotek atau swalayan.

Baik dengan atau tanpa resep dokter, selalu gunakan obat kumur sesuai aturan yang dianjurkan. Obat yang digunakan sembarangan dapat menyebabkan efek samping berbahaya.

Maka dari itu, selalu baca dengan teliti petunjuk pemakaian setiap obat yang akan Anda gunakan. Bila Anda tidak paham betul dengan aturan pakainya, jangan ragu untuk bertanya langsung ke dokter.

2. Pasta gigi khusus

Pasta gigi yang Anda gunakan dapat menentukan seperti apa aroma napas Anda. Pertimbangkan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride sebagai obat untuk menghilangkan bau mulut.

Fluorida adalah mineral alami yang berguna untuk menjaga dan melindungi gigi dari kerusakan. Menurut Hadie Rifai, juru bicara dari American Dental Association, pasta gigi terbaik adalah yang mengandung minimal 1.000 ppm fluorida.

Pasta gigi yang mengandung triclosan juga dapat membantu mencegah pertumbuhan plak penyebab bau mulut dan penyakit gusi.

Pastikan pasta gigi yang Anda beli sudah mendapat persetujuan dari American Dental Association atau BPOM RI.

3. Semprotan penyegar napas

mencegah bau mulut

Obat semprot penyegar napas dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut membandel di saat-saat mendesak.

Caranya praktis. Anda cukup menyemprotkannya langsung ke rongga mulut. Tunggu sebentar, kemudian bau mulut pun menghilang dan napas Anda menjadi lebih segar.

Pastikan obat semprot yang Anda beli sudah terdaftar oleh Badan POM untuk memastikan keamanannya.

The post Langkah Jitu Mengatasi Bau Mulut Dengan Obat Medis dan Cara Rumahan appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/30XOysx


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar