Kulit Kaki Melepuh karena Kebanyakan Jalan, Ini 4 Tips untuk Mencegahnya

Membayangkan seharian berjalan-jalan mengitari mal, pasti membuat kaki pegal. Bukan hanya itu, kulit kaki juga bisa melepuh. Entah itu di dekat tumit maupun sekitar kelingking atau jempol kaki. Anda tentu tidak mau, hal ini terjadi, bukan? Jangan khawatir, ikuti beberapa cara untuk mencegah kaki melepuh akibat kebanyakan jalan di bawah ini.

Cara mencegah kaki melepuh akibat kebanyakan jalan

Kebanyakan jalan kaki bisa membuat kulit kaki Anda melepuh. Kondisi ini terjadi akibat kulit iritasi karena gesekan dan tekanan secara terus-menerus. Biasanya, hal ini terjadi jika sepatu atau flat shoes yang Anda pakai ukurannya sempit.

Gesekan dan tekanan antara kulit dan sepatu menyebabkan kerusakan kecil pada jaringan di bawah kulit. Kemudian, cairan akan menumpuk tepat di lapisan tersebut.

Kadang, lepuhan juga bisa berisi darah jika sampai melukai pembuluh darah kecil di sekitar kaki.

Jika diperhatikan, lepuhan ini membentuk benjolan kecil transparan yang terasa lembut dan perih ketika disentuh. Supaya jalan-jalan Anda tidak terganggu, ikuti cara mencegah kaki melepuh yang dikutip dari laman Cleveland Clinic berikut ini.

1. Pilih sepatu yang cocok

Pergi jalan-jalan, tidak hanya mementingkan gaya berpakaian tapi juga kenyamanan. Salah satunya, pilihan sepatu yang akan digunakan.

Cara pertama mencegah kaki melepuh akibat salah pilih alas kaki, pilihlah sepatu yang tidak sempit. Berikan sedikit ruang sisa ketika menggunakan sepatu. Dengan begitu, akan memberikan sedikit kelegaan dan mempermudah kaki ketika berjalan. Gesekan yang terjadi juga jadi lebih sedikit.

Hindari penggunaan sepatu yang masih baru untuk berjalan dalam waktu lama, terutama yang ukurannya sangat pas untuk kaki.

2. Oleskan pelembap pada kaki

Cara mencegah kaki melepuh selanjutnya adalah memakai pelembap kaki. Pelembap dapat bekerja sebagai pelumas yang melindungi kelembapan sekaligus meminimalisir terjadinya gesekan antara sepatu dengan kulit kaki.

Anda bisa menggunakan petroleum jelly, bedak, dan antiperspirant kaki yang mengandung aluminium klorida. Ketiga produk tersebut sering digunakan oleh atlet lari untuk menjaga kaki tetap kering sekaligus mencegah terbentuknya lepuhan di kaki selama mereka berlatih.

pelembap untuk kulit kering

3. Pakai kaus kaki

Selain pakai pelembap, Anda juga bisa mencegah kulit kaki melepuh dengan cara pakai kaus kaki yang tepat. Pilih kaus kaki yang berbahan lembut agar kulit tidak juga bergesekan dengan  kaus kaki. Anda bisa menggunakan kaus kaki berbahan akrilik atau polypropylene.

Sebelum memakainya untuk jalan jauh, gunakan lebih dahulu kaus kaki tersebut. Cobalah apakah kaus kaki tersebut membuat sepatu Anda terasa sempit atau tidak. Jika iya, pilihlah kaus kaki yang lebih tipis.

4. Pakai plester

Kaus kaki bukan satu-satunya pilihan untuk melindungi kulit kaki dari gesekan. Anda bisa menggunakan plester penutup luka pada kaki sebagai salah satu cara mencegah kulit kaki melepuh.

Gunakan di area yang rentan mendapatkan gesekan, yakni sekitar tumit dan bagian jari kelingking.

5. Beristirahat dan bawa sandal untuk cadangan

Cara mencegah kulit kaki melepuh yang terakhir adalah dengan beristirahat. Jika Anda mulai merasakan tidak nyaman pada area kaki Anda, berhentilah berjalan.

Penting pula untuk membawa sandal cadangan agar ketika merasakan sakit dan melepuh pada kaki akibat kebanyakan jalan Anda bisa menggantinya.

Memakai sandal bisa membuat menghindarkan kaki Anda dari gesekan, keringat, dan udara yang lembap.

The post Kulit Kaki Melepuh karena Kebanyakan Jalan, Ini 4 Tips untuk Mencegahnya appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2Mmhvu5


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar