Kebaikan Susu Organik untuk Memenuhi Kebutuhan Energi Anak

Bahan pangan organik semakin diminati karena dinilai lebih sehat dan aman. Sayuran dan buah-buahan organik mungkin sudah sering ditemui. Namun, bagaimana dengan susu sapi organik? Selain membantu menjaga daya tahan tubuh, susu organik juga bermanfaat untuk memenuhi asupan energi anak Anda.

Hal ini tentu jadi kabar baik bagi Anda yang punya anak aktif dengan segudang aktivitas yang harus mereka lakukan setiap hari. Yuk, kenali lebih jauh manfaat susu organik untuk kesehatan anak dalam ulasan berikut.

Mengenal susu organik

Susu organik adalah susu yang bebas bahan kimia tambahan. Ya, proses pengolahan susu sapi ini melibatkan pengawasan yang sangat ketat.

Sapi perah diberi makan rumput organik yang bebas dari pestisida dan pupuk kimia. Air minum sapi perah juga harus dipastikan bersih dan tidak tercemar senyawa kimia yang berbahaya. Sapi perah organik juga tidak diberikan antibiotik atau suntik hormon pertumbuhan.

Intinya, baik pakan dan lingkungan hidup sapi perah organik harus memiliki kualitas yang sangat baik dan alami. Tak heran bila manfaat susu organik untuk kesehatan anak lebih banyak daripada susu biasa.

Susu organik untuk sumber energi anak

Anak aktif biasanya tidak mengenal kata capek. Mereka senang bergerak ke sana kemari untuk melakukan berbagai aktivitas. Nah, semakin banyak aktivitas anak, maka kebutuhan kalorinya juga semakin meningkat.

Ya, anak aktif cenderung membakar lebih banyak kalori daripada anak-anak lain yang hanya melakukan sedikit aktivitas. Maka dari itu, Anda harus pintar-pintar dalam memilih asupan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Tak perlu khawatir, susu organik bisa jadi solusi untuk memenuhi asupan nutrisi si kecil. Kandungan nutrisi susu sapi organik lebih kaya dari susu biasa, sehingga bisa membantu mencukupi asupan kalori untuk anak yang banyak bergerak dan berkegiatan. Anak pun jadi makin bersemangat untuk bereksplorasi dan belajar dari lingkungan sekitar.

Beberapa nutrisi dalam segelas susu organik yang bisa membantu meningkatkan energi anak di antaranya:

  • Zat besi
  • Protein
  • Asam lemak omega 3
  • Vitamin B12

Berdasarkan nutrisi yang terkandung di dalamnya, berikut sejumlah manfaat susu organik untuk memenuhi asupan energi si kecil.

Zat besi

Tubuh kita membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Tanpa zat besi, tubuh anak tidak bisa memproduksi sel darah yang merah yang memadai. Ini artinya, sel-sel di dalam tubuh anak tidak akan mendapatkan asupan oksigen yang cukup.

Kalau sudah begini, anak akan lebih rentan mengalami anemia defisiensi besi. Anemia definisiensi besi dapat membuat tubuh anak kekurangan darah yang kaya oksigen. Akibatnya tubuh anak lemas, tidak bertenaga, dan anak jadi gampang sakit.

Kabar baiknya, susu organik mengandung zat besi yang lebih banyak dari susu biasa. Kandungan zat besi di dalamnya dapat memberikan asupan energi supaya anak lebih leluasa bergerak ke sana dan kemari. Manfaat susu organik untuk sumber energi anak ini tentu sayang bila dilewatkan.

Protein

Anda dapat memenuhi asupan protein anak dari susu organik. Protein terutama sangat penting bagi pembentukan dan pemeliharaan otot anak. Apalagi jika si kecil sangat aktif dan lincah bergerak. Dengan otot yang sehat dan kuat, anak pun bebas beraktivitas dengan penuh tenaga.

Selain itu, kandungan protein dalam susu organik juga memiliki manfaat sebagai sumber candangan energi untuk tubuh anak.

Ketika pasokan karbohidrat tidak dapat memenuhi kebutuhan energi tubuh, protein dapat berfungsi sebagai bahan bakar alternatif. Selain itu, tubuh Anda juga akan memecah jaringan protein untuk melepaskan asam amino yang digunakan untuk membuat glukosa sebagai energi.

Asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 merupakan asam lemak tak jenuh ganda yang dibutuhkan untuk metabolisme dalam tubuh. Metabolisme adalah proses mengolah nutrisi, termasuk lemak, menjadi sumber energi.

Sebelum menjadi sumber energi, asam lemak harus disalurkan terlebih dahulu ke dalam sel-sel tubuh melalui darah. Setelah itu, asam lemak akan diurai melalui proses beta-oksidasi. Proses beta-oksidasi akan memecah lemak menjadi sumber energi bagi organ-organ tubuh.

Sayangnya, tubuh kita tidak dapat menghasilkan asam lemak omega 3. Alhasil kita harus mendapatkannya dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari.

Salah satu sumber asam lemak omega 3 yang baik untuk tubuh berasal dari susu organik. Penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa susu organik kaya akan asam lemak omega 3.

Dalam penelitian tersebut, susu organik diketahui mengandung 56% lebih banyak lemak omega 3 dibanding susu biasa. Nah, itu sebabnya susu organik dapat menjadi pilihan untuk membantu memenuhi kebutuhan energi anak.

Vitamin B12

Susu organik juga mengandung vitamin B12. Vitamin B12 berperan penting untuk membantu meningkatkan energi. Tak hanya itu, vitamin ini juga membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah.

Asupan sel darah merah yang memadai dapat membuat anak terhindar dari risiko penyakit anemia. Penyakit ini membuat anak lemah, lesu, dan tidak bertenaga. Maka itu, minum susu organik adalah salah satu solusi untuk memenuhi asupan vitamin B12 bagi anak yang punya segudang aktivitas.

Dengan begitu, anak dapat merasakan manfaat susu organik sebagai sumber energi bagi kegiatannya sehari-hari.

The post Kebaikan Susu Organik untuk Memenuhi Kebutuhan Energi Anak appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2GnOGK2


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar