5 Cara Mengatasi Gejala Psoriasis Akibat Cuaca Panas

Psoriasis membuat kulit Anda memiliki bercak merah, tebal, dan bersisik. Kondisi ini merupakan gangguan imun. Meski tidak menjadi pemicu langsung, cuaca panas, udara kering, dan paparan sinar matahari berlebihan dapat memperburuk gejala psoriasis. Kabar baiknya, ada beberapa cara yang cukup ampuh untuk mengatasi gejala psoriasis pada cuaca panas.

Cara mudah mengatasi gejala psoriasis saat cuaca panas

Langkah utama dalam mengatasi gejala psoriasis ketika cuaca panas adalah mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Untuk menunjang pengobatan, Anda juga bisa melakukan tips berikut ini.

1. Menjaga kelembapan kulit

Kulit penderita psoriasis lebih rentan mengalami kemerahan, kering, dan gatal saat cuaca panas. Kondisi ini tentu memperparah gejala dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Cara paling sederhana untuk mengatasi gejala psoriasis ketika cuaca sedang panas adalah dengan menjaga kelembapan kulit.

Mengutip National Psoriasis Foundation, penderita psoriasis dapat menjaga kelembapan kulitnya dengan cara berikut:

  • Mengoleskan krim atau salep khusus tanpa kandungan pewangi dan alkohol. Gunakan setiap sehabis mandi, membersihkan muka, dan mencuci tangan.
  • Mandi dengan air bersuhu suam-suam kuku.
  • Hindari sabun, sampo, atau produk sejenisnya yang mengandung pewangi.
  • Berendam dengan campuran air dan garam Epsom untuk mengatasi kulit kering dan gatal.
  • Batasi waktu mandi selama 15 menit agar kulit tidak kering.

2. Tidak menggaruk kulit yang gatal

Menggaruk bukanlah cara yang tepat untuk mengatasi psoriasis, apalagi ketika cuaca sedang panas dan membuat kulit kering.

Kulit Anda justru bisa terluka dan mengelupas. Bekas luka garuk akibat psoriasis pada kulit kepala bahkan dapat membuat rambut cepat rontok.

Cobalah oleskan krim mengandung asam salisilat untuk meredakan gejala tersebut. Asam salisilat mampu melembutkan bercak pada kulit yang terasa gatal, tapi jangan menggunakannya secara berlebihan atau terlalu lama.

berhenti menggaruk kulit

3. Membatasi waktu terkena sinar matahari

Sinar matahari memang bermanfaat meredakan gejala psoriasis pada sebagian penderita. Sayangnya, terlalu lama berada di bawah matahari bisa membuat kulit Anda terbakar yang akhirnya akan memperburuk gejala psoriasis.

Untuk itu, jangan lupa menggunakan tabir surya setiap kali bepergian pada cuaca panas. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih setiap dua jam sekali selama berada di luar. Tetaplah waspada terhadap tanda-tanda kulit terbakar matahari.

Konsultasikanlah dengan dokter Anda, berapa lama sebaiknya Anda berada di bawah matahari untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Mengenakan pakaian longgar yang berbahan ringan

Pakaian ketat dan tebal akan memerangkap panas. Tubuh pun meningkatkan produksi keringat untuk mendinginkan kembali suhu kulit. Bagi beberapa penderita, keringat bisa memicu gejala psoriasis dan membuatnya semakin parah.

Anda dapat mengatasi gejala psoriasis dengan mengenakan pakaian longgar berbahan ringan. Jenis pakaian ini membuat kulit Anda tetap bernapas dan tidak berkeringat secara berlebihan. Lindungi pula kepala dan wajah Anda dengan mengenakan topi.

5. Mengelola stres dengan baik

Saat stres, sistem kekebalan tubuh melepaskan lebih banyak senyawa kimia yang memicu peradangan. Peradangan dapat menyerang berbagai bagian tubuh, tak terkecuali kulit Anda.

Maka dari itu, pengelolaan stres menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi gejala psoriasis. Cobalah melakukan kegiatan yang Anda gemari, seperti yoga, berolahraga, atau berkonsultasi dengan tenaga kesehatan mental profesional bila perlu.

Psoriasis adalah penyakit yang dapat dipicu oleh banyak faktor, dari faktor medis berupa infeksi hingga yang sulit dihindari seperti cuaca panas. Gejala penyakit ini pun bisa begitu parah hingga menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Inilah sebabnya setiap penderita perlu memahami cara mengatasi gejala psoriasis. Selain meredakan gejala saat cuaca panas melanda, ragam cara tersebut juga akan membantu mencegah munculnya gejala di kemudian hari.

The post 5 Cara Mengatasi Gejala Psoriasis Akibat Cuaca Panas appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2MmCuNE


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar