3 Langkah Wajib Dalam Perawatan Kulit

Merawat kulit, terutama wajah, sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Nah, apakah selama ini langkah perawatan kulit Anda sudah benar? Atau selama ini Anda belum mulai perawatan apa pun karena sudah malas duluan saat mendengar soal repotnya merawat kulit?

Padahal, menjaga kesehatan kulit itu tidak perlu ribet. Bila dilakukan dengan benar dan secara rutin, tiga langkah saja sudah cukup untuk menjaga kulit tetap sehat.

Tiga langkah wajib dalam perawatan kulit

Pada dasarnya, prinsip perawatan kulit yang tepat itu mencakup membersihkan, menjaga kelembapan, dan melindungi. Karena itu, Anda bisa mengikuti tiga langkah perawatan kulit berikut ini:

1. Cuci muka dengan pembersih yang lembut, bebas sabun

Membersihkan wajah dapat dilakukan pada pagi hari saat bangun tidur untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel pada wajah selama Anda tidur. Lakukan lagi pada malam hari sebelum tidur untuk membersihkan riasan wajah (makeup) yang Anda gunakan seharian serta kotoran yang menempel pada wajah seperti partikel debu, polusi, dan kotoran lainnya akibat beraktivitas di luar ruangan.

Langkah perawatan kulit wajah dimulai dengan mencuci wajah Anda menggunakan pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menimbulkan iritasi seperti sabun atau pewangi tambahan yang berlebih. Pembersih wajah yang formulanya lembut dan ringan dapat membantu menjaga struktur lapisan kulit agar bekerja secara optimal dan kondisi kulit wajah Anda tetap sehat. Selain itu, pembersih wajah yang lembut umumnya cocok bagi semua jenis kulit.

Basahi wajah pakai air, lalu ratakan pembersih wajah pada seluruh permukaan wajah menggunakan ujung jemari Anda dengan gerakan memutar. Setelah itu, bilas wajah sampai tuntas dan keringkan menggunakan handuk dengan cara menepuk-nepukkannya pada wajah secara perlahan hingga kering.

2. Melembapkan kulit dengan moisturizer

Langkah perawatan kulit selanjutnya adalah melembapkan kulit. Langkah ini penting bagi semua orang dengan setiap jenis kulit. Artinya, Anda juga harus tepat memilih jenis pelembap yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Contohnya, bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak sebaiknya menggunakan pelembap yang ringan, tahan lama, dan yang terpenting tidak menyumbat pori-pori.Sementara, bagi Anda yang ingin menjaga kelembapan kulit kering, gunakan moisturizer yang dapat diserap dengan cepat oleh kulit Anda.

Moisturizer sangat membantu dalam mencegah kulit jadi kering. Dengan begitu, kulit pun akan terasa tetap lembut dan halus. Pelembap kulit ini paling efektif bekerja saat kulit masih sedikit basah, biasanya setelah mandi. Maka itu, segera oleskan pelembap setelah Anda selesai mandi.

3. Lindungi kulit dengan tabir surya

Menurut Cleveland Clinic,melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari sangatlah penting karena matahari memancarkan radiasi sinar ultraviolet (UV). Jika kulit dibiarkan terpapar radiasi UV dalam waktu lama tanpa perlindungan apa pun, kulit Anda dapat mengalami berbagai masalah. Mulai dari keriput, kusam, belang, muncul flek hitam, hingga meningkatkan risiko pertumbuhan sel kanker.

Sayangnya, sinar matahari tidak selalu bisa dihindari. Maka, salah satu langkah perawatan kulit yang juga penting dilakukan adalah menggunakan tabir surya (sunscreen) untuk melindungi kulit Anda.

Pilih tabir surya yang menawarkan SPF 30 atau lebih dan pastikan produk pilihan Anda dapat melindungi dari paparan radiasi sinar UVA dan UVB sekaligus.

Gunakan tabir surya setidaknya 15 menit sebelum keluar ruangan setiap hari. Bahkan saat Anda menggunakan pakaian tertutup atau matahari tak tampak, tetap gunakan tabir surya pada kulit wajah dan seluruh bagian tubuh. Jika dalam sehari Anda terpapar sinar matahari terus-menerus, gunakan tabir surya setiap dua jam sekali.

Nah, tiga langkah wajib dalam perawatan kulit tersebut cukup mudah, bukan? Yuk, saatnya mulai menjaga kesehatan kulit dengan membiasakan langkah-langkah tersebut setiap hari. Bila Anda punya keluhan khusus atau ada pertanyaan soal kondisi kulit, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit (dermatolog).

The post 3 Langkah Wajib Dalam Perawatan Kulit appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2Y8v0F2


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar