Selain Diabetes, Riset Temukan Khasiat Metformin untuk Degenerasi Makula

Degenerasi makula atau AMD (age-related macular degeneration) merupakan gangguan mata yang rentan terjadi pada manula. Kondisi ini menyebabkan kerusakan makula pada retina yang dapat berakhir dengan kebutaan. Baru-baru ini studi menunjukkan bahwa obat untuk diabetes, yaitu metformin, dapat membantu menyembuhkan degenerasi makula. Penasaran? Yuk, cari tahu lebih jelasnya berikut ini.

Studi mengenai metformin untuk mengobati degenerasi makula

Metformin adalah obat yang sering digunakan untuk mengobati penyakit diabetes tipe 2. Obat ini bekerja dengan menurunkan tekanan gula darah dan meningkatkan respons tubuh terhadap insulin.

Selain itu, obat ini juga membantu memperbaiki fungsi lapisan pembuluh darah, mengurangi stres oksidatif (akibat terlalu banyak radikal bebas), dan mengendalikan distribusi lemak.

Rupanya, tak hanya untuk diabetes, obat ini juga memiliki kegunaan lain.

Pada tahun 2018 lalu, peneliti dari Taichung Veterans General Hospital di Taiwan melaporkan hasil temuannya mengenai metformin yang ternyata berguna untuk degenerasi makula.

Hasil studi ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan yang diselenggarakan oleh American Academy of Ophthalmology di Chicago.

Sebanyak 45.524 pasien diabetes diminta untuk menggunakan metformin sebagai salah satu pengobatan diabetesnya. Sementara 22.681 pasien diabetes lainnya, tidak.

Setelah diamati perkembangannya selama 13 tahun, peneliti menemukan ada penurunan risiko degenerasi makular (AMD) pada pasien diabetes yang menggunakan metformin.

“Studi kami adalah yang pertama mengungkapkan efek perlindungan metformin pada perkembangan penyakit AMD,” papar Yu-Yun Chen sebagai ketua penelitian.

Bukan hanya studi yang diketuai Yu-Yun Chen saja, studi lain yang dilakukan Emily Brown juga menunjukkan hal yang sama. Ini menunjukkan bahwa metformin dapat menjadi cikal bakal obat untuk mengobati sekaligus mencegah terjadinya degenerasi makula.

Efek metformin untuk penyakit AMD

Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada benang merah yang menghubungkan antara diabetes dengan AMD.

Para peneliti yakin bahwa peradangan dan stres oksidatif adalah kuncinya. Kedua hal tersebut sama-sama dapat menyebabkan diabetes dan AMD.

Salah satu kegunaaan obat metformin adalah mengurangi stres yang menyebabkan peradangan. Nah, efek metformin inilah yang kemungkinan besar dapat menyembuhkan diabetes sekaligus menurunkan risiko degenerasi makula.

Sudahkah metformin digunakan untuk mengobati degenerasi makula?

Meski didukung banyak studi, hingga kini metformin belum digunakan secara resmi untuk mengobati AMD. Potensi metformin sedang diuji lebih dalam, salah satunya oleh lembaga pendidikan Casey Eye Institute (CEI).

Para peneliti CEI mengamati peserta studi tanpa diabetes yang memiliki AMD untuk menggunakan metformin. Mereka juga diminta untuk melakukan kunjungan secara rutin selama 18 bulan.

Walaupun metformin belum digunakan dalam perawatan untuk pasien AMD, perawatan utama tetap bisa dilakukan pasien.

Ini dilakukan untuk mengurangi kerusakan pada retina dan mencegah kebutaan. Pasien akan diobati sesuai tipe AMD yang dimiliki. Untuk AMD kering, pasien akan diberikan obat berupa:

  • Vitamin C
  • Lutein dan zeaxanthin
  • Zink dan tembaga

Sementara, untuk AMD basah, obat yang digunakan adalah anti-VEGF. Obat ini dapat membantu mengurangi jumlah pembuluh darah abnormal di retina. Sekaligus, memperlambat kebocoran pembuluh darah di mata. Penggunaan obat tidak diminum, melainkan disuntikan ke mata.

The post Selain Diabetes, Riset Temukan Khasiat Metformin untuk Degenerasi Makula appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2FH8RCz


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar