Sederet Pilihan Obat Pilek yang Ampuh, dari Resep Dokter Hingga Bahan Alami

Gejala pilek yang kadang bikin hidung tersumbat kadang meler hingga batuk berdahak dan bersin-bersin memang bikin repot. Bukan hanya bikin susah bernapas lega, pilek akhirnya membuat Anda tidak fokus beraktivitas karena harus bolak balik buang ingus atau dahak. Untungnya, ada banyak cara menyembuhkan pilek. Anda bisa pakai obat pilek dari dokter atau mencoba bahan alami yang ada di dapur rumah Anda.

Berbagai pilihan obat pilek dari dokter

Pilek sebenarnya bisa sembuh sendiri. Namun, seringkali gejala penyerta pilek seperti sakit tenggorokan, batuk, bersin-bersin, sakit kepala, dan hidung meler sangat melemahkan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Nah guna menyembuhkan berbagai gejala pilek itu, cara yang paling umum adalah dengan obat. Berikut berbagai pilihan obat pilek yang bisa Anda gunakan:

1. Cairan saline

cara pakai obat semprot hidung

Merasa tersiksa dengan ingus yang membuat Anda sulit bernapas lega? Pakai cairan saline atau obat semprot hidung mungkin bisa membantu.

Cairan saline adalah obat semprot atau tetes hidung yang mengandung larutan air garam. Cairan ini berfungsi untuk melembapkan dinding saluran pernapasan dan melunakkan ingus sehingga mencegah terbentuknya kerak di dalam hidung.

Anda bisa mendapatkan semprotan saline di apotek dan toko obat terdekat tanpa resep dokter. Cairan saline tidak mengandung bahan kimia tambahan, maka Anda bisa menggunakannya kapan saja sesuai kebutuhan. Akan tetapi, pastikan Anda selalu baca aturan pakai obat dengan teliti sebelum menggunakannya.

2. Antihistamin

obat pilek

Jika pilek yang Anda alami dipicu oleh alergi, Anda bisa menggunakan obat antihistamin. Obat ini bekerja dengan cara menghambat atau menghentikan aktivitas histamin dalam tubuh.

Namun, beberapa jenis antihistamin dapat menyebabkan efek samping mengantuk. Maka jika Anda akan atau baru saja menggunakan obat ini, jangan dulu mengendarai kendaraan, mengoperasikan mesin berat, atau menggunakan benda tajam sampai efek sampingnya hilang. Jika memungkinkan, minum obat pilek ini menjelang waktu tidur agar Anda juga sekaligus mendapat waktu istirahat yang cukup.

Apabila Anda khawatir dengan efek samping obat antihistamin, jangan ragu untuk menanyakan ke apoteker atau ke dokter.

3. Obat pereda nyeri

mitos pilek

Obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen dapat digunakan untuk mengatasi sejumlah gejala pilek seperti deman dan sakit kepala. Kabar baiknya, dua obat pilek ini dijual secara bebas tanpa resep dokter. Anda bisa mendapatkannya di toko obat atau apotek terdekat.

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa paracetamol hanya boleh diberikan pada bayi usia tiga bulan ke atas, sementara ibuprofen hanya boleh diberikan pada bayi usia enam bulan ke atas. Selalu baca petunjuk pemakaian pada kemasan produk dengan teliti sebelum Anda menggunakan obat jenis apa pun.

4. Dekongestan

Cara menyembuhkan pilek lainnya adalah dengan minum obat dekongestan. Obat ini dapat membantu melegakan hidung tersumbat dan mengurangi dahak sehingga Anda bisa bernapas lebih lega.

Dekongestan bekerja mengurangi produksi lendir dan meredakan saluran sinus yang bengkak. Jenis sediaan obat dekongestan yang dijual di apotek atau toko obat beragam, ada yang berbentuk sirup, semprotan hidung, hingga pil.

Meski efektif menyembuhkan pilek, Anda harus hati-hati ketika minum obat dekongestan. Obat dekongestan, seperti pseudoephedrine dan phenylephrine, dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Apabila Anda punya riwayat penyakit hipertensi, ada baiknya Anda berkunsultasi terlebih dahulu ke dokter.

5. Obat antivirus

obat paten

Pilek adalah infeksi virus yang menyerang hidung, telinga, dan tenggorokan. Faktanya, ada lebih dari 200 jenis virus yang bisa menyebabkan hidung Anda meler. Satu jenis virus yang paling sering menyebabkan pilek pada kebanyakan orang adalah rhinovirus.

Maka karena penyebabnya virus, obat untuk pilek yang paling jitu adalah antivirus. Sayangnya obat ini tidak dijual bebas di toko obat maupun apotek. Anda hanya bisa mendapatkan antivirus dengan menebus resep dokter. Gunakan obat antivirus sesuai dengan anjuran dokter. Jangan mengurangi, menambahkan, atau berhenti menggunakan obat ini sendiri secara sembarangan.

Satu hal yang penting untuk dipahami, antivirus berbeda dengan antibiotik. Selalu berhati-hati ketika akan minum obat antivirus atau antibiotik. Antibiotik adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan bakteri. Ini artinya, antibiotik tidak akan efektif untuk mengobati pilek.

Bayi tidak boleh minum obat pilek

Sejumlah obat pilek yang sudah disebutkan di atas bisa Anda beli di toko obat atau apotek tanpa resep dokter. Namun, penting untuk dipahami bahwa tidak semua obat pilek di atas aman diminum oleh bayi. Terutama paracetamol yang bisa berbahaya bagi bayi di bawah usia 2 bulan.

Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu membaca dengan teliti aturan pakai setiap obat yang Anda gunakan. Minumlah obat sesuai petunjuk dosis yang tertera pada kemasan obat atau sesuai anjuran dokter.

Jangan melebihkan dosis yang sudah ditentukan, karena cara ini tidak akan menyembuhkan pilek lebih cepat. Sebaliknya, hal tersebut mungkin justru membuat gejala pilek yang Anda alami semakin parah.

Cara menyembuhkan pilek dengan bahan alami

Selain dengan obat-obatan, Anda juga bisa mencoba cara menyembuhkan pilek dengan bahan alami yang ada di dapur rumah. Sejumlah bahan alami di bawah ini bahkan sudah dikenal lama sebagai obat pilek alami.

1. Madu

madu penyubur kandungan

Anda bisa minum madu sebagai obat untuk menyembuhkan pilek. Sifat antimikroba yang terkandung dalam madu dapat membantu tubuh untuk melawan kuman penyakit penyebab pilek.

Namun, hati-hati. Madu tidak tidak boleh diberikan pada bayi yang usianya masih di bawah satu tahun. Pemberian madu pada bayi justru meningkatkan risiko penyakit botulisme.

Ada banyak cara menyembuhkan pilek dengan madu. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dilarutkan dengan segalas air hangat.

2. Jahe

obat asam lambung alami

Selain madu, Anda juga bisa menggunakan jahe sebagai cara menyembuhkan pilek. Faktanya, jahe bisa membantu melemaskan otot saluran pernapasan dan meredakan tenggorokan yang gatal.

Cara paling mudah mengolah jahe untuk obat pilek adalah dengan menjadikannya wedang jahe. Siapkan jahe segar yang sudah dicuci bersih. Lalu geprek atau parut jahe dan rebus selama 20 menit. Wedang jahe siap dinikmati.

Supaya rasa jahenya tidak terlalu pedas, Anda bisa menambahkan madu atau lemon untuk menambah rasa.

3. Perbanyak asupan vitamin c

manfaat vitamin c untuk kulit wajah

Vitamin C sangat dibutuhkan untuk menguatkan sistem imun tubuh. Selain itu, vitamin C juga cukup efektif untuk membantu melawan infeksi saluran pernapasan akibat pilek.

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dari buah buah-buahan dan sayuran seperti jeruk, lemon, belimbing, tomat, jambu, paprika, kiwi, brokoli, pepaya, stroberi.

4. Banyak minum air putih

minum air putih menghilangkan batu ginjal

Supaya Anda cepat sembuh, Anda harus banyak minum air putih setidaknya 8 gelas per hari. Sebenarnya tidak ada anjuran pasti seberapa banyak Anda harus minum. Namun pada dasarnya, segeralah minum setiap kali Anda merasa haus.

Selain meredakan dehidrasi, banyak minum air putih dapat membantu mengencerkan ingus yang menyumbat saluran hidung. Maka Anda akan bisa bernapas lebih lega.

Tidak suka dengan rasa air putih yang tawar? Tenang. Anda bisa menambahkan satu sendok madu, perasaan lemon, jahe, daun mint, atau perasan buah citrus untuk memperkaya rasa.

5. Kumur air garam

manfaat garam untuk wajah

Mau tahu obat pilek alami yang sudah dikenal sejak dulu? Kumur air garam jawabannya. Bahkan, berbagai penelitian telah membuktikan bahwa air garam memang membantu mencegah pilek semakin parah.

Anda cukup melarutkan setengah sendok teh garam dalam satu gelas air hangat sebagai cara menyembuhkan pilek. Setelah itu, kumur-kumur lalu buang airnya.

6. Menghirup uap hangat

Menghirup uap air panas juga bisa jadi cara menyembuhkan pilek yang efektif. Uap yang dihasilkan dari air panas dapat membantu mengencerkan lendir dan melemaskan saluran hidung yang bengkak.

Untuk melakukan ini, Anda harus menampung air panas dalam sebuah baskom. Lalu, tutupi kepala Anda dengan handuk kecil supaya uapnya tidak menyebar kemana-mana. Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk melegakan saluran napas Anda.

The post Sederet Pilihan Obat Pilek yang Ampuh, dari Resep Dokter Hingga Bahan Alami appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://bit.ly/2WWJX7D


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar