Pilihan Obat-obatan Medis untuk Mengatasi Ginjal Bengkak

Ginjal dapat membengkak akibat penyumbatan saluran kemih atau kelainan ginjal tertentu sehingga urin tidak bisa keluar dari tubuh. Dalam dunia kedokteran, masalah ginjal bengkak disebut dengan hidronefrosis. Pengobatan yang tepat dapat mempercepat kesembuhan sekaligus mencegah terjadinya komplikasi parah di kemudian hari. Apa saja pilihan obat digunakan untuk mengatasi ginjal bengkak?

Cari tahu dulu apa akar penyebabnya

Hidronefrosis sebenarnya bukan penyakit, tapi komplikasi dari penyakit lain yang lebih dulu mendasarinya.

Jadi begini, idealnya urin Anda akan mengalir lancar sepanjang saluran kemih dengan lancar. Namun, jika ada sumbatan di saluran kemih, maka aliran urin akan terhambat dan menekan dinding sekitarnya.

Akibatnya, ginjal dapat membengkak karena terisi penuh oleh urin dan akhirnya menekan organ lain di sekitarnya. Jika kondisi ini tidak segera diobati, pembengkakan ginjal dapat memicu gagal ginjal.

Pada prinsipnya, pemilihan obat ginjal bengkak akan didasari oleh penyebab yang memicunya. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik, menanyakan riwayat kesehatan Anda, dan serangkaian tes terlebih dulu sebelum bisa menentukan obat yang sesuai dengan kondisi Anda. Dokter juga mungkin meraba perut dan sekitar pinggang untuk memastikan apakah ginjal Anda benar membengkak.

Obat untuk mengatasi ginjal bengkak

Dalam kasus yang belum terlalu parah, dokter akan meresepkan obat ginjal bengkak seperti:

Obat pereda nyeri

alprazolam obat apa

Pembengkakan ginjal biasanya menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil yang sangat intens. Nyeri bisa juga muncul di perut dan sekitar pinggang dekat tulang rusuk bagian bawah. Dalam kasus tertentu, hidronefrosis juga bisa menyebabkan demam.

Nah guna meredakan gejala ginjal bengkak yang masih ringan, dokter dapat meresepkan obat pereda nyeri. Misalnya ibuprofen, paracetamol, naproxen, dan lain sebagainya.

Selain dengan resep dokter, ketiga obat tersebut juga mudah ditemukan di apotek atau toko obat. Pastikan dosis obat yang Anda minum sesuai dengan anjuran dari dokter atau aturan pakai yang tertera dalam label kemasan.

Obat antibiotik

minum antibiotik

Obat ginjal bengkak lainnya yang bisa diresepkan dokter adalah antibiotik. Antibiotik berfungsi untuk melawan, menghancurkan, dan memperlambat pertumbuhan bakteri.

Dokter dapat meresepkan antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi di ginjal atau semakin memburuknya infeksi yang Anda alami. Antibiotik juga bisa mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran kemih (ISK) yang sering kali terjadi akibat pembengkakan ginjal.

Minum antibiotik sampai habis sesuai instruksi yang diberikan dokter. Menggunakan antibiotik secara asal dapat meningkatkan risiko terjadinya kebal obat sehingga tidak lagi efektif. Kondisi ini justru akan membuat penyakit yang Anda derita sangat mungkin bertambah parah.

Jadi, jangan menambahkan, mengurangi, memperpanjang, atau bahkan menghentikan pengobatan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Pilihan pengobatan ginjal bengkak lainnya

puasa untuk pasien ginjal

Selain dengan obat, ginjal bengkak juga bisa ditangani lewat prosedur medis. Dokter dapat merekomendasikan Anda untuk pasang kateter yang berfungsi melancarkan aliran urin setiap kali buang air kecil.

Pembedahan juga mungkin jadi opsi terbaik untuk mengangkat penyumbatan atau memperbaiki saluran kemih yang terlanjur rusak. Orang yang hanya punya satu ginjal, baru saja menerima cangkok organ, atau punya riwayat penyakit kronis lainnya perlu segera melakukan pembedahan untuk mencegah risiko komplikasi semakin parah.

The post Pilihan Obat-obatan Medis untuk Mengatasi Ginjal Bengkak appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2YdwJVj


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar