Mengenal White Noise, Suara yang Bikin Anda Tidur Nyenyak

Apakah Anda sering mengalami kesulitan tidur walaupun telah berada dalam suasana tenang? Jika demikian, maka solusi tidur Anda mungkin bukanlah kamar yang senyap, melainkan white noise.

Faktanya, tidak semua jenis suara akan mengganggu tidur Anda. Suara berfrekuensi khusus, seperti white noise justru diyakini dapat membuat tidur lebih nyenyak. Lantas, apa itu white noise sebenarnya dan apa yang membedakannya dengan jenis suara lain?

Suara yang Anda dengar bisa memengaruhi kualitas tidur

Seluruh tubuh Anda akan beristirahat dan menjadi rileks ketika tertidur. Namun, otak tetap aktif mengolah informasi, terutama dalam bentuk suara. Tubuh bahkan bisa menanggapi suara halus seperti white noise.

Suara bising dapat membuat Anda bergerak, berpindah tahapan tidur, mengalami perubahan tekanan darah dan detak jantung, hingga terbangun. Semuanya terjadi dalam waktu singkat dan Anda mungkin tidak mengingat semua ini pada esok harinya.

Akan tetapi, tidak semua jenis suara dapat membuat Anda terbangun di malam hari. Mengutip laman Sleep Foundation, seseorang cenderung terbangun ketika mendengar suara yang memicu emosi dan kewaspadaan. Misalnya, suara bayi yang rewel.

Sebaliknya, suara yang sudah sering Anda dengar malah tidak mudah mengganggu tidur. Inilah mengapa beberapa orang tidak gampang terbangun walaupun tidur bersama pasangan yang sering mendengkur.

Cara kerja white noise

Cara kerja white noise adalah dengan menggabungkan beberapa frekuensi suara secara bersamaan. Penggabungan frekuensi berbagai jenis suara menghasilkan suara latar dengan pola yang tenang, stabil, dan teratur.

Suara latar tersebut kemudian meredam suara lain yang kerap mengganggu, seperti suara pintu ditutup, gesekan tempat tidur, atau kendaraan di luar rumah.

Walaupun Anda tetap mendengarnya, efeknya tidak akan terlalu mengganggu tidur Anda.

Anda tidak harus memiliki alat khusus untuk bisa mendapatkan jenis suara ini. Pasalnya, suara menenangkan ini bisa berasal dari berbagai sumber seperti kipas angin, pendingin udara, dan sejenisnya.

Suara apa pun yang terdengar konsisten, menenangkan, dan tidak membuat Anda terkejut adalah jenis suara yang dapat digolongkan sebagai white noise.

Bahkan, Anda kini bisa menemukan suara seperti ini dengan mudah di internet.

Memilih white noise yang tepat untuk Anda

Beberapa orang mungkin bisa tertidur pulas ketika mendengar suara kipas angin yang teratur, tapi bisa jadi Anda tidak.

Terdapat beberapa cara untuk memilih white noise yang tepat, salah satunya adalah dengan mengenali terlebih dulu jenis suara yang bisa membuat Anda tidur dengan nyenyak.

Jika berbagai suara yang ada di dalam kamar tidak cukup membantu, Anda mungkin perlu menggunakan alat pembuat white noise yang sering digunakan untuk menenangkan bayi.

Musik yang tepat juga menjadi salah satu alternatif yang dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Pilihlah musik yang menenangkan seperti musik klasik atau instrumen. Hindari lagu yang memiliki lirik karena dapat merangsang aktivitas otak.

Mendengarkan musik yang lembut sebelum tidur juga bermanfaat untuk menunjang ingatan dan kemampuan otak secara umum. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan otak secara sekaligus.

Jangan lupa mengatur volume sesuai kebutuhan. Volume terbaik untuk mendengarkan white noise adalah volume kecil hingga sedang.

Hindari menggunakan earphone karena cara ini justru dapat memperburuk kondisi insomnia.

Nah, jika lagi-lagi Anda kesulitan tidur meskipun dalam kondisi yang tenang, cobalah berbaring di tempat tidur sambil mendengarkan suara di sekitar Anda.

Bisa saja, white noise yang dapat membuat Anda terlelap adalah suara-suara sekitar.

The post Mengenal White Noise, Suara yang Bikin Anda Tidur Nyenyak appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2ZRDYD0


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar