Bagaimana Mencegah Rasa Malas Timbul ?

Tidur-tiduran di kasur dan tidak melakukan aktivitas berat seharian adalah hal yang wajib dilakukan ketika hari libur tiba. Namun, tiba-tiba kerjaan datang, sayangnya rasa malas sudah menguasai pikiran dan tubuh. Nah, bagaimana ya cara agar Anda tidak malas mengerjakan sesuatu?

Mengapa rasa malas itu muncul?

Pada umumnya, kategori orang malas itu adalah dengan sengaja tidak melakukan kegiatan yang sebenarnya bisa dia lakukan. Misalnya, karena kurang motivasi, masih memiliki waktu luang, atau memang aktivitas yang dilakukan memang membosankan.

Seperti yang dilansir oleh Psychology Today, kebanyakan orang yang melakukan aktivitas dalam waktu panjang dan tidak langsung memberikan dampak positif, dianggap menyakitkan.

Masalahnya, kegiatan yang mereka lakukan memiliki imbalan yang tidak pasti. Biasanya, pekerjaan yang dilakukan dengan hasil usaha yang lebih pasti sangat memungkinkan mereka untuk bekerja lebih giat.

ngantuk setelah olahraga

Ini beberapa alasan mengapa rasa malas untuk melakukan kegiatan tertentu terus muncul.

1. Tujuan atau sasaran yang terlalu besar dan rumit

Mencapai keberhasilan adalah impian semua orang, tetapi Anda harus mengetahui kadar usaha dan waktu yang harus Anda habiskan. Anda harus mengetahui kemampuan diri sendiri, apakah mampu atau tidak mencapai target yang telah ditetapkan.

Jika Anda sudah menyerah dalam beberapa jam, bukan berarti karena Anda malas. Hal tersebut bisa saja terjadi karena tujuan Anda terlalu besar dan rumit untuk dilakukan dengan kemampuan Anda saat ini.

2. Ingin prosesnya sempurna

Dalam menjalani sebuah kegiatan atau aktivitas untuk mencapai target tertentu, terkadang ada saja rintangan yang harus dihadapi. Oleh karena itu, pemikiran dan keinginan proses yang sempurna bisa menjadi halangan bagi Anda untuk menyelesaikan tugas yang harus dikerjakan.

3. Terlalu mendengarkan kritik dari orang lain

Mendengarkan kritik dari orang lain memang bagus untuk membangun motivasi yang lebih baik. Akan tetapi, apabila kritik tersebut berasal dari orang terdekat Anda dan sering menyebut Anda malas, kemungkinan kritik itulah yang menguasai Anda.

Oleh karena itu, keraguan terhadap diri sendiri yang berasal dari orang lain juga berpengaruh besar kepada rasa malas Anda.

4. Tidak menyusun rencana

Mencapai sebuah tujuan tentu dianjurkan untuk tidak melakukannya dengan asal-asalan. Semangat dan target memang penting, tetapi jangan lupa bahwa rencana juga membuat Anda tetap berada di jalur.

Jika tidak memiliki rencana yang dirancang dengan hati-hati, tidak jarang Anda akan merasa kelelahan dalam mencapai tujuan. Hal tersebut dikarenakan tanpa ada rencana yang jelas, tujuan Anda menjadi semakin kabur.

Cara agar tidak malas

Nah, setelah mengetahui apa saja yang membuat Anda menjadi malas, bagaimana jika Anda melakukan kebalikan dari pemicu-pemicu tadi?

Ini dia beberapa tips supaya Anda bisa menghilangkan rasa malas.

1. Membuat target yang bisa Anda peroleh

berpikir logis

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa memiliki tujuan yang tidak realistis akan membuat Anda kewalahan. Nah, kewalahan ini akan memadamkan semangat dan keinginan Anda untuk menyelesaikan aktivitas tersebut.

Oleh karena itu, usahakan untuk menetapkan tujuan yang lebih kecil dan sesuai dengan kemampuan Anda. Anda yang mengetahui kemampuan diri sendiri untuk menargetkan apa yang Anda inginkan, tetapi tidak secara berlebihan. Hal ini dipercaya dapat mencegah rasa malas timbul di diri Anda. 

2. Jangan mengharapkan kesempurnaan

pola pikir tidak bahagia sedih depresi stres pusing

Sebuah penelitian pada tahun 2017 mengungkapkan bahwa mahasiswa di antara 1989 dan 2016 terdapat peningkatan perfeksionisme selama bertahun-tahun. Para peneliti menjelaskan kalau anak muda saat ini menghadapi lingkungan yang lebih kompetitif. Nah, lingkungan tersebut akhirnya membentuk harapan yang tidak realistis dibandingkan generasi sebelumnya.

Hal ini menyebabkan generasi sekarang menjadi lebih kritis terhadap diri sendiri. Tidak jarang hal ini menyebabkan depresi dan rasa malas dalam tingkat tinggi. 

Nah, usahakan untuk tidak mengekspetasikan kesempurnaan selama menjalani aktivitas atau prosesnya. Walaupun sering mendatangkan hal-hal baik, keinginan sempurna juga dapat memadamkan semangat Anda ketika menemui masalah yang tidak kunjung usai.

3. Membuat rencana

menulis tangan vs mengetik

Salah satu cara agar Anda tidak malas menjalankan aktivitas adalah menyusun rencana. Dalam mencapai sebuah tujuan, rencana tidak kalah penting dari rasa niat dan semangat.

Bersikap realistis terhadap kemampuan dan waktu sangat penting untuk memenuhi tujuan Anda. Jika Anda memiliki rencana, hal tersebut dapat memberikan arahan dan meningkatkan kepercayaan diri yang dapat membantu. Perencanaan yang baik pun dapat membantu Anda ketika menghadapi rintangan.

4. Menghargai setiap prosesnya

senyum bikin bahagia

Jika Anda mencapai sasaran kecil pada bagian rencana Anda, hargailah usaha Anda dengan merayakannya. Hal ini dapat membantu Anda untuk terus meningkatkan motivasi agar mendapatkan kesuksesan dalam jangka panjang.

Misalnya, ketika Anda mencapai nilai ujian yang memuaskan, bahagiakan diri sendiri dengan hal-hal positif, seperti makan makanan yang enak. Hal ini akan terus membuat Anda bersemangat untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

5. Minta bantuan

teman positif hiv

Cara lain agar Anda tidak malas adalah meminta bantuan kepada orang lain. Bantuan dari orang lain sangat dibutuhkan ketika Anda menemui hambatan. Hal ini bukanlah tanda bahwa Anda lemah, tetapi sebuah upaya untuk mencapai keberhasilan dengan masukan dari orang lain.

Contohnya, meminta bantuan kepada rekan kerja Anda adalah hal yang sebenarnya penting dalam membangun hubungan dan meningkatkan motivasi Anda. Selain itu, melihat hasil dari sudut pandang orang lain pun dapat membuat kinerja Anda lebih bagus.

6. Konsumsi makanan sumber energi

makanan tinggi protein

Selain cara-cara di atas, agar Anda tidak malas tentu diperlukan asupan makanan yang bergizi dan meningkatkan energi Anda. Misalnya, makanan yang mengandung protein tinggi dapat menyeimbangkan kadar gula darah. Hal tersebut juga mencegah Anda untuk merasa tidak bersemangat untuk menjalani hari itu. Hindari makanan tinggi gula dan tinggi lemak.

Ini dia beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah rasa malas menghampiri Anda.

  • Almond
  • Salmon
  • Pisang
  • Yogurt
  • Ayam
  • Air mineral

7. Berolahraga

musik untuk olahraga

Tanpa disadari olahraga juga dapat menghilangkan kemalasan. Sempatkan beberapa menit dalam sehari untuk berolahraga, hal ini dapat berdampak pada peningkatan energi, memperbaiki suasana hati, mengurangi kecemasan, stress dan depresi. Cobalah berjalan singkat atau bersepeda untuk melawan rasa malas tersebut.

Pada dasarnya, kunci utama dari cara agar Anda tidak malas berasal dari diri sendiri. Jika Anda kekurangan motivasi dari diri sendiri dan tidak berusaha, tentu pekerjaan Anda tidak akan ada yang selesai. Oleh karena itu, upayakan untuk tetap menjaga semangat agar tidak turun dan tetap fokus dalam menjalani prosesnya.

The post Bagaimana Mencegah Rasa Malas Timbul ? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://bit.ly/2IwF2WR


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar