5 Tips Beres-beres Rumah Antiribet Saat Stres Melanda

Katanya, rumah yang bersih dan rapi bisa bikin penghuninya lebih semangat dan produktif. Makanya, Anda memang mesti membuat jadwal rutin kapan harus membersihkan rumah. Namun, kadang-kadang Anda malas beres-beres rumah saat stres sedang melanda pikiran.

Ketika itu terjadi, sebaiknya tetap membersihkan rumah sesuai dengan jadwal yang sudah Anda buat sebelumnya. Pasalnya, rumah yang berantakan dan kurang bersih justru bisa semakin membuat suasana hati kian semerawut dan akhirnya bikin Anda makin stres.

Supaya tidak makin stres, yuk beres-beres rumah dengan cara yang mudah berikut ini.

Saat stres, begini cara beres-beres rumah yang mudah dan cepat

Suasana rumah sering kali mencerminkan suasana hati. Jadi, saat Anda sedang depresi kondisi rumah Anda mungkin akan cenderung lebih berantakan. Namun, saat stres dan depresi, keinginan untuk beres-beres rumah justru semakin berkurang karena Anda merasa tidak ada motivasi dan energi untuk melakukannya. Berikut ini adalah tips mudah beres-beres rumah walau sedang stres.

1. Jangan menunda pekerjaan rumah

kulit kering akibat sabun cuci piring

Dibandingkan menumpuk pekerjaan rumah, lebih baik mengerjakan pekerjaan-pekerjaan kecil yang bisa langsung diselesaikan tanpa menundanya. Hal ini juga tidak membuat rumah Anda langsung terlihat berantakan.

Misalnya, langsung mencuci piring setelah selesai makan, atau menyapu dan mengepel rumah setiap hari agar kotoran pada lantai tidak menumpuk, sehingga meringankan Anda saat hendak membersihkan rumah secara keseluruhan.

Hindari menunda-nunda untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Hal ini cenderung terjadi pada saat Anda stres, tapi menunda pekerjaan rumah yang ringan-ringan seperti itu justru makin membuat Anda kian malas untuk beres-beres rumah.

Depresi memang dapat membuat Anda sedih dan tidak berenergi, namun jika Anda bisa meringankan beban diri Anda sendiri untuk membersihkan rumah, Anda justru akan merasa puas dan bangga terhadap diri sendiri akan hasil dari pekerjaan yang Anda lakukan.

2. Tetapkan target saat membersihkan rumah

manfaat membersihkan rumah untuk kesehatan ala marie kondo

Dengan menetapkan target setiap harinya, Anda akan membersihkan rumah dengan lebih efisien. Tidak perlu ngoyo dengan membersihkan seisi rumah sekaligus dalam satu hari, karena hal itu mungkin memberatkan bagi Anda saat sedang mengalami depresi. Tetapi tetapkan target, bagian rumah mana saja yang harus Anda bersihkan hari tersebut dan hari berikutnya.

Contohnya, hari ini Anda ingin membersihkan kamar mandi. Lalu, Anda membersihkan area dapur. Anda juga bisa mengelompokkan jenis pekerjaan yang ingin dikerjakan dalam satu hari. Misalnya, Anda ingin mencuci hari ini. Maka Anda bisa mencuci pakaian, mencuci sepatu, mencuci piring pada hari itu.

Saat sedang depresi, pekerjaan yang membutuhkan waktu sedikit dan lebih cepat selesai akan membantu Anda meningkatkan suasana hati. Sehingga, utamakan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu agar membersihkan rumah saat depresi akan terasa jauh lebih ringan.

3. Tidak harus sempurna

membersihkan rumah setelah kebanjiran

Saat sedang stres, bisa ‘menyicil’ beres-beres rumah saja sudah menjadi hal yang baik. Jadi, jangan mengharapkan hasil yang sempurna. Sebab, jika dibiarkan, hal ini dapat membuat Anda semakin stres, apalagi jika hasil pekerjaan Anda tidak sesuai dengan harapan Anda.

Nikmati proses membersihkan rumah saat depresi dan maafkan diri Anda jika rumah Anda tidak sebersih yang Anda harapkan, karena faktanya, Anda sudah berusaha membersihkan rumah hari itu. Terkadang, ada pula bagian-bagian rumah yang memang tidak bisa dibersihkan hanya dalam satu hari.

Selain itu, tidak perlu berusaha menyelesaikan pekerjaan yang tidak ada pada target Anda. Misalnya, target Anda hari itu adalah menyetrika pakaian dan menyimpannya di dalam lemari. Bersyukurlah jika Anda bisa menyelesaikan hal itu. Namun, jangan stress jika Anda tidak berhasil membersihkan isi lemari yang penuh karena hal itu ada di luar target Anda.

4. Simpan alat dan bahan pembersih dengan baik

peralatan rumah tangga

Saat depresi, Anda tentu kekurangan motivasi untuk membersihkan rumah. Hal ini akan semakin parah jika Anda tidak bisa menemukan alat dan bahan pembersih. Untuk memudahkannya, letakkan alat dan bahan pembersih sesuai dengan kegunaannya.

Dengan begitu, beres-beres rumah saat stres akan terasa lebih ringan, dan Anda tidak perlu mendorong diri Anda terlalu keras karena alat dan bahan pembersih sudah ada di depan mata.

5. Lakukan bersama keluarga

membersihkan rumah dengan pasangan

Jika Anda tinggal dengan keluarga Anda, tentu pekerjaan rumah akan semakin banyak. Namun, hal ini menandakan Anda tidak sedang sendirian dan Anda bisa mengajak keluarga Anda untuk ikut membersihkan rumah. Anda bisa membagi pekerjaan rumah sesuai dengan kemampuan anggota keluarga yang lain.

Selain meringankan beban, beres-beres rumah bersama-sama juga akan lebih menyenangkan dan tentu bikin hati lebih senang. Anda bisa membuat momen beres-beres rumah untuk menjalin ikatan dan mengasah kerja sama satu sama lain.

Misalnya, Anda meminta pasangan untuk membantu menjemur pakaian sementara Anda yang mencucinya. Atau minta si kecil untuk membantu mengelap meja di rumah dan Anda yang melakukan sisanya.

The post 5 Tips Beres-beres Rumah Antiribet Saat Stres Melanda appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2KG02gs


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar