Cara Alami Tak Mempan, Coba 5 Cara Menghilangkan Kapalan Secara Medis Berikut

Ada banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kapalan di kaki. Mulai dari merendam kaki hingga menggunaan minyak esensial. Jika cara alami ternyata tidak mempan untuk mengobati kapalan, mungkin inilah waktunya beralih ke pilihan pengobatan medis.

Cara menghilangkan kapalan di kaki secara medis

mengobati kaki kapalan

Oleh karena dilakukan secara medis, Anda tentu tidak bisa sembarangan menerapkan cara menghilangkan kapalan di kaki berikut ini. Ikutilah petunjuk dokter dalam menjalankannya.

Pertama-tama, dokter harus memastikan bahwa penebalan pada kulit kaki Anda memang kapalan, bukan kutil. Kutil akan mengalami perdarahan saat dikikis, tapi tidak dengan kapalan.

Setelah memastikan bahwa penebalan kulit disebabkan oleh kapalan, dokter dapat melakukan beberapa tindakan medis berikut ini.

1. Mengikis lapisan kulit

Cara pertama untuk menghilangkan kapalan di kaki lewat prosedur medis adalah dengan mengikisnya.

Kapalan yang tebal atau berukuran besar dapat dihilangkan dengan cara dikikis. Dokter akan mengikis kapalan menggunakan pisau khusus dengan cara yang higienis.

Jangan mencoba melakukan ini sendiri karena dapat mengakibatkan infeksi.

Infeksi pada kulit kaki dapat berkembang menjadi luka terbuka berukuran besar. Kondisi ini perlu ditangani dengan penggunaan antibiotik serta prosedur khusus untuk mengeluarkan nanah yang menumpuk pada kapalan.

mendeteksi penyakit dari kaki

2. Menggunakan plester asam salisilat

Anda juga dapat menggunakan plester yang mengandung 40% asam salisilat untuk mengobati kaki kapalan secara medis.

Konsultasikanlah terlebih dulu dengan dokter sebelum menggunakan plester ini. Berkonsultasi membuat Anda dapat memahami dengan baik tata cara penggunaan plester, termasuk waktu menggantinya.

Akan tetapi, tidak semua dokter akan menyarankan penggunaan plester asam salisilat sebagai cara menghilangkan kapalan di kaki secara medis.

Pasalnya, plester ini dibuat dari bahan kimia. Penggunaan yang salah justru dapat menimbulkan luka, seperti luka bakar dan infeksi.

Kondisi ini tentu berbahaya, terutama bagi penderita diabetes.

3. Krim pelembap

relaksasi tubuh

Cara medis lainnya untuk menghilangkan kapalan di kaki adalah dengan menggunakan krim pelembap. Tak hanya itu, krim pelembap juga dapat sekaligus melembutkan kulit.

Oleskan krim pada area yang kapalan, lalu biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, gosoklah kapalan menggunakan handuk atau sikat lembut hingga permukaannya terkikis.

Untuk mengobati kaki kapalan secara medis, Anda juga bisa menggunakan jenis krim mengandung urea yang lebih ampuh.

Namun, krim ini tidak boleh digunakan secara sembarangan. Berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter mengenai manfaat dan efek sampingnya.

4. Menggunakan sol pelindung

mencegah bau kaki

Kelainan struktur kaki dan cara berjalan dapat memicu gesekan serta tekanan berulang sehingga kapalan lebih mudah terbentuk.

Bila Anda memiliki kondisi ini, maka Anda perlu menemukan solusi untuk mengurangi gesekan dan tekanan tersebut.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan sol khusus yang dipasang di dalam sepatu. Sol ini berfungsi sebagai bantalan sehingga kulit kaki Anda terlindung dari permukaan kasar sepatu yang memicu terbentuknya kapalan.

5. Operasi

Selain dengan sol pelindung, kelainan bentuk kaki juga dapat diperbaiki melalui operasi. Meski demikian, metode ini amat jarang dipilih.

Dokter mungkin baru akan menyarankan cara ini jika prosedur medis lainnya tidak bisa menghilangkan kapalan di kaki.

Prosedur operasi pun tidak seutuhnya menjamin kapalan tidak akan muncul kembali. Anda harus menjaga kulit kaki tetap terawat dan mengurangi gesekan pada kaki untuk mencegah penebalan kulit pada area yang sama.

Cara mengobati kapalan secara alami mungkin tidak bekerja pada sebagian orang sehingga diperlukan pilihan pengobatan secara medis. Cobalah berkonsultasi dengan dokter bila Anda juga memiliki kondisi serupa.

Tindakan medis terbaik sekalipun harus disertai dengan upaya pencegahan yang efektif.

Jagalah kesehatan kulit kaki Anda dengan rutin mengoleskan pelembap, mengenakan kaus kaki yang nyaman, serta menggunakan alas kaki dengan bantalan.

The post Cara Alami Tak Mempan, Coba 5 Cara Menghilangkan Kapalan Secara Medis Berikut appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://bit.ly/2wpwPgn


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar