Boleh Berapa Kali Creambath Dalam Satu Bulan?

Pergi ke salon untuk creambath rambut jadi hal yang dinanti-nanti setelah seminggu penuh beraktivitas. Enaknya, Anda juga tidak perlu repot pergi terlalu jauh karena salon dekat rumah sekali pun pasti menawarkan jasa perawatan rambut satu ini. Namun, harus seberapa sering creambath rambut? Setiap hari, seminggu sekali, atau bahkan sebulan sekali?

Apa itu creambath rambut?

creambath

Creambath adalah perawatan mencuci rambut dan kulit kepala menggunakan krim khusus.

Krim untuk creambath umumnya terbuat khusus dari campuran bahan kimia serta ekstrak bahan alami, seperti aneka buah serta sayuran. Masing-masing krim punya kandungan yang berbeda sehingga manfaatnya beda pula untuk untuk merawat dan memperbaiki masalah rambut Anda.

Krim dengan kandungan minyak alpukat, misalnya, bermanfaat untuk menjaga kelembapan rambut, membersihkan kulit kepala, mencegah rambut patah, dan membuat kilau rambut lebih bercahaya.

Sementara krim dengan kandungan minyak zaitun, lidah buaya, hingga pisang, pepaya, dan madu dapat menebalkan serta menguatkan batang rambut agar tidak mudah bercabang.

Seperti apa proses creambath rambut?

rambut tebal

Setelah buat janji creambath, kapster salon pertama-tama akan mencuci rambut Anda sampai bersih. Kemudian ia akan mulai mengoleskan krim pilihan sesuai masalah rambut Anda secara merata ke seluruh kulit kepala.

Sementara itu, kapster akan memijat lembut kulit kepala Anda untuk membantu melancarkan peredaran darah di kepala. Setelah dipijat, rambut Anda kemudian diuap selama beberapa menit. Penguapan bisa dilakukan pakai mesin atau dengan membungkus rambut pakai handuk hangat.

Selesai diuap, kapster akan kembali mencuci rambut Anda dan mengeringkannya. Ia mungkin juga akan menambahkan vitamin rambut supaya rambut Anda semakin sehat. Hasil akhirnya, rambut Anda akan lebih harum, halus, lembut, dan berkilau dari sebelumnya.

Boleh seberapa sering creambath rambut?

detoks rambut

Creambath adalah metode perawatan rambut yang hanya ada di Indonesia. Perlu dipahami sampai saat ini belum ada penelitian medis yang menyebutkan seberapa sering kita boleh creambath.

Creambath pada dasarnya hampir mirip seperti keramas. Secara umum, kebutuhan setiap orang untuk mencuci rambut akan berbeda-beda tergantung pada jenis dan tekstur rambut, ketebalan rambut, hingga kondisi kulit kepala masing-masing.

Misalnya apabila rambut Anda cenderung keriting, kasar, dan kering, Anda cukup keramas 3 kali dalam seminggu. Sementara jika rambut Anda lurus, tebal, dan berminyak, Anda boleh keramas tiap hari. Bagi yang punya rambut bergelombang, Anda dianjurkan keramas tiga kali seminggu.

Nah, anjuran frekuensi cuci rambut di atas sudah termasuk creambath. Jadi untuk pemilik rambut kering keriting, Anda bisa keramas pakai shampo dua kali di rumah dan creambath satu kali di salon per minggunya. Buat yang punya rambut lurus berminyak, Anda boleh menjadwalkan shampoan dan creambath selang-seling. Misalnya, keramas tiap 2 hari sekali diselingi creambath per 3 hari dalam seminggu.

Namun jika rambut Anda sangat rusak, Anda dianjurkan untuk creambath tiap 2 hari sekali terlepas dari apa jenis dan tekstur rambutnya. Begitu pula jika pekerjaan atau kegiatan hari-hari membuat Anda sering berkeringat dan rambut mudah kotor, Anda mungkin butuh lebih sering creambath untuk merawat rambut.

Rambut tidak boleh terlalu sering diuapi

Satu hal lagi yang perlu Anda pertimbangkan saat menakar harus seberapa sering creambath adalah proses penguapannya. Proses penguapan bertujuan untuk membuka pori-pori kulit kepala supaya nutrisi dari krim dapat terserap sempurna hingga ke dalam. Menguapkan rambut dapat membantu melembapkan dan memperkuat rambut.

Meski begitu, terlalu sering menguapkan rambut pakai mesin akan membuat rambut lama-lama melemah akibat paparan panasnya. Maka ketimbang menguapkan rambut pakai mesin yang bersuhu tinggi, mintalah pada kapster untuk membungkus rambut Anda dengan handuk hangat.

Monae Everett, seorang penata rambut sekaligus makeup artist kenamaan asal Amerika Serikat mengatakan bahwa penguapan rambut idelanya dilakukan setiap dua minggu sekali dengan durasi berkisar dari 20-30 menit.

Jika Anda ingin lebih cara yang lebih murah meriah, Anda bisa juga creambath sendiri di rumah. Saat ini sudah banyak produk creambath yang dijual di toko ataupun supermarket. Jadi, creambath sendiri di rumah bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu luang sekaligus merawat rambut.

The post Boleh Berapa Kali Creambath Dalam Satu Bulan? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://bit.ly/2K3fSjY


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar