Tak Sanggup Bangun, Bolehkah Minum Obat Sambil Tiduran?

Saat sakit, tubuh Anda biasanya terasa sangat lemas sehingga malas untuk bangun. Kondisi ini sering kali menjadi alasan Anda minum obat dengan posisi berbaring. Namun, bolehkah minum obat terutama yang berbentuk pil sambil tiduran? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Bolehkah tidak minum obat pil sambil tiduran?

Meskipun tubuh lemah, Anda tidak dianjurkan untuk minum obat sambil tiduran. Terutama pada obat yang berbentuk pil atau kapsul. Obat jenis ini, bahkan tidak diminum sambil tidur pun sering kali tersangkut di kerongkongan.

Obat yang tersangkut ini tidak hanya membuat tenggorokan Anda terasa tidak nyaman. Obat yang tersangkut ini dapat melepaskan bahan kimia yang dikandungnya sehingga mengiritasi lapisan kerongkongan. Akibatnya, lapisan akan terluka, berlubang (perforasi), berdarah, atau pun menyempit.

Menurut John Hopkins Medicine, ada beberapa orang dengan kondisi tertentu yang berisiko mengalami masalah pada kerongkongan jika minum obat sambil tiduran, antara lain:

  • Orang dengan striktur (penyempitan kerongkongan)
  • Orang yang memiliki scleroderma (pengerasan kulit)
  • Orang yang punya achalasia (aktivitas otot tidak teratur kerongkongan yang menunda perjalanan makanan)
  • Orang dengan stroke

Selain masalah pada kerongkongan, minum obat pil sambil berbaring juga dapat menyebabkan Anda tersedak. Hal ini Anda melepehkan kembali obat yang Anda minum.

Jangan tiduran, begini posisi minum obat yang benar

obat amoxicillin

Sudah paham apa akibatnya minum obat sambil tiduran? Nah, untuk menghindari risiko buruk akibat minum obat dengan posisi berbaring, jangan malas untuk membetulkan posisi Anda.

Cobalah untuk meletakkan bantal di belakang punggung untuk menopang tubuh supaya Anda dapat duduk dengan tegak. Jika sangat lemas, minta bantuan pasangan atau anggota keluarga untuk membantu Anda duduk.

Setelah minum obat, jangan langsung berbaring kembali. Anda perlu menunggu 10 hingga 15 menit dengan posisi yang sama supaya obat lancar melewati kerongkongan Anda. Jangan lupa, menyiapkan segelas air putih untuk mendorong obat melewati mulut dan kerongkongan dengan baik.

Selain posisi duduk tegak, ada juga pakar kesehatan yang merekomendasikan minum obat sambil berdiri. Namun, posisi ini biasanya bisa dilakukan jika Anda mampu untuk berdiri.

Cara minum obat yang benar dan aman

caviplex

Selain tidak minum obat sambil tiduran, ada beberapa aturan minum obat lainnya yang perlu Anda perhatikan, di antaranya:

1. Baca selalu aturan pakai

Setiap obat memiliki aturan minum yang berbeda-beda. Jangan sekali-kali minum obat tanpa membaca lebih dahulu aturan pakainya. Pasalnya, sikap Anda yang ceroboh ini dapat menyebabkan waktu minum dan dosis obat yang tidak tepat.

2. Jangan minum melebihi dosis

Minum obat melebihi dosis tidak membuat tubuh Anda sehat lebih cepat. Sebaliknya, efek samping yang Anda rasakan akan semakin bertambah parah.

3. Tidak mencampur obat dengan cairan lain

Selain tidak minum obat sambil tiduran, minum obat yang paling baik menggunakan air putih, bukan teh, susu, atau alkohol. Minuman selain air putih mengandung kafein atau zat lainnya yang bisa mengurangi efektivitas obat. Bahkan menimbulkan efek samping yang lebih mengkhawatirkan.

4. Konsultasi dengan dokter

Penyakit ringan seperti flu atau pilek biasanya lebih mudah diobati. Namun, jika Anda terkena penyakit ini disertai masalah medis lain, seperti penyakit ginjal, penyakit jantung, hipertensi, atau masalah pada hati sebaiknya konsultasi lebih dahulu sebelum menggunakan obat tertentu.

The post Tak Sanggup Bangun, Bolehkah Minum Obat Sambil Tiduran? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://bit.ly/2W75YRm


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar