Pria Ternyata Bisa Juga Bisa Ngidam Seperti Wanita (Psstt… Penyebabnya Berbeda!)

“Duh, kenapa tiba-tiba rasanya lagi pengen banget makan makanan asin, ya?” Pernah mengalami hal tersebut? Terlepas dari apa pun jenis makanannya, setiap orang pasti pernah mendambakan makanan tertentu. Menariknya, meski hal tersebut berlaku untuk semua orang, tapi wanita dan pria punya alasan sendiri-sendiri kenapa bisa ngidam suatu makanan. Lantas, apa sebenarnya penyebab ngidam yang berbeda pada pria dan wanita?

Beda penyebab ngidam pada pria dan wanita

mengatasi kecanduan makanan

Selain karena stres, banyak orang yang berpendapat kalau kekurangan gizi atau nutrisi tertentu di dalam tubuhlah yang menjadi penyebab utama ngidam. Dengan kata lain, ngidam merupakan cara alami tubuh untuk mengirimkan sinyal kalau dirinya sedang meminta kebutuhan gizi yang belum tercukupi.

Begini contohnya. Ketika Anda sedang ingin sekali makan makanan asin, tandanya tubuh sedang berusaha menunjukkan kalau ia kekurangan mineral magnesium. Alhasil, muncullah keinginan untuk makan makanan asin demi terpenuhinya zat gizi yang kurang tersebut.

Namun ternyata, penyebab ngidam pada pria dan wanita tidak selalu sama, lho. Ellen Vora, MD, seorang psikiater dengan pendekatan holistik, di New York City, mengungkapkan hal ini. Menurutnya, kebanyakan wanita mengalami ngidam makanan ketika mendekati tanggal menstruasinya.

Singkatnya, perubahan hormon di dalam tubuh menjelang masa menstruasilah yang memegang peran penting sebagai penyebab ngidam. Terlebih karena hormon wanita bisa terus berubah setiap harinya, yang otomatis akan memengaruhi keinginannya dengan suatu makanan tertentu.

Tak jarang, kekurangan hormon tertentu seperti estrogen dan progesteron, juga bisa membuat mood wanita berantakan. Kondisi inilah yang kemudian memicu munculnya keinginan untuk makan makanan yang bisa mengembalikan suasana hati seperti semula.

Misalnya es krim, cokelat, atau pizza. Pemicu inilah yang nantinya membedakan penyebab ngidam pada pria dan wanita.

Kenapa pria juga bisa ngidam?

makanan yang manis

Penyebabnya adalah hormon. Namun jika hoemon estrogenlah yang membuat wanita ngidam, pada pria justru diakibatkan oleh ketidakseimbangan hormon testosteron dan estrogen.

Hal ini sebagian besar merupakan akibat dari kekurangan zat gizi mikronutrien tertentu, seperti vitamin dan mineral. Akibatnya, timbullah hasrat yang kuat untuk makan jenis makanan tertentu, atau disebut dengan ngidam.

Selain itu, perbedaan penyebab ngidam pada pria dan wanita juga disebabkan karena tubuh pria biasanya membutuhkan asupan nutrisi tertentu. Tujuannya untuk menunjang pria dalam melakukan kegiatan harian, yang jelas berbeda dengan wanita.

Ambil contohnya, pria yang rutin berolahraga mungkin memiliki keinginan akan suatu makanan tertentu yang berbeda dengan pria yang hanya bermalas-malasan sepanjang hari.

Cara menahan hasrat ngemil ketika sedang ngidam makanan

permen karet tertelan

Ketika hasrat untuk makan suatu makanan sedang menggebu-gebu, berikut cara mudah dan tepat untuk mengontrolnya:

  • Banyak minum air putih. Kelaparan dan kehausan bisa menimbulkan sensasi serupa, yang membuat tubuh mengira Anda sedang ingin makan makanan tertentu. Itu sebabnya, coba cukupi kebutuhan cairan tubuh untuk membantu mengatasi ngidam makanan.
  • Optimalkan waktu istirahat. Kurangnya waktu istirahat bisa memengaruhi keseimbangan hormon di dalam tubuh, yang kemudian menjadi penyebab ngidam makanan tertentu.
  • Makan permen karet. Meski klise, tapi mengunyah permen karet bisa membantu mulut agar tetap sibuk. Hal ini yang pada akhirnya dapat mengontrol hasrat makan makanan manis dan asin.

Di samping itu, pastikan Anda senantiasa menjaga tubuh agar tidak terlalu lapar. Pasalnya, ketika tubuh sangat lapar, biasanya ngidam bisa semakin menjadi-jadi sehingga membuat keinginan Anda terhadap makanan tertentu pun semakin kuat.

Daripada harus menunggu sampai perut benar-benar lapar, ada baiknya terapkan pola makanan teratur dengan makan camilan sehat setiap hari. Setidaknya, hal ini bisa membantu Anda untuk meminimalisir hasrat makan makanan tertentu.

The post Pria Ternyata Bisa Juga Bisa Ngidam Seperti Wanita (Psstt… Penyebabnya Berbeda!) appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://bit.ly/2GHqIKz


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar