Hati-Hati, Suncreen Juga Bisa Sebabkan Alergi! Ini 4 Gejala yang Perlu Diwaspadai

Seiring dengan meningkatnya risiko kanker kulit akibat paparan sinar UV, sunscreen (tabir surya) menjadi salah satu rangkaian perawatan kulit yang wajib digunakan setiap hari. Sayangnya, tak semua orang bisa pakai sunscreen dengan aman. Ya, bagi sejumlah orang, bahan kimia yang terkandung dalam sunscreen justru dapat memicu reaksi alergi. Gejala alergi yang ditimbulkan dari tabir surya bisa berkisar dari ringan hingga parah.

Penyebab alergi sunscreen

Sama seperti alergi lainnya, alergi sunscreen bisa terjadi ketika Anda memiliki sensitivitas terhadap salah satu dari banyak bahan yang terkandung dalam tabir surya. Ya, beberapa orang mungkin memiliki reaksi terhadap pewangi, pengawet, penyerap UV, atau komponen lain yang terkandung dalam susncreen.

Menurut American College of Allergy, Asthma, dan Immunology, beberapa bahan kimia yang sering menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang di antaranya:

  • Oxybenzone
  • 4-isopropyl-dibenzoylmethane
  • PABA (para-aminobenzoic acid)
  • Ester
  • Avobenzone
  • Cinnamates

Gejala alergi sunscreen

cara mengecilkan pori pori wajah

Gejala alergi sunscreen dapat berbeda pada setiap orang. Beberapa orang bisa memunculkan gejala alergi segera setelah menggunakan tabir surya. Sementara yang lain dapat mengalami reaksi beberapa hari atau bahkan bertahun-tahun setelah menggunakan produk sunscreen yang sama.

Secara umum, berikut gejala alergi tabir surya yang perlu Anda waspadai.

  • Ruam kemerahan di kulit
  • Kulit terasa gatal dan nyeri
  • Terjadi pembengkakan
  • Muncul lepuhan yang terisi cairan

Kadang-kadang, seseorang mungkin tidak akan mengalami reaksi alergi sampai tabir surya yang sudah dioleskan di kulitnya terkena sinar matahari. Jenis reaksi ini dalam istilah medis disebut dermatitis kontak fotoalergi.

Faktor risiko alergi sunscreen

alergi benzoil peroksida kulit kering gatal

Pada dasarnya, siapa saja bisa mengalami alergi sunscreen. Namun, ada sejumlah orang yang paling berisiko terkena alergi sunscreen, di antaranya:

  • Wanita, karena berbagai produk skin care atau kosmetik lebih banyak digunakan oleh wanita ketimbang pria.
  • Memiliki riwayat keluarga yang juga mengalami alergi sunscreen
  • Memiliki jenis kulit sensitif.
  • Memiliki riwayat penyakit dermatitis atopik.
  • Menerapkan sunscreen di kulit yang rusak atau terdapat luka terbuka.
  • Orang-orang yang bekerja di luar ruangan, seperti pekerja konstruksi dan petugas kebersihan jalan.

Cara mengatasi alergi sunscreen

salep obat bisul

Cara meredakan gejala alergi tabir surya sebenarnya sama dengan alergi kulit lainnya. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah segera hentikan pemakaian jika Anda memunculkan gejala alergi seperti yang sudah disebutkan di atas.

Dalam kasus yang ringan, ruam kemerahan di kulit bisa mereda dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus. Sementara dalam kasus sedang hingga berat, Anda mungkin memerlukan obat steroid oles atau oral untuk mengurangi peradangan dan reaksi lainnya. Obat antihistamin oral juga dapat digunakan untuk membantu mengurangi rasa gatal dan gejala alergi.

Akan tetapi, sebelum menggunakan berbagai obat-obatan tersebut, pastikan Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Jika Anda membeli obat obat bebas tanpa resep dokter, baca petunjuk pemakaian obat dengan teliti supaya risiko efek samping bisa dihindari.

Selain minum obat, Anda juga sebaiknya menghindari paparan sinar matahari untuk sementara waktu atau sampai kulit Anda benar-benar sembuh. Tergantung pada tingkat keparahannya, Anda mungkin membutuhkan beberapa hari untuk bisa pulih sepenuhnya.

Jangan ragu konsultasi ke dokter kulit

menghilangkan bekas jerawat

Alergi sunscreen jarang terjadi, namun jika Anda khawatir akan mengalaminya, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter kulit. Dokter mungkin akan melakukan serangkaian tes untuk memastikan ada tidaknya reaksi alergi yang Anda munculkan terhadap bahan tertentu dalam produk sunscreen.

Jika setelah pemeriksaan ditemukan Anda positif mengalami alergi sunscreen, dokter akan memberikan rekomendasi produk sunscreen lain dengan bahan-bahan yang lebih aman digunakan untuk Anda.

The post Hati-Hati, Suncreen Juga Bisa Sebabkan Alergi! Ini 4 Gejala yang Perlu Diwaspadai appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://bit.ly/2Go0JX4


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar