7 Langkah Sederhana Supaya ODHA Bisa Tetap Bugar

Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) harus ekstra hati-hati dalam menjaga kesehatannya. Pasalnya, kerusakan sistem imun akibat penyakit ini membuat Anda lebih rentan jatuh sakit karena infeksi atau komplikasinya. Alhasil, kondisi tubuh bisa semakin memburuk. Kabar baiknya, ada banyak hal yang bisa dilakukan para ODHA supaya tetap segar dan fit. Simak berbagai tips sehat untuk ODHA berikut ini.

Tips sehat untuk ODHA

Berikut tips sehat untuk ODHA yang bisa Anda terapkan dalam rutinitas sehari-hari.

1. Rajin minum obat

efek samping minum obat justru membuat sakit

Tips sehat untuk ODHA yang paling pertama adalah rajin minum obat. Penyakit HIV tidak bisa disembuhkan. Namun, pengobatan yang ada dilakukan untuk mencegah penyebaran virus ke orang lain sekaligus mengendalikan kondisi pasien.

Terapi antriretrovirus (ART) merupakan pengobatan standar untuk HIV yang terdiri dari kombinasi obat antiretrovirus (ARV). Terapi ini dilakukan untuk memaksimalkan penekanan virus HIV dan menghentikan perkembangan penyakit HIV. Dokter menganjurkan ART untuk semua penderita HIV sesegera mungkin setelah diagnosis.

Sangat penting bagi para ODHA untuk rutin minum obat sesuai dengan yang resepkan oleh dokter karena HIV cepat sekali berkembang biak di dalam tubuh. Bahkan, melewatkan satu dosis pengobatan justru dapat menyebabkan virus kebal alias resisten terhadap obat-obatan.

Ketika virus sudah kebal, risiko penularan HIV ke orang lain semakin besar. Tak hanya itu, kondisi Anda pun juga bisa semakin memburuk karena sistem imun yang semakin lemah diserang oleh berbagai virus.

Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu minum obat tepat waktu setiap hari. Simpan obat-obatan tersebut dalam satu wadah khusus yang mudah dibawa ke mana-mana, sehingga ketika Anda berpergian Anda tak perlu melewatkan satu dosis.

2. Jaga pola makan sehat

makanan terbaik untuk kesehatan jiwa

Asupan makanan yang sehat dan bergizi seimbang merupakan tips sehat untuk ODHA berikutnya. Asupan makanan yang baik dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ODHA, meringankan gejala, serta mencegah terjadinya komplikasi HIV.

Pastikan makanan yang Anda konsumsi mengandung gizi seimbang yang meliputi protein, karbohidrat, serat, lemak baik, serta vitamin dan mineral. Jangan lupa, hitung juga asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Biasanya ODHA mengalami penurunan berat badan secara drastis. Semakin mengalami banyak penurunan berat badan, maka semakin banyak pula kalori yang dibutuhkan.

3. Rutin olahraga

semangat olahraga

Sistem imun yang terus melemah membuat orang dengan HIV rentan terhadap berbagai infeksi virus. Namun, penelitian menemukan bahwa olahraga dengan intensitas rendah sampai sedang justru dapat membantu para ODHA terhindar dari berbagai risiko infeksi virus lainnya.

Pilihlah jenis olahraga yang Anda sukai, entah itu yoga, berlari, bersepeda, berenang, atau bahkan sekadar jalan kaki. Melakukan sesuatu hal yang memang Anda sukai dapat mendorong Anda untuk tetap melakukannya, termasuk dalam urusan olahraga.

4. Pakai kondom ketika berhubungan seks

pakai kondom sesudah ereksi

Tips sehat untuk ODHA yang satu ini tak kalah pentingnya. Melakukan seks aman dengan menggunakan kondom tidak hanya mencegah penularan virus HIV, tapi juga untuk melindungi Anda dan pasangan dari infeksi penyakit menular seksual lainnya.

Jadi, pastikan Anda selalu menggunakan kondom setiap kali ingin berhubungan seksual dengan pasangan.

5. Berhenti merokok

Pada dasarnya berhenti merokok tidak hanya baik untuk para pengidap HIV saja, tapi juga semua orang. Berhenti meroko dapat membantu Anda hidup lebih sehat dan merasa lebih baik, entah itu secara fisik maupun emosional.

Bonusnya, berhenti merokok juga akan membantu mencegah sejumlah masalah kesehatan dan mengurangi penyakit kronis di kemudian hari, seperti serangan jantung dan stroke.

6. Mengelola stres dengan baik

manfaat meditasi untuk kesehatan yoga

Orang dengan HIV rentan mengalami depresi entah karena efek samping dari obat-obatan maupun stigma negatif yang mereka terima dari masyarakat. Maka dari itu, menghindari stres merupakan kunci utama untuk menjaga supaya pikiran dan fisik Anda tetap “waras”.

Ada banyak cara untuk mengatasi stres, mulai dari meditasi, belajar teknik pernapasan dalam, serta melakukan berbagai hal yang Anda sukai. Sementara ketika berada dalam fase terendah hidup Anda, berusahalah untuk tetap berpikir positif dan percaya bahwa semuanya pasti bisa Anda lewati.

Jangan sungkan untuk curhat dengan keluarga, kerabat, pasangan, atau sahabat terdekat Anda. Jika merasa tidak tahan dengan tekanan yang sedang dihadapi, Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter atau psikolog terdekat.

7. Cuci tangan dan vaksinasi

cara cuci tangan

HIV membuat sistem kekebalan tubuh Anda menurun. Akibatnya, tubuh Anda jadi lebih rentan terhadap paparan virus, bakteri, dan kuman. Guna menghindari paparan kuman ini, pastikan Anda cuci tangan sesering mungkin. Terutama sebelum makan dan setelah buang air besar maupun air kecil.

Sementara waktu, hindari orang di sekitar Anda yang sedang sakit, misalnya terkena flu. Jika keadaan mendesak, gunakan masker sebagai perlindungan pertama ketika Anda ingin berkomunikasi dengan orang yang sakit.

Selain itu, lakukanlah vaksinasi untuk mencegah berbagai penyakit. Namun, pastikan Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu jika ingin melakukan vaksinasi.

The post 7 Langkah Sederhana Supaya ODHA Bisa Tetap Bugar appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://bit.ly/2IPIjC8


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar