Pil KB Ternyata Bisa Membuat Kulit Cantik Bebas Jerawat

Selain mencegah terjadinya kehamilan, ada banyak manfaat pil KB bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dapat membuat kulit cantik, sebab pil KB secara efektif membersihkan kulit wajah dari jerawat sehingga kulit menjadi lebih halus. Bagaimana bisa? Berikut penjelasannya.

Pil KB seperti apa yang membuat kulit cantik dan bebas jerawat?

Pil KB memang dipergunakan untuk mencegah kehamilan, namun secara tidak langsung penggunaan pil KB juga membuat kulit menjadi lebih halus dari sebelumnya. Pil kontrasepsi mengandung kombinasi hormon estrogen dan progesteron yang bekerja untuk menghambat hormon alami tubuh, supaya mencegah kehamilan.

Dilansir dari Huffington Post, hormon androgen (hormon seks seperti testosteron pada wanita) memicu kelenjar minyak untuk menghasilkan sebum (minyak) lebih banyak daripada yang dibutuhkan. Sebum ini akan menghalangi pori-pori sehingga kotoran lebih mudah terjebak dan akhirnya menjadi jerawat.

Pada wanita yang mengonsumsi pil KB, kandungan hormon yang terdapat di dalamnya membantu menurunkan kadar androgen, sehingga produksi minyak menjadi lebih terkendali. Ini mencegah pertumbuhan jerawat sehingga membuat kulit Anda lebih bersih dari sebelumnya.

Namun, tidak semua pil KB memiliki efek yang sama pada kulit. Pil KB yang mengandung progesteron saja dan berbasis androgenik malah dapat memicu pertumbuhan jerawat. Oleh karena itu, pil kontrasepsi yang Anda pilih untuk mencegah kehamilan sekaligus menghambat pertumbuhan jerawat adalah pil kombinasi yang mengandung progestin (progesteron buatan) antiandrogenik. Pil tersebut mengandung androgenik rendah sehingga efektif untuk mengatasi jerawat.

Dilansir dari WebMD, Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat atau FDA telah menyetujui beberapa kandungan jenis pil KB untuk membantu mengatasi jerawat, seperti:

  • Kombinasi estrogen dan progestin yang disebut dengan norgestimete.
  • Kombinasi estrogen dan progestin yang disebut dengan norethisterone.
  • Kombinasi estrogen dan progestin yang disebut dengan drospirenon.

Beberapa uji klinis telah menunjukkan bahwa wanita yang minum pil KB kombinasi dapat mengurangi jerawat meradang dan menekan pertumbuhan jerawat sehingga kulit menjadi lebih bersih.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan pil KB untuk mengatasi jerawat?

Manfaat dari pil KB untuk memberikan kulit cantik bebas dari jerawat tidak bisa langsung Anda rasakan dalam waktu cepat. Biasanya dibutuhkan waktu setidaknya tiga sampai empat bulan sampai hasilnya terlihat. Bahkan, pada beberapa orang butuh satu tahun untuk mendapatkan manfaat penuh mengatasi jerawat dari penggunaan pil kontrasepsi tersebut.

Penggunaan pil KB juga harus konsisten, bila Anda sudah cocok dengan penggunaan satu jenis atau merek pil kontrasepsi, sebaiknya tidak perlu mencoba jenis atau merek lainnya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ubahlah menu makanan dengan makanan yang memiliki indeks glikemik rendah, mengurangi karbohidrat, gluten, dan produk susu, untuk menurunkan kadar insulin dan hormon androgen. Menjaga kebersihan kulit dengan cara yang tepat juga membantu memaksimalkan kulit Anda agar tetap sehat, cerah, dan terbebas dari jerawat.

Apakah berhenti minum pil KB akan berefek pada kulit?

Berhenti menggunakan pil KB memungkinkan jerawat akan tumbuh kembali karena kondisi kulit yang dipengaruhi oleh hormon akan kembali seperti semula. Untuk itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter bila Anda ingin menghentikan penggunaan pil KB.

Jika Anda punya pertanyaan atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi dokter atau bidan.

The post Pil KB Ternyata Bisa Membuat Kulit Cantik Bebas Jerawat appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2Uml1sN


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar