Penyebab Orang dengan HIV/AIDS Susah Gemuk Plus Solusi Ampuh untuk Mengatasinya

Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) biasanya cenderung kurus dan susah gemuk. Memang tidak semuanya, tetapi sebagian besarnya biasanya memiliki tubuh yang kurus. Meski begitu, bukan berarti ODHA tak bisa gemuk. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membuat berat badan naik ke angka ideal.

Mengapa ODHA susah gemuk?

penyebab kurus tak bisa gemuk

Ada banyak faktor yang membuat ODHA susah gemuk, salah satunya karena keberadaan virus HIV itu sendiri. Selain itu, faktor lainnya yang juga sangat berpengaruh adalah kurangnya nafsu makan. Padahal, ketika seseorang terinfeksi virus HIV, sistem pertahanan tubuhnya akan bekerja lebih keras untuk melawan infeksi.

Agar tubuh dapat bekerja melawan infeksi, ODHA membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mempertahankan energinya.  Untuk itu, ODHA seharusnya makan lebih banyak dibandingkan dengan orang sehat lainnya. Sayangnya, hal ini tidak berjalan lurus dengan selera makannya. Adapun beberapa hal yang membuat ODHA tidak nafsu makan, yaitu:

  • Efek samping obat
  • Mudah mual dan muntah
  • Depresi
  • Kelelahan yang parah

Selain tidak nafsu makan, masalah lain yang membuat ODHA susah gemuk, yaitu diare. Diare membuat makanan melewati usus dengan sangat cepat tanpa sempat diserap. Di samping itu, faktor lain yang juga membuat ODHA susah gemuk adalah menurunnya kemampuan tubuh untuk menyerap makanan.

Setelah dimakan, makanan akan dipecah di dalam sistem pencernaan untuk diambil sari dan nutrisinya. Berbagai nutrisi ini nantinya akan masuk ke aliran darah dan diangkut ke organ serta jaringan di dalam tubuh. Sayangnya, infeksi yang dialami oleh ODHA kerap membuat dinding usus rusak. Akibatnya, berbagai nutrisi yang dibutuhkan pun tidak bisa diserap dengan sempurna.

Ketika tidak mendapat cukup asupan makanan, tubuh menggunakan cadangan energi dari lemak dan protein dari otot. Jika hal ini terjadi terus-menerus, ODHA akhirnya kehilangan berat badan dan massa ototnya. Berbagai kondisi inilah yang akhirnya membuat ODHA akhirnya sangat kurus, bahkan tak jarang kurang gizi.

ODHA juga tetap bisa gemuk, begini caranya

makanan untuk mencegah kram otot

Untuk menambah angka timbangan ODHA ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

Makan lebih banyak kalori

Makan menjadi salah satu cara utama untuk menambah berat badan bagi ODHA yang terlalu kurus dan susah gemuk. Cobalah untuk makan lebih banyak karbohidrat dari nasi, jagung, gandum, roti, kentang, atau ubi. Selain itu, jangan lupa lengkapi menu makan Anda dengan lemak sehat, seperti daging, ikan, ayam, atau alpukat.

Selain lemak, Anda juga perlu makan makanan yang tinggi akan protein, seperti telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Jangan lupa masukkan serat ke dalam menu makan Anda, seperti sayur dan buah-buahan. Untuk menambah nafsu makan Anda, coba variasikan resep masakan dari tiap penyajiannya.

Sering makan camilan

Banyak orang yang tak nafsu makan tetapi justru sangat bersemangat ngemil. Jika Anda salah satunya, coba makan camilan sehat, baik yang dibeli di pasaran atau dibuat sendiri di rumah. Camilan sehat bisa membantu tubuh untuk mendapatkan nutrisi yang diperlukan dengan cara yang lebih menyenangkan. Berbagai camilan sehat yang bisa Anda makan, yaitu kacang-kacangan, buah, dan yogurt.

Makan lebih sering

Sering merasa mual saat makan dengan porsi besar? Kalau begitu akali masalah ini dengan cara makan dalam porsi yang lebih kecil, tetapi sering. Selain lebih mudah dicerna dan diserap tubuh, cara ini juga membantu Anda untuk tetap bisa mendapatkan kalori yang dibutuhkan setiap harinya. Dengan begitu, makan lebih sering dengan porsi yang kecil bisa menjadi solusi untuk ODHA yang susah gemuk.

Olahraga

Dilansir dari WebMD, olahraga bisa meningkatkan nafsu makan menjadi lebih baik dari biasanya. Selain itu, olahraga juga bisa membantu mengalihkan Anda dari stres akibat penyakit yang mungkin terus menghantui pikiran.

Bukan hanya itu, olahraga juga menjadi satu-satunya cara untuk memperkuat dan membangun otot. Nantinya, otot sebagai tempat menyimpan cadangan energi akan dimanfaatkan oleh sistem kekebalan tubuh saat dibutuhkan.

Oleh sebab itu, ODHA sangat dianjurkan berolahraga demi menjaga kesehatannya. Untuk menaikkan massa otot, olahraga angkat beban bisa menjadi pilihan yang tepat.

Mengobati infeksi

Semakin lama, virus HIV akan semakin menggerus tubuh lewat berbagai infeksi yang diakibatkan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, infeksi membuat tubuh bekerja lebih dari biasanya untuk melawannya. Jika tidak dibarengi dengan asupan makanan, infeksi bisa membuat angka timbangan menurun drastis dan membuat Anda susah gemuk. Untuk itu, mengobati infeksi di awal kemunculannya menjadi salah satu cara penting yang perlu dilakukan.

The post Penyebab Orang dengan HIV/AIDS Susah Gemuk Plus Solusi Ampuh untuk Mengatasinya appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2U4oBsz


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar