5 Cara Mengatasi Stres Bagi Penderita Penyakit Crohn

Stres tidak hanya berpengaruh terhadap kondisi fisik penderita penyakit Crohn, tapi juga kondisi psikisnya. Meskipun bukan merupakan penyebab langsung dari penyakit ini, tapi stres yang tidak terkelola dengan baik dapat memperburuk gejala dan keluhan yang Anda alami. Lalu, adakah cara mengatasi stres yang efektif untuk mengurangi dampaknya?

Cara mengatasi stres bagi penderita penyakit Crohn

Stres memang tidak dapat dihindari, tapi Anda tetap dapat mengelolanya agar tidak memperparah kondisi kesehatan Anda. Berikut tipsnya:

1. Menerapkan teknik pernapasan

Saat stres mulai muncul, Anda dapat menghalaunya dengan melakukan teknik pernapasan melalui langkah berikut:

  • Duduklah atau berbaring pada tempat yang nyaman, lalu tutup mata Anda.
  • Tempatkan salah satu tangan Anda di dada serta tangan satunya di perut.
  • Tarik napas dalam-dalam selama 4 detik melalui hidung dan biarkan perut Anda bergerak. Tahan selama dua detik.
  • Embuskan napas melalui mulut selama enam detik. Pertahankan tubuh Anda agar tetap rileks.
  • Ulang selama 5-15 sesuai kebutuhan Anda.

2. Berolahraga

Berolahraga tidak hanya akan membantu penderita penyakit Crohn mengatasi stres, tapi juga memelihara kesehatan dan membuat Anda merasa lebih baik. Pasalnya, kegiatan ini akan memicu pelepasan hormon endorfin yang menimbulkan rasa bahagia serta meningkatkan kualitas tidur Anda. Sebagai langkah awal, cobalah olahraga aerobik ringan seperti berjalan kaki, berenang, dan bersepeda selama 5 menit setiap hari.

3. Menjalani terapi biofeedback

Biofeedback adalah jenis terapi menggunakan sensor yang dipasangkan ke tubuh untuk memantau fungsi tubuh Anda. Terapi ini bekerja dengan cara menyesuaikan respons tubuh terhadap stres dan membantu tubuh mengendalikan proses yang berkaitan dengan kondisi tersebut agar tidak berdampak buruk pada kesehatan.

Terapi biofeedback dapat dilakukan menggunakan tiga metode, yakni:

  • elektromiografi (EMG) untuk memantau perubahan tegangan otot
  • thermal/temperature biofeedback untuk memantau perubahan suhu tubuh
  • elektroensefalografi untuk memantau gelombang otak

4. Melakukan teknik rileksasi otot

Stres dapat membuat otot-otot tubuh penderita penyakit Crohn menegang dan memperburuk gejala. Namun, cara mengatasi stres dengan rileksasi otot berikut dapat membantu Anda:

  • Duduklah atau berbaring dalam posisi yang nyaman. Awali dengan mengepalkan tangan Anda dan tahan selama 7-10 detik. Lepaskan, lalu ulangi sekali lagi.
  • Tekuk siku Anda dan biarkan menegang selama 7-10 detik. Rilekskan kembali selama 20 detik, lalu ulangi sekali lagi.
  • Angkat bahu Anda hingga sedekat telinga dan tahan selama 7-10 detik. Rilekskan kembali, dan ulangi langkah ini.
  • Tumpu kepala Anda dengan bantal, lalu pijat otot-otot leher Anda selama 7-10 detik. Ulangi kembali.
  • Bungkukkan punggung Anda secara perlahan, dan tarik napas Anda saat melakukannya. Tahan selama 7-10 detik, lalu rilekskan kembali selama 20 detik. Ulangi kembali.
  • Regangkan otot punggung bagian bawah dan perut Anda dengan menekan bokong selama duduk ke kursi atau alas lainnya. Tahan selama 7-10 detik, lalu rilekskan selama 20 detik.
  • Angkat kaki kanan Anda dan luruskan ibu jari kaki Anda ke depan hingga terasa menegang. Tahan selama 7-10 detik, lalu lepaskan selama 20 detik. Kemudian ulangi.
  • Terakhir, lakukan gerakan serupa pada kaki kiri dalam waktu yang sama.

5. Teknik pengelolaan stres lainnya

Cara mengatasi stres bagi penderita penyakit Crohn tidak terbatas pada metode di atas saja. Anda juga dapat menerapkan teknik pengelolaan stres lainnya seperti melakukan yoga, dan meditasi, baik sendiri maupun bersama teman-teman terdekat. Bila diperlukan, Anda juga dapat menjalani terapi kognitif perilaku atau bergabung ke dalam konseling kelompok (support group) bersama psikolog.

Bagi penderita penyakit Crohn, stres bisa menjadi pemicu timbulnya gejala-gejala yang mengganggu. Nah, kini Anda dapat menerapkan beragam cara mengatasi stres yang sesuai dengan kondisi Anda agar dampaknya tidak lagi memengaruhi kesehatan. Selamat mencoba!

The post 5 Cara Mengatasi Stres Bagi Penderita Penyakit Crohn appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2CEFsqW


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar