Jenis-Jenis Pil KB yang Tersedia (Beserta Kelebihan dan Kekurangannya)

Banyak wanita yang lebih memilih pil KB sebagai alat kontrasepsi mereka. Pil KB memang mampu mencegah kehamilan hingga 99,9 persen. Namun, Anda mungkin akan bingung ketika akan memilih pil KB. Pasalnya, ada banyak jenis pil KB yang tersedia. Lantas, apa saja perbedaan dari masing-masing jenis pil KB? Manakah yang sesuai untuk Anda?

Apa saja jenis pil KB yang bisa saya pilih?

Ternyata, ada beberapa jenis pil KB yang tersedia, dan Anda tidak bisa sembarangan memilih pil KB. Meskipun semua pil KB punya fungsi yang sama, yaitu untuk mencegah kehamilan, namun masing-masing punya cara kerja yang berbeda. Lalu apa saja jenis pil KB yang ada?

1. Pil kombinasi

Seperti namanya, pil KB jenis ini merupakan gabungan dari berbagai macam hormon buatan, yaitu estrogen dan progesteron. Pil kombinasi membuat ovarium mengeluarkan sel telurnya, namun merangsang leher rahim (serviks) untuk menebal dan mengelilingi rahim. Kondisi ini mencegah sperma bertemu dengan sel telur.

Biasanya, dalam pil kombinasi, ada dua jenis pil, yaitu pil aktif yang berisi hormon buatan tersebut dan pil tidak aktif yang tak mengandung hormon. Maka itu, berdasarkan dengan dosis dana frekuensi dari haid, ada dua jenis pil kombinasi, yaitu:

  • Pil kombinasi konvensional. Pil kombinasi ini terdiri dari 21 pil aktif dan 7 pil tidak aktif, atau 21 pil aktif dan 7 hari bebas pil, atau 24 pil aktif dan 4 pil tidak aktif. Biasanya, haid datang setiap bulan ketika Anda minum pil kombinasi aktif.
  • Pil kombinasi dosis lanjutan. Jenis pil kombinasi ini bisa Anda gunakan jika Anda akan mengonsumsi pil KB dalam beberapa bulan ke depan, Maka itu, dalam satu paket terdapat 84 pil aktif dan 7 pil tidak aktif. Anda akan mengalami haid sebanyak 4 kali dalam satu tahun, selama mengonsumsi pil aktif tersebut.

Selain mencegah kehamilan, penggunaan pil ini juga baik untuk meringankan gejala kram perut dan sakit kepala yang kerap kali menyerang ketika datang bulan. Dalam beberapa kasus, pil kombinasi digunakan untuk meringankan gejala sindrom ovarium polikistik (PCOS). Pil kombinasi yang mengandung kurang dari 50 mikrogram estrogen buatan, dikenal sebagai pil dengan dosis rendah. Wanita yang sensitif dengan hormon buatan, bisa menggunakan pil kombinasi ini.

pil kb untuk pengidap diabetes

2. Pil progesteron (pil mini)

Jika dalam pil KB tadi ada estrogen dan progesteron, maka dalam pil mini hanya ada kandungan hormon progesteron. Selain itu, dosis progesteron pada pil KB jenis ini juga cenderung lebih sedikit ketimbang pil kombinasi.

Pil mini bekerja dengan cara menebalkan lendir di sekitar leher rahim, sehingga sperma tak bisa masuk ke dalam. Selain itu, pil ini juga menipiskan bagian rahim, agar sel telur tidak bisa menempel pada dinding rahim. Pil mini juga menekan atau mengurangi ovulasi atau produksi sel telur, namun tidak secara konsisten.

Pil yang hanya mengandung progesteron ini dianggap lebih ringan dan baik untuk Anda yang sedang menyusui. Tak hanya itu, kondisi reproduksi Anda akan cepat kembali normal sesaat setelah menghentikan penggunaan obat, tak perlu menunggu lama.

Jenis pil KB mana yang saya harus pilih?

Tidak semua jenis pil KB sesuai bagi tiap wanita. Maka itu, sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter untuk menentukan pil KB seperti apa yang Anda gunakan. Tentunya hal ini disesuaikan dengan kondisi Anda. Pertimbangan lain yang harus diperhatikan ketika memilih pil KB adalah:

  • Gejala yang sering muncul ketika haid
  • Sedang menyusui atau tidak
  • Kesehatan jantung, apakah punya riwayat darah tinggi
  • Riwayat penyakit lainnya seperti stroke dan migrain
  • Berbagai obat minum yang sedang dikonsumsi

Setiap obat yang Anda konsumsi pasti punya efek samping, termasuk pil KB ini. Jadi, sebaiknya tanyakan pada dokter dan ketahui dulu efek samping yang akan timbul ketika Anda menggunakan obat ini.

Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi praktisi kesehatan.

The post Jenis-Jenis Pil KB yang Tersedia (Beserta Kelebihan dan Kekurangannya) appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2IIIQqj


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar