ekg

Jantung adalah salah satu organ vital di dalam tubuh yang berperan penting untuk mengatur peredaran darah. Setiap kali jantung berdetak, melibatkan kerja sinyal listrik yang memang bertugas untuk mengatur irama detak jantung. Itu sebabnya, hadirnya masalah pada jantung otomatis akan memengaruhi aktivitas sinyal listrik tersebut. Jika ini terjadi, biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan elektrokardiografi (EKG) guna memeriksa kondisi jantung.

Supaya lebih paham seputar elektrokardigrafi, mari simak penjelasan lebih lengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Apa itu elektrokardiografi?

Elektrokardiografi atau EKG adalah sebuah tes yang menggunakan suatu alat khusus dengan tujuan untuk mengukur aktivitas sinyal listrik pada jantung. Pasalnya, jika jantung mengalami masalah tentu akan memengaruhi kerja sinyal listrik yang seharusnya bertugas untuk memicu detak jantung.

Sama halnya seperti jenis pemeriksaan jantung yang lainnya, EKG juga dapat dipakai untuk mendeteksi masalah sekaligus memantau kondisi jantung secara keseluruhan. Dalam kasus-kasus tertentu, dokter mungkin akan merekomendasikan pemeriksaan elektrokardiografi ketika Anda mengalami berbagai gejala masalah pada jantung.

Misalnya sakit dada, kesulitan bernapas, sering merasa lemas dan lelah, detak jantung tidak teratur, dan lain sebagainya. Pemeriksaan EKG akan membantu dokter dalam menentukan sebenarnya apa penyebab gejala yang Anda alami, serta jenis perawatan seperti apa yang nantinya sesuai untuk dilakukan.

Anda bisa melakukan pemeriksaan ini di klinik, rumah sakit, maupun pelayanan kesehatan lainnya yang memang menyediakan perlengkapan lengkap untuk melakukan elektrokardiografi.

Bahkan, EKG juga dapat digunakan untuk mendeteksi gejawal awal penyakit jantung, khususnya ketika Anda sudah memasuki usia lanjut atau memiliki riwayat keluarga yang pernah mengalami penyakit jantung.

Apa tujuan pemeriksaan EKG?

Pemeriksaan elektrokardiogram yang dilakukan bertujuan untuk mendeteksi:

  • Ketidakteraturan detak jantung (aritmia)
  • Adanya penyumbatan arteri pada jantung

Penyimpangan irama jantung Anda (aritmia)
Jika arteri yang tersumbat atau menyempit di jantung Anda (penyakit arteri koroner) menyebabkan nyeri dada atau serangan jantung
Masalah struktural dengan ruang jantung Anda
Serangan jantung sebelumnya
Seberapa baik perawatan penyakit jantung yang sedang berlangsung, seperti alat pacu jantung, bekerja

 

American Heart Association tidak merekomendasikan penggunaan elektrokardiogram untuk menilai orang dewasa dengan risiko rendah yang tidak memiliki gejala. Tetapi jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung, dokter Anda mungkin menyarankan elektrokardiogram sebagai tes skrining awal, bahkan jika Anda tidak memiliki gejala.

Apa saja jenis tes EKG?

 

 

Bagaimana proses pemeriksaan EKG berlangsung?

 

 

 

The post ekg appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2EBBKj8


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar