Atasi Penis Gatal yang Mengganggu Dengan Pilihan Bahan Alami dan Obat Ini

Rasa gatal di penis dan area sekitarnya bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya alergi, gesekan dengan pakaian, kudis, hingga infeksi menular seksual. Respons pertama Anda saat merasakan gatal di area tersebut mungkin adalah menggaruk. Akan tetapi, cara ini kurang tepat karena kulit penis justru bisa terluka bila Anda menggaruknya terlalu sering atau terlalu kasar.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi jika penis gatal? Tentunya perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut adalah berbagai cara mengatasi gatal di penis yang dianjurkan.

Mengatasi penis gatal dengan cara alami

Sebelum menggunakan obat-obatan, Anda bisa mencoba meringankan rasa gatal pada penis secara alami menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Berikut di antaranya:

1. Menggunakan kompres dingin

Kompres dingin bisa digunakan untuk mengatasi rasa gatal akibat dermatitis kontak, kudis, rambut kemaluan yang tumbuh ke dalam, dan peradangan pada area kemaluan. Caranya, basahi lap dengan air dingin, lalu usapkan pada penis selama 5-10 menit. Tidak ada air dingin? Anda juga bisa membungkus es batu menggunakan lap, lalu lakukan langkah yang sama.

2. Menghindari penggunaan sabun

Penggunaan sabun dapat menyebabkan kulit penis menjadi kering dan menyebabkan rasa gatal. Untuk mengatasinya, hentikan sementara penggunaan sabun saat Anda membersihkan area kelamin. Sebagai gantinya, Anda cukup membersihkan penis menggunakan air hangat.

3. Membalurkan pelembap alami

Anda dapat menggunakan pelembap alami seperti gel lidah buaya untuk meredakan gatal akibat iritasi. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada area yang gatal hingga rasa gatal berkurang.

Mengatasi gatal di penis dengan obat 

Cara alami memang dapat meringankan rasa gatal, tapi rasa gatal bisa kembali jika penyebabnya belum diatasi. Cobalah berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter biasanya akan menyarankan pengobatan sebagai berikut:

1. Obat atau krim antijamur

Penis gatal bisa terjadi karena area di sekitar selangkangan lembap akibat keringat. Hal ini akan memicu jamur tumbuh di sekitar area tersebut. Nah, untuk mengatasinya, Anda perlu menggunakan obat antijamur. Selain itu, Anda juga harus menjaga area penis dan selangkangan tetap kering agar jamur tidak tumbuh kembali.

2. Antibiotik

Antibiotik dapat membantu mengatasi penis gatal yang disebabkan oleh bakteri. Perlu diingat, antibiotik yang diresepkan harus digunakan sesuai anjuran dokter supaya bisa bekerja secara efektif.

3. Menggunakan krim steroid topikal

Krim steroid topikal tidak hanya dapat meringankan gatal, tapi juga kemerahan dan peradangan pada area sekitarnya. Karena itulah, krim steroid seringkali digunakan untuk mengatasi gatal akibat penyakit kulit.

4. Menggunakan pelembap

Gesekan antara penis dengan pakaian bisa menyebabkan iritasi dan lambat laun menimbulkan rasa gatal. Guna mengatasi rasa gatal akibat iritasi, Anda dapat mengoleskan pelembap secara rutin. Cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan jenis pelembap yang sesuai dengan kondisi Anda.

Walaupun bisa ditangani secara alami, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter bila rasa gatal di penis tidak kunjung sembuh atau bahkan bertambah parah. Waspadai pula gejala lain seperti munculnya ruam, luka lepuh, nyeri, atau keluarnya cairan dari penis. Pasalnya, gejala-gejala tersebut mungkin menandakan kondisi yang lebih serius dan perlu ditangani lebih lanjut.

The post Atasi Penis Gatal yang Mengganggu Dengan Pilihan Bahan Alami dan Obat Ini appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2XjO1jA


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar