3 Teknik Pijat Wajah yang Mudah dan Ampuh Mengatasi Gejala Sinusitis

Alami hidung tersumbat terus-terusan akibat sinusitis tentu bikin Anda jadi tak nyaman. Tentu saja, Anda jadi tak bisa bernapas dengan lega karena aliran udaranya terhalang oleh jaringan sinus yang meradang. Selain dengan semprot hidung, Anda ternyata juga bisa melakukan pijat wajah untuk mengatasi sinusitis, lho! Namun ingat, jangan dilakukan sembarangan, ya! Simak cara aman memijat wajah untuk sinusitis berikut ini.

Manfaat pijat wajah untuk mengatasi sinusitis

sinusitis dan infeksi telinga tengah

Pijat sinus adalah salah satu dari sekian banyak pengobatan rumahan yang dapat membantu meringankan tekanan pada sinus. Para ahli mengungkapkan bahwa tekanan lembut saat memijat dapat meningkatkan sirkulasi darah di hidung. Alhasil, gejala sinusitis bisa berkurang secara bertahap.

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Paramedical Science and Rehabilitation tahun 2014, sebanyak 35 wanita melaporkan bahwa sakit kepala akibat sinus cenderung berkurang setelah mendapatkan terapi pijat wajah. Begitu juga pada penelitian terpisah yang dilakukan pada atlet pria yang mengalami sinusitis kronis, pijat wajah dapat mengurangi rasa kebas dan tekanan di wajah akibat sinusitis. Maka sudah tidak diragukan lagi bahwa terapi pijat wajah dinilai ampuh mengatasi sinusitis.

Namun sayangnya, para ahli masih membutuhkan penelitian dan analisa lebih lanjut untuk membuktikan efek pijat wajah terhadap sinusitis. Sampai saat ini belum diketahui apakah efek pijatannya bisa mengatasi sinus dalam jangka panjang atau tidak.

Beberapa terapis pijat berlisensi menyarankan Anda untuk melakukan pijat wajah secara rutin untuk mengatasi sinusitis yang suka kambuh. Yang terpenting, selalu bicarakan dengan terapis jika wajah Anda terasa sakit atau tidak nyaman saat dipijat.

Cara aman memijat wajah saat mengalami sinusitis

Supaya lebih aman, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum Anda mencoba pijat sinus. Dokter akan melihat dulu seberapa parah sinusitis yang Anda alami dan perlu atau tidaknya Anda melakukan terapi pijat wajah. Alih-alih menyembuhkan, terapi pijat wajah yang dilakukan sembarangan justru bisa memperparah sinusitis Anda.

Sebetulnya, Anda pun juga bisa melakukan pijat wajah sendiri supaya lebih nyaman. Anda bisa mengatur sendiri seberapa besar tekanan di wajah yang tidak menimbulkan rasa sakit. Akan tetapi, kalau Anda ragu, tidak masalah untuk meminta bantuan terapis bersertifikat untuk memijat area sinus Anda.

Tubuh manusia memiliki empat pasang sinus. Keempat area sinus ini terletak di tempat yang berbeda-beda, yaitu:

  • Sinus frontal: di tengah dahi (frontal), tepat di atas masing-masing alis.
  • Sinus ethmoid: di belakang hidung, tepat di antara kedua mata.
  • Sinus sphenoid: di belakang tulang ethmoid, letaknya di pangkal hidung dan di antara sudut mata bagian dalam.
  • Sinus maksila : sinus terbesar, terletak di belakang tulang pipi dekat rahang atas.

Untuk mengatasi sinusitis, Anda bisa memijat di salah satu atau semua area sinus yang terasa nyeri. Nah, ada 3 teknik pijat wajah yang dapat membantu mengatasi sinusitis, di antaranya:

1. Pijat sinus frontal

Memijat area frontal sinus, yang terletak di tengah dahi, dapat membantu meredakan sakit kepala akibat sinusitis. Sebelum mulai memijat, coba gosok kedua telapak tangan supaya lebih hangat.

Sensasi hangat di tangan akan membantu melunakkan jaringan sinus yang tegang ketika dipijat. Anda juga bisa menggunakan losion atau minyak supaya pijatannya terasa lebih nyaman.

Caranya:

  1. Gunakan jari telunjuk dan jari tengah di kedua tangan, lalu letakkan di tengah dahi, tepatnya di ujung masing-masing alis.
  2. Pijat area tersebut perlahan-lahan dengan gerakan memutar ke luar selama 30 detik.
  3. Lakukan gerakan memutar ke arah dalam selama 30 detik. Rasakan perubahannya pada sakit kepala yang mulai mereda.

2. Pijat sinus maksila

Pijat sinus di area maksila diyakini ampuh mengatasi gejala sinusitis, di antaranya hidung tersumbat dan rasa nyeri pada sinus. Sama seperti sebelumnya, gosokkan kedua telapak tangan Anda terlebih dahulu supaya lebih hangat saat memijat area sinus.

Caranya:

  1. Gunakan jari telunjuk dan jari tengah pada kedua tangan, lalu letakkan di antara tulang pipi dan rahang atas.
  2. Pijat perlahan dengan gerakan memutar selama sekitar 30 detik. Supaya tekanannya lebih kuat, Anda boleh menggunakan jempol saat memijat area sinus maksila.

3. Pijat sinus sphenoid

Bagi Anda yang mengalami hidung tersumbat terus-terusan karena sinus, cobalah pijat wajah di area sinus sphenoid. Memijat area sinus ini bisa membantu melancarkan aliran udara di hidung sehingga Anda bisa bernapas lebih lega.

Lagi dan lagi, gosokkan kedua telapak tangan Anda terlebih dahulu supaya terasa lebih nyaman. Boleh juga dengan menuangkan sedikit minyak atau losion sebelum menggosok kedua telapak tangan.

Caranya:

  1. Letakkan jari telunjuk Anda di pangkal hidung, tepatnya di tengah-tengah kedua sudut mata.
  2. Tekan titik ini dengan kuat selama sekitar 15 detik.
  3. Dengan gerakan memutar, pijat hidung Anda dari tengah-tengah kedua sudut mata ke arah bawah sepanjang hidung Anda.
  4. Ulangi gerakan ini selama 30 detik dan rasakan sendiri perubahannya.

Lakukan pijat sinus tersebut selama beberapa kali sampai gejala sinusitis Anda berkurang. Anda juga bisa mengombinasikannya dengan pengobatan rumahan lainnya, seperti kompres hangat atau menghirup uap, untuk mempercepat penyembuhannya.

The post 3 Teknik Pijat Wajah yang Mudah dan Ampuh Mengatasi Gejala Sinusitis appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2EwtXDs


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar